Sudahkah Anda Melakukan 3 Hal Ini Pada Kulit?

Oleh dr. Jessica Florencia pada 14 Mar 2019, 14:55 WIB
Kulit adalah organ tubuh yang luas. Oleh karenanya, menjaga kesehatan kulit amat diperlukan. Lakukan hal-hal berikut ini demi menciptakan kulit sehat.
Sudahkah Anda Melakukan 3 Hal Ini Pada Kulit? (Yuganov Konstantin/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Kulit merupakan organ penting yang terlibat dalam sistem pertahanan tubuh. Bila imunitas atau daya tahan kulit terjaga dengan baik, maka pertahanan tubuh juga dapat bekerja dengan optimal. Agar keduanya dapat berfungsi dengan seharusnya, lakukan berbagai upaya untuk meningkatkan kesehatan kulit.

Tips menjaga daya tahan kulit

Seperti yang sudah disinggung di atas, kulit merupakan organ yang berperan penting dalam pertahanan tubuh. Perlu Anda ketahui, daya tahan kulit berperan dalam melindungi tubuh, terutama sebagai perlindungan fisik dan perlindungan kimiawi.

Sebagai perlindungan fisik, kulit berperan dalam melindungi tubuh terhadap sinar ultraviolet dari matahari, bahan beracun yang ada di lingkungan, trauma fisik, dan serangan kuman.

Sebagai perlindungan kimiawi, kulit dan komponennya berperan untuk menghasilkan lapisan kimiawi yang digunakan untuk membunuh kuman yang menyerang kulit.

Agar daya tahan kulit terjaga, maka amat penting mempertahankan kesehatan kulit, yaitu dengan menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan dan menjaga kesehatan kulit dari luar.

Pada dasarnya, menjaga kesehatan tubuh juga berpengaruh terhadap kulit. Hal ini terkait dengan aliran darah ke kulit yang berfungsi untuk membawa oksigen dan asupan nutrisi, sehingga tubuh senantiasa sehat. Lakukan hal-hal berikut ini untuk mendapatkan kulit sehat yang Anda impikan:

  • Mengonsumsi minuman dan makanan sehat

Selain memengaruhi kesehatan tubuh, makanan dan minuman yang Anda konsumsi juga berpengaruh langsung terhadap kesehatan kulit. Asupan nutrisi seperti buah, sayur, dan protein tanpa lemak dapat membantu kulit Anda menjadi lebih sehat dan tampak lebih segar.

Beberapa penelitian telah menyebutkan bahwa mengonsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin C dan menghindari makanan tinggi lemak atau karbohidrat dapat membuat kulit menjadi lebih sehat.

  • Menjalankan pola hidup sehat

Rokok dapat mengganggu aliran oksigen dan nutrisi ke kulit, sehingga kebiasaan merokok dapat merusak kulit. Jadi, hindari konsumsinya dan terapkan pola hidup sehat, yakni dengan rutin berolahraga dan cukup beristirahat.

Selain itu, olahraga teratur juga dapat membantu meningkatkan aliran darah ke kulit dan membawa asupan nutrisi baik untuk kulit. Terakhir, beristirahatlah dengan cukup dan hindari stres yang berlebihan untuk membantu tubuh dan kulit tetap terjaga kesehatannya.

  • Mandi sehat

Selain kesehatan tubuh, kesehatan kulit juga perlu dijaga dari luar dengan baik. Salah satu caranya adalah dengan mandi sehat, agar sawar fisik dan kimia tidak terganggu.

Mandi sehat tak berarti Anda harus berlama-lama saat mandi. Tapi, mandilah secara rutin dalam waktu yang cukup dan bersihkan area yang sering terlupakan –seperti ketiak, belakang lutut, selangkangan, lipatan leher, serta belakang telinga. Jangan lupa juga untuk menggunakan sabun yang baik bagi kesehatan kulit.

Bagi yang berada di wilayah tropis, tubuh mudah berkeringat dan berdebu. Untuk itu, mandi dengan rutin menggunakan sabun menjadi sangat penting. Sabun mandi diperlukan untuk membersihkan debu, kotoran, dan kuman yang bercampur dengan minyak kulit yang biasanya sulit dibersihkan jika hanya dibasuh dengan air.

Sehingga, jika mandi dilakukan hanya dengan air dan tanpa menggunakan sabun, maka kulit tidak dapat bersih dengan sempurna. Pada dasarnya, selain untuk membersihkan tubuh, mandi juga diperlukan untuk menimbulkan rasa nyaman.

Untuk itu, membersihkan tubuh tidak perlu dengan menggosoknya terlalu keras, karena justru dapat menimbulkan luka. Terakhir, jangan lupa juga untuk membilas tubuh dengan bersih setelah mandi dengan menggunakan sabun, agar tidak terjadi sumbatan pada pori-pori.

Menerapkan gaya hidup sehat, termasuk mengonsumsi asupan bernutrisi dan mandi sehat, maka lapisan kulit paling luar akan tetap terjaga dengan baik. Jadi, sudahkah Anda melakukannya untuk kulit yang lebih sehat dan bersinar?

[NP/ RH]