7 Olahraga Terbaik untuk Penderita Asam Urat

Oleh dr. Adeline Jaclyn pada 15 Mar 2019, 11:00 WIB
Anda yang memiliki asam urat tetap bisa berolahraga. Ini olahraga yang tepat untuk Anda.
7 Olahraga Terbaik untuk Penderita Asam Urat (Dean Drobot/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Bagi Anda yang memiliki asam urat, olahraga tetap penting dilakukan agar penyakit tidak bertambah parah. Olahraga, dibarengi dengan diet yang sehat, dapat membantu Anda menurunkan dan mempertahankan berat badan. Ketahuilah bahwa turunnya berat badan dapat mengurangi kadar asam urat dalam darah Anda.

Tak hanya itu, penurunan berat badan juga membantu mengurangi stres pada sendi-sendi yang menahan beban tubuh, misalnya pinggul, lutut, pergelangan kaki, dan kaki. Meski demikian, penurunan berat badan yang terlalu cepat dapat meningkatkan kadar asam urat dan memicu serangan asam urat yang mengganggu. Diet yang tidak seimbang juga bisa memperparah asam urat.

Anda bisa melakukan olahraga yang aman dan tidak membebani sendi sehingga tidak membuat sendi-sendi makin nyeri. Olahraga berat tidak disarankan karena berisiko memicu dehidrasi, dan hal ini akan meningkatkan asam urat dalam darah. Dan jika orang yang memiliki asam urat tidak berolahraga, sendi-sendi yang tidak digerakkan akan menjadi lebih kaku, dan otot akan menjadi lebih lemah.

Berikut adalah tujuh jenis olahraga yang aman dilakukan oleh orang dengan asam urat:

  1. Senam ringan

Senam ringan menjaga agar sendi Anda fleksibel dan mudah bergerak untuk mengurangi kekakuan. Latihan senam yang baik untuk kaki Anda adalah dengan memutar pergelangan kaki dalam gerakan melingkar. Latihan lainnya termasuk memutar kepala dan leher, pergelangan kaki, atau pergelangan tangan Anda.

  1. Yoga

Yoga sangat bermanfaat untuk orang dengan asam urat. Gerakan yoga dapat membantu meningkatkan kekuatan otot dan kelenturan tubuh. Selain itu, yoga dapat mengelola pikiran menjadi lebih tenang dan memungkinkan Anda untuk tidur lebih nyenyak dan merasa lebih bersemangat.

  1. Taici

Olahraga taici dirancang untuk meningkatkan dan mempertahankan kekuatan otot Anda tanpa perlu menggunakan beban. Ingat, otot yang kuat dapat membantu menghilangkan tekanan pada sendi yang sakit serta menguatkan tulang Anda.

  1. Kardio

Olahraga ini akan membantu meningkatkan kesehatan jantung, meningkatkan sirkulasi darah, mengendalikan berat badan, serta memberikan energi. Penting untuk memilih latihan kardio yang ringan, seperti menaiki tangga, joging, menari, atau kardio lainnya yang Anda sukai.

  1. Berenang dan naik sepeda

Berenang adalah aktivitas fisik terbaik untuk orang dengan asam urat karena latihan ini tidak menekan sendi-sendi. Anda juga dapat melakukan olahraga sepeda untuk menguatkan sendi-sendi.

  1. Peregangan atau stretching

Peregangan akan membantu fleksibilitas serta kekuatan otot Anda. Selain yoga dan taici, pilates juga merupakan olahraga yang populer untuk orang dengan asam urat karena melatih otot dan sendi.

  1. Jalan kaki

Dengan melakukan jalan kaki secara rutin, orang dengan asam urat akan mendapatkan kesehatan yang baik. Tak hanya membakar kalori, jalan kaki juga dapat menguatkan otot tanpa harus menyiksa persendian.

Sebelum memilih jenis olahraga yang terbaik bagi Anda, berkonsultasilah terlebih dahulu dengan dokter. Hal ini untuk memastikan Anda cukup sehat untuk melakukan olahraga yang Anda inginkan. Diskusikan juga dengan dokter mengenai jenis olahraga yang boleh dan tidak boleh Anda lakukan. Di samping berolahraga teratur, minumlah obat asam urat disertai diet yang sesuai agar penyakit Anda tidak kambuh.

[RS/ RVS]