Catat, Ini 10 Olahraga Terbaik untuk Penderita Asam Urat
searchtext customer service

Olahraga Terbaik untuk Penderita Asam Urat

Memiliki asam urat bukan berarti tidak bisa berolahraga. Olahraga apa yang baik bagi asam urat? Simak jenis olahraga untuk penderita asam urat berikut.
Olahraga Terbaik untuk Penderita Asam Urat

Klikdokter.com, Jakarta Bagi Anda yang memiliki asam urat, olahraga tetap penting dilakukan agar penyakit tidak bertambah parah. Melakukan aktivitas fisik dapat mengurangi nyeri akibat asam urat yang Anda derita. 

Selain itu, olahraga yang dibarengi dengan diet sehat bisa membantu Anda menurunkan dan mempertahankan berat badan ideal. Perlu diketahui bahwa turunnya berat badan dapat mengurangi kadar asam urat dalam darah. 

Apabila orang dengan memiliki asam urat tidak berolahraga, sendi-sendi yang tidak digerakkan akan menjadi lebih kaku, dan otot akan menjadi lebih lemah. Oleh karena itu, sangat penting untuk memilih jenis olahraga yang cocok untuk penderita asam urat. 

Olahraga untuk penderita asam urat bermanfaat untuk menurunkan stres di sendi-sendi yang menahan beban tubuh, misalnya pinggul, lutut, pergelangan kaki, dan kaki. Anda bisa melakukan olahraga yang aman dan tidak membebani sendi sehingga tidak membuatnya makin nyeri. 

Olahraga berat tidak disarankan karena berisiko memicu dehidrasi dan meningkatkan asam urat dalam darah Berikut adalah beberapa jenis olahraga yang baik untuk penderita asam urat.

Artikel Lainnya: Cara Menurunkan Asam Urat Tanpa Obat

1 dari 11

1. Senam Ringan

Senam Ringan
loading

Penderita asam urat disarankan melakukan senam ringan untuk menjaga agar sendi fleksibel dan mudah bergerak. Hal ini bermanfaat untuk mengurangi kekakuan.

Latihan senam yang baik untuk kaki adalah dengan memutar pergelangan kaki dalam gerakan melingkar. Latihan lainnya termasuk memutar kepala dan leher, pergelangan kaki, atau pergelangan tangan.

2 dari 11

2. Yoga

loading

Yoga adalah salah satu olahraga yang sangat bermanfaat untuk orang dengan asam urat. Gerakan yoga dapat membantu meningkatkan kekuatan otot dan kelenturan tubuh.

Selain itu, yoga dapat mengelola pikiran menjadi lebih tenang dan memungkinkan Anda untuk tidur lebih nyenyak dan merasa lebih bersemangat.

Artikel Lainnya: Cara Mencegah Asam Urat Kambuh pada Lansia

3 dari 11

3. Tai Chi

Tai Chi
loading

Olahraga tai chi dirancang untuk meningkatkan dan mempertahankan kekuatan otot Anda tanpa perlu menggunakan beban. Otot yang kuat dapat membantu menghilangkan tekanan pada sendi yang sakit, serta menguatkan tulang Anda.

Dengan melakukan olahraga ini, Anda dapat membantu mengurangi nyeri yang disebabkan oleh asam urat.

4 dari 11

4. Pilates

loading

Pilates juga dapat Anda pilih untuk melakukan peregangan. Pilates merupakan olahraga untuk asam urat yang cukup populer karena dapat melatih otot dan sendi.

5 dari 11

5. Kardio

Kardio
loading

Kardio juga bisa menjadi pilihan olahraga untuk asam urat. Pasalnya, olahraga ini memiliki manfaat yang cukup banyak, seperti membantu menjaga kesehatan jantung, meningkatkan sirkulasi darah serta membantu mengendalikan berat badan.

Akan tetapi, sebelum melakukan olahraga kardio ini, penting bagi penderita asam urat untuk memilih latihan kardio yang ringan.

6 dari 11

6. Berenang

loading

Berenang adalah aktivitas fisik yang bisa dipilih untuk orang dengan asam urat. Olahraga air ini memiliki banyak manfaat bagi penderita, di antaranya:

  • Meningkatkan dan menjaga kebugaran.
  • Mengurangi nyeri asam urat.
  • Memulihkan fungsi sendi.
  • Meningkatkan fleksibilitas (kelenturan) sendi tanpa menekannya.
7 dari 11

7. Bersepeda

Bersepeda
loading

Salah satu olahraga untuk asam urat yang baik adalah bersepeda. Aktivitas fisik ini memiliki manfaat yang serupa dengan olahraga lain yang baik bagi penderita asam urat, yakni membantu menguatkan sendi-sendi Anda.

8 dari 11

8. Jalan Kaki

loading

Jalan kaki merupakan pilihan olahraga yang mudah untuk dilakukan. Bagi penderita asam urat, aktivitas fisik ini memiliki manfaat, seperti menguatkan otot-otot tubuh, membakar kalori, serta menjaga kebugaran tubuh. 

Saat melakukan olahraga jalan kaki, pastikan Anda menggunakan alas kaki yang nyaman dan ukuran yang sesuai. 

Alas kaki yang sesuai membantu mengurangi tekanan pada area kaki sehingga nyeri pun dapat dicegah.

Artikel Lainnya: Mengenal Tophi, Komplikasi Asam Urat Karena Tidak Diobati

9 dari 11

9. Naik-Turun Tangga

Naik-Turun Tangga
loading

Naik dan turun tangga dapat menjadi olahraga untuk asam urat yang tergolong mudah dilakukan. Selain bisa langsung dikerjakan di dalam rumah, aktivitas ini merupakan jenis olahraga yang tidak memerlukan peralatan.

Lakukan aktivitas ini kurang lebih 10-15 menit untuk membantu menguatkan persendian di tubuh Anda.

10 dari 11

10. Menari

loading

Selain dapat menghilangkan stres, ternyata menari juga terbukti dapat membantu mengurangi nyeri yang ditimbulkan dari reaksi peradangan akibat tingginya kadar asam urat.

Nah, kini Anda sudah tahu jenis-jenis olahraga untuk asam urat. Sebelum memilih jenis olahraga yang akan dilakukan, konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter. Hal ini untuk memastikan Anda cukup sehat untuk melakukan olahraga yang diinginkan. 

Selain berolahraga teratur, imbangi dengan menjaga pola makan yang sehat serta mengonsumsi obat asam urat yang sudah diberikan. Dengan demikian, nyeri akibat asam urat pun dapat dicegah.

Baca Juga

Ketahui informasi kesehatan lainnya dengan membaca artikel di aplikasi KlikDokter. Anda pun bisa berkonsultasi dengan dokter yang berkompeten melalui fitur LiveChat. 

(OVI/JKT)

ARTIKEL TERKAIT

Penderita Asam Urat Tidak Boleh Konsumsi Kacang?

Info Sehat
20 Apr

Buah Kersen Sebagai Obat Asam Urat, Apakah Efektif?

Info Sehat
11 Apr

Efek Makan Emping Melinjo, Dapat Menyebabkan Asam Urat?

Info Sehat
11 Apr

Asam Urat Bisa Kambuh Akibat Minum Susu?

Info Sehat
11 Mar

Benarkah Penderita Asam Urat Harus Menghindari Makan Daging?

Info Sehat
11 Jan

REAKSI ANDA

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk
livechat