Alasan Bangun Pagi Baik untuk Kesehatan Mental - Info Sehat Klikdokter.com
searchtext customer service

Alasan Bangun Pagi Baik untuk Kesehatan Mental

Sebagian orang cukup sulit untuk bangun pagi. Padahal, kebiasaan ini amat baik untuk kesehatan mental.
Alasan Bangun Pagi Baik untuk Kesehatan Mental

Klikdokter.com, Jakarta Bangun pagi merupakan suatu kebiasaan baik yang dapat memberikan manfaat bagi kesehatan mental Anda. 

Tubuh manusia memiliki jam natural yang disebut dengan ritme sirkadian, yakni sebuah sistem di dalam tubuh yang mengatur rasa mengantuk dan terbangun selama 24 jam. 

Sistem yang kompleks ini diatur oleh area di otak yang merespons terhadap cahaya. Inilah mengapa ritme sirkadian manusia erat hubungannya dengan siang dan malam. 

Ritme sirkadian sendiri dapat berbeda pada setiap orang. Bahkan, kondisi ini bisa berubah-ubah pada setiap orang, seiring dengan bertambahnya usia.

Saat seseorang beraktivitas mengikuti ritme sirkadian alaminya, kondisi tubuh akan berada pada titik keseimbangan. Adanya perubahan atau pergeseran dalam ritme sirkadian akan memengaruhi berbagai fungsi dalam tubuh.

Jika dikaitkan dengan kesehatan mental, ketika ritme sirkadian Anda terbiasa untuk bangun pagi, manfaatnya akan sangat baik bagi tubuh, terutama bagi mental. 

Berikut ini adalah beberapa manfaat bangun pagi untuk kesehatan mental Anda:

Artikel Lainnya: Selalu Tidur Seharian saat Libur, Tanda Ada Gangguan Mental?

1 dari 4

1. Dapat Mempersiapkan Hari dengan Lebih Saksama

Dapat Mempersiapkan Hari dengan Lebih Saksama
loading

Dengan bangun pagi, Anda tidak perlu tergesa-gesa memulai hari karena khawatir terlambat sampai di sekolah atau lokasi bekerja. 

Selain itu, bangun pagi juga meminimalkan risiko melupakan hal-hal yang penting akibat terlalu terburu-buru.

2. Sempat Sarapan dan Olahraga

Sebisa mungkin, jangan lupakan sarapan sebelum beraktivitas. Bangun lebih pagi memungkinkan Anda untuk sarapan dengan santai serta mengonsumsi menu yang lebih terencana.

Dengan bangun lebih pagi, Anda juga dapat menyempatkan diri untuk olahraga sebagai “pemanasan” sebelum mulai beraktivitas.

3. Lebih Produktif

Bangun pagi akan membuat Anda menjadi lebih produktif karena memiliki lebih banyak waktu untuk menyelesaikan berbagai jenis pekerjaan.

Anda mungkin hanya bisa menyelesaikan tiga jenis pekerjaan dan harus membawanya pulang. Dengan memulai aktivitas lebih awal, Anda bisa menyelesaikan lebih banyak pekerjaan.

4. Lebih Berenergi

Bangun pagi tak hanya membuat hari Anda terasa produktif, namun juga membantu Anda lebih berenergi. 

Alhasil, Anda pun bisa menjalani hari dengan produktif. Dengan produktif dan mendapat pencapaian yang positif, Anda pun akan terhindar dari rasa cemas dan stres.

Artikel Lainnya: Manfaat Membersihkan Tempat Tidur untuk Kesehatan Mental

2 dari 4

5. Suasana Hati Lebih Baik

Suasana Hati Lebih Baik
loading

Seseorang yang bangun pagi biasanya memiliki pikiran yang lebih positif dibandingkan dengan orang-orang yang suka begadang. Bangun lebih awal membantu Anda lebih optimis, teliti, dan menjalani hari dengan tenang dan lebih bahagia. 

Jika Anda terbiasa bangun pagi, risiko terjadinya masalah kesehatan mental seperti depresi dan kecemasan bisa menurun.

6. Mengurangi Stres

Bangun pagi bermanfaat untuk menjaga kesehatan mental Anda. Salah satunya terhindar dari stres yang berlebihan, sehingga Anda pun jauh lebih bahagia. 

Bangun lebih awal artinya Anda dapat menyelesaikan berbagai pekerjaan lebih awal tanpa tekanan. Anda pun dapat ke kantor tanpa terburu-buru dan takut akan macet.

7. Meningkatkan Fungsi Kognitif dan Konsentrasi

Manfaat bangun pagi yang tak terduga adalah membantu meningkatkan konsentrasi dan fungsi kognitif Anda. 

Beberapa studi yang dilakukan menunjukkan hubungan antara orang yang bangun lebih awal dan kesuksesan. Diduga orang-orang yang bangun lebih awal memiliki tujuan, proaktif, serta memiliki kemampuan penyelesaian masalah yang baik. 

8. Menumbuhkan Self Love

Jika Anda sudah memiliki anak, bangun lebih pagi bisa menjadi waktu yang tepat untuk bersantai sejenak. Ini bisa menjadi bentuk tanda mencintai diri sendiri atau self love yang sangat baik untuk kesehatan mental Anda.

Anda bisa menikmati pagi dengan menyeduh teh sembari membaca buku. Atau, sekadar sarapan roti kesukaan dengan santai sebelum mempersiapkan kebutuhan keluarga Anda. 

Artikel Lainnya: Gangguan Kesehatan yang Jadi Penyebab Sering Mimpi Buruk

3 dari 4

9. Kualitas Tidur Lebih Baik

Kualitas Tidur Lebih Baik
loading

Seseorang yang terbiasa dengan bangun pagi maka akan memiliki kecenderungan jam tidur yang lebih awal dan teratur. Dengan begitu, orang tersebut memiliki tidur yang berkualitas. 

Adapun memiliki tidur yang cukup dan berkualitas membantu menjaga mood Anda lebih baik, meningkatkan daya ingat dan konsentrasi, serta menurunkan berbagai masalah kesehatan, termasuk kesehatan mental.

10. Daya Tahan Tubuh Ikut Terjaga 

Jika Anda rutin bangun lebih awal, adapun manfaat bangun pagi bagi kesehatan adalah terjaganya daya tahan tubuh Anda. 

Pasalnya, dengan bangun pagi Anda pun memiliki waktu lebih untuk memulai olahraga, aktivitas fisik yang baik sebagai perawatan kesehatan mental. 

Selain itu, Anda juga memiliki waktu tidur yang cukup untuk beristirahat dan terhindar dari insomnia. Dengan kondisi mental yang sehat, daya tahan tubuh pun akan ikut terjaga.

Baca Juga

Bangun pagi nyatanya tidak hanya dapat membuat Anda sampai di kantor lebih awal. Tapi, kebiasaan ini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, termasuk kesehatan mental

Konsultasikan masalah kesehatan Anda lewat layanan LiveChat 24 jam di aplikasi KlikDokter.

(PUT/AYU)

Referensi: Healthline. Diakses 2022. 10 Reasons to Get Up Early — Because Early Rising Isn't Just for Birds. Eachnight. Diakses 2022. How To Wake Up Early: 8 Benefits To Waking Up Early.

KONSULTASI LEBIH LANJUT

avatar

dr. Peter Fernando, DiMAP.

Dokter Umum
wallet
Rp. 50.000
avatar

dr. Euis Kurniawati

Dokter Umum
wallet
Rp. 50.000
avatar

dr. Devi Agustiani

Dokter Umum
wallet
Rp. 20.000

ARTIKEL TERKAIT

Inkontinensia Urine Bisa Pengaruhi Kesehatan Mental?

Info Sehat
04 Jan

Cek Dulu, Ini Tanda Anda Butuh Konsultasi ke Psikolog

Info Sehat
03 Jan

Pusing Karena Anak Berperilaku Agresif? Ini Tips Mengatasinya

Info Sehat
03 Jan

Manfaat Green Time untuk Kesehatan Mental Anak

Info Sehat
02 Jan

Mengenal Teknik Pernapasan Box Breathing dan Manfaatnya

Info Sehat
02 Jan

REAKSI ANDA

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk
livechat