Manfaat Kunyit untuk Radang Tenggorokan

Oleh Krisna Octavianus Dwiputra pada 16 Mar 2019, 12:00 WIB
Anda mencari pengobatan alami untuk radang tenggorokan? Kunyit bisa menjadi salah satu solusinya.
Manfaat Kunyit untuk Radang Tenggorokan (Tarapong Srichaiyos/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Proses pengobatan radang tenggorokan tak melulu dengan obat. Penyakit yang terkadang membuat Anda sulit menelan ini ternyata bisa diatasi dengan bahan alami. Salah satu pengobatan alami yang bisa Anda lakukan adalah dengan kunyit.

Kunyit (Curcuma longa) adalah tanaman herba berimpang yang masuk dalam keluarga jahe-jahean (Zingiberaceae). Di Indonesia, salah satu pemanfaatannya yang paling sering adalah sebagai pewarna kuning dalam masakan, seperti nasi kuning atau gulai. Cukup mudah menemukan kunyit karena tanaman rempah ini banyak dijajakan di pasar.

Kunyit mampu atasi peradangan

Selain sebagai bumbu masakan, kunyit memang dikenal cukup ampuh untuk mengatasi peradangan. "Seperti dalam pengobatan ayurvedic, kunyit digunakan untuk mengatasi peradangan (baik peradangan di dalam maupun luar), kanker, artritis reumatoid, dan beberapa penyakit infeksi lainnya," ujar dr. Kartika Mayasari kepada KlikDokter.

Dijelaskan oleh dr. Kartika bahwa salah satu kandungan yang ampuh dari kunyit adalah kurkumin. Kurkumin, kata dia, adalah sebuah zat aktif yang memiliki antioksidan kuat. Sebagaimana diketahui, antioksidan bertugas melindungi sel-sel dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas.

"Keuntungan kunyit yang sudah teruji adalah sebagai antibakteri, antiperadangan, antitumor, antiseptik, dan sebagainya. Manfaat ini dapat dicapai melalui konsumsi dalam bentuk makanan dengan dosis yang rendah dalam jangka waktu yang lama," ungkap dr. Kartika.

Jika sedang radang tenggorokan, Anda bisa membuat kunyit sebagai minuman yang lazim disebut teh kunyit. Bila Anda menggunakan akar kunyit segar, masukkan akar kunyit ke dalam panci bersama 4 gelas air dan didihkan. Biarkan mendidih setidaknya selama 20 menit. Untuk bubuk kunyit, tambahkan bubuk setelah air mendidih dan didihkan selama 15 menit.

Saring airnya dan tambahkan lemon dan madu secukupnya. Anda juga bisa menambahkan sedikit jahe segar saat air mendidih untuk menambah rasa. Itu bisa Anda minum yang membantu peradangan Anda di sekitar tenggorokan.

Pengobatan alami lainnya

Selain kunyit, sebenarnya banyak bahan alami atau herbal lainnya yang bisa dijadikan sebagai pereda radang tenggorokan. Berikut daftarnya:

  • Kencur

Tanaman yang memiliki nama Latin Curcuma zedoaria ini juga memiliki efek antiperadangan yang dapat mengurangi rasa nyeri tenggorokan.

  • Jahe

Jahe, kencur, dan kunyit sebenarnya memiliki tugas yang sama, yakni memiliki efek antiperadangan. Ketiganya dapat mengurangi rasa nyeri yang timbul ketika terjadi peradangan pada tenggorokan.

  • Tanaman kremah

Mungkin ini masih asing di telinga Anda. Akan tetapi, menurut dr. Melyarna Putri dari KlikDokter, tanaman yang memiliki nama Latin Alternanthera sessilis ini punya efek antiperadangan sehingga dapat mengurangi nyeri tenggorokan.

  • Ginseng

Konsumsi ginseng dapat menurunkan gejala influenza dan radang tenggorokan. Selain bisa meredakan radang tenggorokan, konsumsi ginseng juga baik untuk mempertahankan kondisi tubuh tetap fit.

Anda dapat menggunakan kunyit dan beberapa bahan alami di atas untuk mengatasi radang tenggorokan. Bahan-bahan alami tersebut memiliki sifat antiperadangan yang dapat mengurangi gejala radang tenggorokan. Akan tetapi, jika radang tenggorokan Anda tak kunjung sembuh bahkan bertambah parah, segera periksa ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

[HNS/ RVS]