Perawat Perlu Minum Ini untuk Hindari Dehidrasi Saat Tugas

Oleh Ayu Maharani pada 15 Mar 2019, 17:00 WIB
Perawat butuh tubuh yang kuat dan konsentrasi tinggi saat membantu pasien. Maka, hindari dehidrasi saat bertugas dengan minum ini.
Perawat Perlu Minum Ini untuk Hindari Dehidrasi Saat Tugas (Monkey-Business-Images/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Padatnya tugas yang mesti dilakukan oleh seorang perawat terkadang bisa membuatnya dehidrasi lantaran tak sempat minum. Padahal, pekerjaan yang dilakukannya butuh tingkat konsentrasi tinggi dan tubuh yang kuat, khususnya saat membantu dokter menangani tindakan medis terhadap pasien yang membutuhkan.

Lantas, bagaimana supaya terhindar dari dehidrasi dan beragam gejala seperti badan lemas, mata cekung, bibir dan mulut kering, urine berwarna kuning pekat, tekanan darah menurun, serta hilangnya kesadaran? Jawabannya: dengan minum air putih sebanyak 8 hingga 9 gelas setiap hari. Air putih merupakan cairan terbaik untuk mencegah terjadinya dehidrasi. Selain mudah didapatkan, air putih juga sangat baik untuk ginjal.

Bosan dengan air putih? Tenang, masih ada pilihan lain yang juga baik untuk mencegah dehidrasi. Apa saja?

1. Susu

Menurut dr. Alberta Jesslyn Gunardi, BMedSc Hons dari KlikDokter, ada sebuah studi dari American Journal of Clinical Nutrition yang mengatakan bahwa susu penuh lemak dan susu skim ternyata lebih efektif dalam memenuhi kebutuhan cairan tubuh ketimbang air putih. Tak hanya itu, susu putih juga dinilai menyehatkan karena mengandung protein, karbohidrat, vitamin, serta mineral.

2. Minuman olahraga

Keringat yang dikeluarkan saat perawat melakukan tugas yang agak berat tidak hanya mengandung air, namun juga laktat, asam amino, lemak, dan sodium. Oleh sebab itu, dr. Jesslyn memperbolehkan Anda untuk memilih minuman olahraga yang mengandung beberapa ion agar tubuh tidak merasa lemas usai melakukan aktivitas berat.

3. Air kelapa

Mungkin, air kelapa adalah jenis minuman yang paling bisa memberikan sensasi segar dan menuntaskan rasa haus. Sebagai salah satu jenis cairan yang dapat menghidrasi tubuh, air kelapa mengandung karbohidrat yang rendah dan potasium yang cukup tinggi. Sangat baik untuk dikonsumsi secara rutin dan teratur pada porsi yang disesuaikan.

4. Buah-buahan mengandung banyak cairan

Tidak ingin dehidrasi tapi bosan dengan segala sesuatu yang berbentuk cairan utuh? Cobalah untuk mengonsumsi buah! Tentu, buah yang di dalamnya mengandung banyak cairan, seperti semangka, stroberi, melon, nanas, jeruk, dan mentimun. Dengan begitu, Anda bisa menghidrasi tubuh dengan tambahan rasa kenyang.

5. Air kaldu

Kepada KlikDokter, dr. Rio Aditya mengatakan bahwa air kaldu juga dapat membantu mencukupi kebutuhan cairan tubuh. Kaldu itu sendiri biasanya terbuat dari rebusan tulang dan daging ayam ataupun sapi. Di dalam air yang mengandung banyak kolagen tersebut, terdapat pula kandungan protein, asam amino, kalsium, fosfor, dan magnesium yang dibutuhkan oleh tubuh.

6. Cairan oralit

Bila sedang mengalami diare, cairan oralit adalah pilihan terbaik untuk mencegah terjadinya dehidrasi. Kandungan di dalamnya mampu meningkatkan pengangkutan dan daya absorbsi di dalam tubuh, juga berkhasiat menyerap air pada dinding usus sehingga mampu menggantikan cairan tubuh yang terkuras melalui tinja.

Itu dia beberapa minuman yang bisa dijadikan pilihan oleh perawat untuk mencegah terjadinya dehidrasi. Meski semuanya baik, Anda mesti tetap ingat untuk membatasi porsinya agar tidak berlebihan. Selain itu, minumlah sebelum rasa haus benar-benar dirasakan. Selalu ingat pula untuk menempatkan sayuran pada menu makan sehari-hari, karena mengandung sejumlah cairan yang juga baik untuk mencegah dehidrasi. Dengan sederet upaya tersebut, perawat akan terhindar dari dehidrasi sehingga bisa membantu dokter untuk melayani pasien dengan lebih optimal.

(NB/ RVS)