Ingin Diet Turunkan Berat Badan dengan Sukses? Perhatikan Ini!

Oleh dr. Karin Wiradarma pada 19 Mar 2019, 15:25 WIB
Sedang diet untuk turunkan berat badan dan wujudkan tubuh ideal? Ini dia beberapa hal yang perlu betul-betul Anda perhatikan!
Ingin Diet Turunkan Berat Badan dengan Sukses? Perhatikan Ini! (Dean Drobot/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Sebagian besar orang ingin memiliki berat badan dan tubuh yang ideal. Ada banyak manfaat yang dapat diperoleh apabila Anda kondisi tubuh yang demikian, misalnya rasa percaya diri yang meningkat dan risiko penyakit yang lebih rendah. Selain itu, pemilik tubuh yang sehat dan ideal juga dapat lebih produktif serta lebih sukses dalam karier.

Karena berat badan dan tubuh yang ideal membawa beragam manfaat, tak sedikit orang yang rela melakukan berbagai cara untuk meraihnya. Mulai dari mencoba berbagai metode diet, berolahraga keras, mengonsumsi suplemen dan obat, pergi ke pusat-pusat pelangsingan, dan lain sebagainya.

Dari sekian banyak orang yang mencoba, umumnya hanya sedikit yang berhasil menurunkan berat badan dan mendapatkan tubuh ideal. Tahukah Anda mengapa demikian? Ya, karena ada beberapa hal yang kurang dalam menjalani semua aktivitas untuk menurunkan berat bada. Apa saja hal yang dimaksud?

  • Tujuan

Sebelum memulai program diet, Anda harus bulatkan tekad dan tetapkan tujuan yang ingin dicapai. Tujuan jangka pendek boleh saja dimiliki, seperti ingin tampil cantik saat pesta pernikahan. Namun, memiliki tujuan jangka pendek saja tidaklah cukup. Perlu ditetapkan juga tujuan jangka panjang, agar program diet Anda sukses dan langgeng. Misalnya, ingin mendapatkan tubuh yang sehat dan kuat hingga usia tua, atau ingin memperbaiki profil gula darah dan kolesterol tubuh yang sebelumnya meningkat, atau lainnya.

  • Berkonsultasi dengan ahli

Banyak program diet yang tersedia dan telah dikenal masyarakat. Beberapa yang mungkin tak asing bagi Anda, seperti diet mayo dan diet keto. Selain itu, ada pula diet mediterania, diet OCD, diet harimau, diet DASH, diet volumetrics, dan masih banyak yang lainnya.

Bingung pilih yang mana? Pilihlah diet yang aman serta sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan Anda. Untuk itu, Anda perlu berkonsultasi terlebih dahulu pada dokter atau ahli gizi, agar dapat memilihkan program diet yang paling tepat. Asal-asalan mencoba program diet malah dapat menimbulkan dampak negatif bagi kesehatan, lho!

1 of 2

Selanjutnya

  • Catat apa yang Anda makan

Meski sedang menjalani program diet, ada kalanya Anda sering “kebablasan” dalam menyantap suatu makanan. Akibatnya, program diet yang Anda lakukan akan menjadi suatu kesia-siaan.

Lantas, harus bagaimana? Jawabannya: catat apa yang Anda makan setiap hari! Para ahli menemukan bahwa peserta program diet memiliki kemungkinan sukses 2 kali lipat lebih besar apabila mereka mencatat makanan yang disantap setiap hari. Berdasar pada temuan itu, para ahli menganjurkan agar peserta program diet mencatat jenis makanan yang disantap beserta cara memasaknya, jumlah atau porsinya, dan waktu menyantap makanan tersebut. Selain itu, minuman mengandung kalori atau yang bukan air putih juga harus masuk ke dalam catatan.

Misalnya, pukul 8 saat sarapan pagi, Anda menyantap 2 lembar roti tawar yang diolesi selai cokelat sebanyak 1 sendok makan dan minum segelas susu full cream. Lalu untuk selingan pukul 10 pagi, Anda menyantap 1 buah pisang ukuran sedang. Saat pukul 12 siang, Anda makan 2 centong nasi putih, 1 potong ayam goreng bagian paha, 3 sendok makan tumis kangkung belacan, dan minum 1 gelas es teh manis. Seterusnya Anda catat demikian hingga makan malam atau selingan malam sebelum pergi tidur.

Dengan mencatat apa yang dimakan, Anda bisa menjadi lebih merasa sadar akan betapa banyaknya makanan yang sudah masuk ke dalam tubuh. Apabila sudah merasa begitu, Anda akan termotivasi untuk “mengerem” asupan makanan. Sebaliknya, jika tidak mencatat makanan dan minuman yang dikonsumsi, Anda cenderung lebih mudah “lupa diri” sehingga berpotensi menyantap makanan sesuka hati dan berujung pada program diet yang gagal.

Pada awalnya memang akan agak repot mencatat apa yang dimakan. Akan tetapi, hal itu sebenarnya mudah, apalagi jika Anda sudah terbiasa. Anda hanya membutuhkan waktu 15 menit dalam sehari untuk mencatat apa yang dimakan. Supaya lebih akurat, cacatlah setiap kali Anda makan.

Diet untuk menurunkan berat badan yang paling baik adalah yang dilakukan dengan tepat dan secara berkelanjutan. Jadi, untuk menghindari keraguan akan menu yang harus dikonsumsi, apa saja makanan yang wajib dihindari, apa saja efek jangka panjang atau pendek dari metode diet terkait, atau hal-hal lainnya, berkonsultasilah lebih lanjut pada dokter atau ahli gizi. Anda ingin menerapkan diet yang benar-benar aman dan efektif untuk turunkan berat badan, bukan?

(NB/ RVS)

Lanjutkan Membaca ↓
Anna yuliaAnna yulia

Dolorem est veniam ullam error aspernatur eveniet eum assumenda. Non aliquid alias magni soluta voluptate consectetur pariatur. Inventore aut ipsum voluptatem minus. Aut vero est velit ut.

Anna yuliaAnna yulia

Minima ullam eaque laborum distinctio placeat iusto. Et esse voluptatum doloremque fuga voluptas voluptates. Incidunt atque omnis distinctio. Necessitatibus rerum quaerat harum ipsum neque nulla.

Anna yuliaAnna yulia

Repellendus odio reprehenderit sunt nobis. Est excepturi aliquam laudantium nobis impedit. Nostrum dolor eos voluptatum aut qui corporis. Sequi est a modi dolorem quis.

Lihat Lainnya