Ketiak Sakit sebelum Menstruasi, Apa Penyebabnya?

Oleh Ayu Maharani pada 21 Mar 2019, 12:05 WIB
Tiba-tiba ketiak sakit sebelum dan saat menstruasi, benarkah itu karena pengaruh hormon? Atau jangan-jangan ada penyebab lain?
Ketiak Sakit sebelum Menstruasi, Apa Penyebabnya? (Dragon Images/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Menjelang menstruasi, hormon akan mengalami beberapa perubahan sehingga memengaruhi fisik dan psikis. Entah berupa nafsu makan yang meningkat, perasaan yang sensitif, munculnya jerawat, hingga rasa pegal-pegal. Selain itu, ada pula gejala lain yang terkadang datang sebelum menstruasi, yakni ketiak sakit.

Kanker payudara atau pengaruh hormon?

Ketika sakit di ketiak muncul, Anda meraba bagian tersebut untuk mencari tahu apakah ada luka atau benjolan. Lalu didapatlah sebuah benjolan kecil yang menjadi sumber dari rasanya nyeri dan membuat Anda khawatir. Rasa khawatir itu tentu bukan tanpa alasan. Ini karena menurut American Cancer Society, adanya benjolan pada payudara atau ketiak merupakan salah satu ciri dari kanker payudara.

Kalau sudah begitu, bagaimana dengan benjolan kecil nan nyeri yang terdapat pada ketiak Anda? Apakah bisa dikategorikan sebagai ciri-ciri kanker payudara?

Menurut dr. Ratih Nurdiany dari KlikDokter, benjolan kecil yang muncul di ketiak dan terasa nyeri saat masa menstruasi tiba merupakan hal yang normal dan tak perlu terlalu Anda khawatirkan. Kelenjar getah bening pada ketiak memang bisa membesar akibat pengaruh hormonal sebelum dan saat menstruasi.

Apabila pembesaran kelenjar getah benih menimbulkan rasa sakit hingga mengganggu aktivitas harian, terutama ketika mengenakan pakaian atau kegiatan lain yang membutuhkan gerakan tangan maksimal, seperti mengangkat, dr. Ratih memperbolehkan Anda untuk mengonsumsi parasetamol untuk mengurangi sensasi nyeri.

Tak perlu dilakukan perawatan khusus bila ini disebabkan oleh pengaruh hormonal, karena rasa sakit akan menghilang dan benjolan akan mengempis saat masa menstruasi berakhir.

Penyebab lain timbulnya bengkak dan nyeri pada ketiak

Beda lagi halnya bila usai menstruasi, benjolan tak kunjung mengempis dan rasa nyeri juga tidak ikut hilang. Itu berarti, penyebabnya bukanlah hormonal, melainkan faktor lain. dr. Ellen Theodora mengatakan kepada KlikDokter, pada kasus tertentu, benjolan dapat menjadi pertanda adanya kondisi yang lebih serius ketimbang hormonal. Adapun kondisi yang dimaksud, antara lain:

  • Infeksi bakteri. Bisul dapat muncul di ketiak akibat infeksi bakteri. Bakteri bisa hidup di bagian tersebut karena Anda sering menggaruk atau mencabut bulu ketiak sehingga bakteri masuk ke dalam pori-pori dan folikel rambut.
  • Abses atau penimbunan nanah. Benjolan akibat abses akan terasa panas dan disertai demam. Bila disentuh rasanya akan sakit sekali.
  • Alergi. Benjolan yang terasa gatal dapat disebabkan oleh reaksi alergi terhadap makanan atau obat-obatan.
  • Virus tertentu. Orang yang mengalami cacar air, herpes zoster, hingga HIV/AIDS lebih rentan mengalami pembengkakan kelenjar.
  • Lipoma. Benjolan tidak sakit dan bertekstur lunak kerap dipicu oleh kumpulan lemak yang terdapat di antara otot dan kulit. Tak perlu khawatir, kondisi ini dapat diatasi dengan tindakan pembedahan.
  • Kanker payudara ataupun kanker getah bening. Ciri-cirinya, benjolan terasa keras dan tidak bergerak saat disentuh. Bila ada riwayat kanker pada keluarga, Anda wajib memeriksakan kondisi kesehatan kepada dokter. Ini karena benjolan tersebut bisa jadi gejala awal dari kanker.

Kesimpulannya, penyebab dari ketiak sakit saat menstruasi adalah adanya pengaruh hormonal yang membuat kelenjar getah bening membesar. Saat kelenjar getah bening membesar, hal itu akan memberikan sensasi nyeri pada tubuh Anda. Jika usai menstruasi benjolan dan rasa nyeri tak kunjung membaik, sebaiknya Anda segera memeriksakan diri ke dokter untuk dicari tahu penyebabnya.

[RS/ RVS]

ajengasmoro18ajengasmoro18

Nisi enim eaque architecto. Expedita laboriosam est voluptatum cum ut dolore. Quos dolores laboriosam ducimus animi sunt quia. Illo repellat architecto totam voluptas.

ajengasmoro18ajengasmoro18

Est exercitationem hic voluptates neque et commodi modi. Non voluptatem quo vel enim.

ajengasmoro18ajengasmoro18

Ut aut deserunt deleniti. Maxime voluptatem laboriosam ullam vero optio. Et voluptate voluptates ducimus. Odit itaque quisquam blanditiis dolorum vel consequatur.

Lihat Lainnya