6 Manfaat Bergabung dengan Kelas Yoga Prenatal

Oleh Krisna Octavianus Dwiputra pada 21 Mar 2019, 01:07 WIB
Bagi para wanita hamil jangan ragu ikut kelas yoga prenatal. Banyak manfaat yang bisa Anda peroleh dari olahraga ini.
6 Manfaat Bergabung dengan Kelas Yoga Prenatal (Pressmaster/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Menurut studi pada 2015 yang diterbitkan American Journal of Perinatology, wanita hamil mendapat manfaat besar dari olahraga yoga prenatal. Penulis studi mengevaluasi 10 macam penelitian antara tahun 2004-2014. Mereka menemukan, dibandingkan dengan olahraga lainnya, yoga menurunkan insiden komplikasi kehamilan dan berat badan lahir rendah, mengurangi rasa sakit dan stres, serta meningkatkan kualitas hubungan.

Hal ini juga diamini oleh dr. Citra Roseno kepada KlikDokter. Menurut dr. Citra, yoga prenatal membuat wanita hamil lebih siap menjalani proses persalinan.

"Yoga prenatal adalah sebuah kegiatan yang dapat dilakukan oleh ibu hamil yang ingin tetap menjaga kebugarannya. Selain dapat menjaga kebugaran, yoga prenatal juga dapat membantu tubuh lebih siap menghadapi persalinan dan turut serta dalam menjaga kesehatan janin," dr. Citra menjelaskan.

Lalu, apa saja sebenarnya manfaat yoga prenatal? Berikut daftarnya:

1. Membangun kekuatan untuk kehamilan dan persalinan

Tubuh yang kuat dan fleksibel akan lebih siap untuk menghadapi tekanan fisik selama kehamilan dan persalinan. Otot inti yang kuat membantu menopang tulang belakang dan punggung bagian bawah, yang sering memikul banyak beban yang mengangkut berat bayi yang belum lahir. Otot-otot inti yang sama, termasuk otot-otot dasar panggul, juga membantu ketika Anda harus mengejan di ruang bersalin.

Pose yoga prenatal dirancang khusus untuk menargetkan otot yang paling penting untuk kehamilan dan kelahiran. Latihan pernapasan melepaskan stres dan ketegangan juga menjadi salah satu menu latihan yang dapat membantu meringankan sakit punggung dan sakit kepala yang biasa dialami wanita hamil. Ketika tiba saatnya untuk melahirkan, Anda dapat menggunakan teknik pernapasan itu untuk menenangkan dan memusatkan diri selama persalinan.

2. Tidur lebih baik

Tidur yang buruk adalah keluhan umum pada wanita hamil. Menurut American Pregnancy Association, 78 persen wanita hamil mengalami insomnia. Ini dapat termasuk kesulitan tidur, sering terbangun di malam hari, kesulitan tidur kembali, dan tidak merasa segar setelah tidur.

Kurang tidur dapat memengaruhi kehamilan dan kelahiran. Lama-kelamaan, gangguan tidur akan berefek buruk pada kehamilan, seperti durasi persalinan yang lebih lama dan meningkatnya kemungkinan kelahiran sesar.

Latihan yoga teratur dapat membantu Anda mendapatkan tidur berkualitas yang Anda butuhkan. Peneliti Universitas Harvard melihat efek dari 8 minggu latihan yoga reguler di antara 20 peserta yang menderita insomnia kronis. Para peserta membuat catatan harian tidur, dan para peneliti menganalisisnya di akhir penelitian. Hasilnya, mereka menemukan peningkatan efisiensi tidur, durasi tidur, dan waktu tidur.

3. Risiko komplikasi kehamilan lebih rendah

Beberapa komplikasi kehamilan dapat dialami ibu hamil. Misalnya, preeklamsia, kehamilan anggur, kehamilan ektopik, dan diabetes gestasional. Akan tetapi, studi pada 2015 dalam American Journal of Perinatology menemukan bahwa praktik yoga prenatal dapat melindungi menghindarkan Anda dari komplikasi itu.

4. Mengusir stres

Kehamilan dapat menjadi masa-masa yang membuat wanita menjadi tegang bahkan stres. Pemikiran-pemikiran seperti betapa menyeramkan proses melahirkan, berat bayi yang masih kurang, atau apakah Anda akan menjadi ibu yang baik, bisa membuat Anda stres.

Nah, latihan yoga yang teratur dapat membantu Anda tetap tenang dan rileks selama kehamilan dan saat melahirkan.

5. Mempererat hubungan Anda dengan pasangan

Stres pada masa kehamilan adalah hal yang sering terjadi. Di sisi lain, benturan dengan pasangan juga sangat mungkin terjadi di antara Anda. Nah, pasangan yang berlatih yoga bersama dapat meningkatkan ikatan dan keintiman.

Namun, berlatih yoga sendiri juga dapat membantu Anda merasa tenang dan lebih terhubung dengan diri sendiri. Anda menjadi kurang emosional dan reaktif selama masa-masa ini.

6. Bertemu dan berbagi cerita dengan ibu hamil lainnya

Bergabung dengan komunitas adalah satu hal yang dianjurkan bagi ibu hamil. Dari sisi sosial, ini akan sangat membantu karena bisa saling bertukar cerita tentang apa yang dirasakan. Terkait itu, kelas yoga prenatal bisa mengakomodasi kebutuhan itu.

Di kelas yoga, Anda dapat berbagi kekhawatiran, memberi serta mendapatkan saran dari ibu hamil lain yang mengalami masalah yang sama dengan Anda.

Masa kehamilan adalah masa yang menuntut kesiapan fisik dan mental wanita. Nah, mengikuti kelas yoga prenatal dapat membantu Anda mempersiapkan fisik dan mental hingga waktu melahirkan tiba. Jadi, jangan ragu mengikuti kelas yoga prenatal yang dibuka di rumah sakit atau klinik-klinik kehamilan.

[HNS/ RVS]

Yanti HardiyantiYanti Hardiyanti

Consequatur non reiciendis quia veritatis suscipit rerum officiis. Consequuntur aut repudiandae aut quos ut incidunt esse est. Ut minima dolores rerum quia perferendis sunt aut omnis.

Yanti HardiyantiYanti Hardiyanti

Quibusdam fuga quisquam et dolorum. Mollitia non ut quidem corrupti non illo. Odio omnis vel accusamus voluptatem. Esse repellendus quia quo culpa.

Yanti HardiyantiYanti Hardiyanti

Optio omnis necessitatibus aperiam error tenetur impedit. Earum ut sit vero aut. Quis cumque velit accusantium qui accusantium.

Lihat Lainnya