4 Alasan Mengapa Telanjang Kaki Baik untuk Balita

Oleh Hotnida Novita Sary pada 22 Mar 2019, 03:12 WIB
Banyak ibu memakaikan alas kaki sepanjang hari pada si Kecil. Tapi, tahukah Anda membiarkan anak telanjang kaki juga ada manfaatnya?
4 Alasan Mengapa Telanjang Kaki Baik untuk Balita (Volodymyr Tverdokhlib/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Sudah menjadi naluri kalau sang ibu akan selalu melindungi anaknya, bahkan pada hal terkecil sekalipun. Salah satunya adalah melindungi kaki si buah hati. Tak jarang, para ibu memakaikan kaus kaki bahkan sepatu sepanjang hari pada sang balita, meski sedang di dalam rumah. Akan tetapi, tahukah Anda membiarkan anak telanjang kaki juga punya manfaat baik untuk perkembangannya?

Dikutip dari Youaremom, hingga usia 9 bulan, anak-anak punya sensitivitas yang lebih besar pada telapak kaki daripada pada telapak tangan mereka. Beberapa penelitian telah mengonfirmasi bahwa berjalan tanpa alas kaki memberikan stimulasi taktil (perabaan) dan merangsang perkembangan neurologis mereka.

Menurut dr. Astrid Wulan Kusumoastuti dari KlikDokter, dengan bertelanjang kaki, si Kecil akan lebih mudah berjalan. “Sebab, telapak kaki bayi akan lebih mudah mencengkeram permukaan tempat ia berjalan, jika dibandingkan saat memakai kaus kaki atau sepatu,” kata dia.

Anda yang masih ragu membiarkan anak Anda bermain tanpa alas kaki, simak dulu empat alasan bertelanjang kaki baik untuk anak di bawah ini, dilansir dari Babysparks.

  1. Mengoptimalkan perkembangan kaki

Membiarkan anak berjalan tanpa alas memungkinkan kaki anak tumbuh optimal. Saat lahir, tulang-tulang di kaki bayi Anda masih lunak. Saat tumbuh, tulang mengeras serta sendi, ligamen, dan otot di kakinya berkembang.

Studi menunjukkan bahwa sepatu anak (terutama yang kaku, terlalu sempit, kencang, atau memiliki sol yang tidak fleksibel) dapat mengganggu perkembangan kaki. Ini terjadi karena kaki berkembang sesuai dengan sepatu daripada membentuk secara alami.

  1. Meningkatkan kelincahan dan koordinasi

Ketika berjalan tanpa alas kaki, balita cenderung melihat ke atas dan sekitar karena informasi yang mereka terima melalui saraf kaki membuat mereka merasa aman. Nah, keberadaan alas kaki (seperti kaus kaki atau sepatu) menghalangi terhantarnya informasi itu ke otak.

Balita yang memakai alas kaki pun cenderung melihat ke bawah dan lebih sering untuk jatuh. Sepatu juga dapat membatasi penyebaran jari kaki, yang membantu anak tetap seimbang.

Langkah kaki tanpa alas juga meningkatkan koordinasi tubuh. Itu karena kaki mengirim pesan ke otak anak tentang bagaimana mengatur pola gerakannya dan secara efektif menavigasi tubuhnya melalui ruang.

  1. Latih kepercayaan diri

Bertelanjang kaki selain membebaskan anak melihat lingkungan sekitarnya juga membantu mereka merasa aman melintasi permukaan yang berbeda. Berjalan dan berlari tanpa alas kaki di lantai keras, pasir, rumput, lumpur dan sejenisnya memberi anak-anak kepercayaan diri untuk “bermanuver” dalam situasi yang berbeda. Penelitian bahkan menunjukkan bahwa bertelanjang kaki berkorelasi dengan penurunan risiko anak alami cedera.

  1. Mengoptimalkan perkembangan motorik sensorik

Ada sekitar 200.000 ujung saraf di telapak kaki! Bahkan sebelum belajar berdiri dan berjalan, bertelanjang kaki mengajarkan bayi tentang tubuh dan lingkungan mereka. Kaki telanjang di tempat tidur, pangkuan ibu, tempat tidur, kursi, kereta dan tanah membuat bayi terkena berbagai tekstur, suhu, dan peluang mendorong dengan kaki mereka. Merangkak tanpa alas kaki memberikan kebebasan penuh untuk bergerak.

Itulah empat alasan mengapa telanjang kaki juga baik untuk balita Anda. Meski demikian, dalam kondisi tertentu, seperti ruangan kotor atau banyak benda tajam, anak tentu dapat dipakaikan alas kaki. Untuk itu, dr. Resthie Rachmanta Putri. M.Epid dari KlikDokter menyarankan untuk menggunakan alas kaki yang ringan, terbuat dari bahan yang adem, dan memiliki sol karet untuk mencegah si Kecil terpeleset. Baca juga artikel bertema sama di sini.

[RVS]

Angelia ThongAngelia Thong

Sed provident fugiat tempora aperiam. Voluptatum reprehenderit ut ad optio rerum quaerat. Rem delectus rem quaerat.

Angelia ThongAngelia Thong

Ea dolores odio facere. A ea perferendis aut et vel nesciunt a voluptatibus. Tempora ea iure repellendus facilis fuga consequatur. Aut et nostrum occaecati odit incidunt quis quia.

Siska AnggitaSiska Anggita

Quia blanditiis magnam aliquam qui distinctio cumque omnis. Amet nostrum culpa doloribus. Officia qui inventore repellendus.

Lihat Lainnya