Tips Membesarkan Anak dengan Sindrom Down

Oleh dr. Alvin Nursalim, SpPD pada 21 Mar 2019, 13:30 WIB
Anak dengan sindrom Down butuh perhatian khusus. Lantas, apa saja yang bisa dilakukan agar tumbuh kembang anak tersebut tetap optimal?
Tips Membesarkan Anak dengan Sindrom Down (Nd3000/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Sindrom Down atau dikenal juga sebagai Down syndrome merupakan salah satu jenis kelainan kromosom yang umum ditemui pada masa anak-anak. Keadaan tersebut terjadi ketika seorang anak mengalami gangguan kromoson, yang dikenal dengan trisomi 21.

Anak dengan sindrom Down membutuhkan perhatikan khusus. Pasalnya, kondisi tersebut membuat anak mengalami keterbelakangan perkembangan fisik dan mental. Hal itu terjadi lantaran gangguan kromosom yang menjadi dasar terjadinya sindrom Down menyebabkan adanya berbagai gangguan tumbuh kembang anak.

Atas alasan itu, membesarkan anak dengan sindrom Down bukanlah perkara mudah. Orang tua perlu melakukan berbagai upaya agar tumbuh kembang anak yang mengalami gangguan tersebut tidak ketinggalan jauh dari anak pada umumnya. Adapun beberapa upaya yang dimaksud, yaitu:

  • Pelajari fakta tentang sindrom Down

Langkah pertama untuk membesarkan anak dengan sindrom Down adalah mempelajari informasi yang tepat terkait gangguan tersebut. Saat ini, dengan berbagai kemajuan pada bidang medis yang ada, deteksi sindrom Down bahkan bisa dilakukan sejak anak masih berada di dalam kandungan. Jika Anda berencana melakukan pemeriksaan tersebut, tanyakanlah ke dokter yang merawat.

Saat ini, anak dengan sindrom Down memiliki harapan hidup yang lebih baik dibandingkan sebelumnya. Bahkan, beberapa dari orang yang mengalami sindrom Down mampu menyelesaikan sekolah menengah, menghadiri program perguruan tinggi khusus, dan hidup mandiri. Oleh karena itu, perbanyaklah informasi terkait gangguan tersebut untuk meningkatkan kualitas hidup anak dengan sindrom Down.

  • Bangun sistem pendukung

Berikan kesempatan pada anggota keluarga yang lain untuk mengambil bagian dalam pengasuhan anak dengan sindrom Down. Hal tersebut bertujuan supaya Anda bisa memiliki waktu lebih untuk menikmati hidup pribadi, misalnya dengan berjalan-jalan, membaca buku, atau sekadar beristirahat. Dengan membagi tanggung jawab, beban akan terasa lebih ringan.

  • Temukan dokter yang mampu menangani anak dengan sindrom Down

Anak dengan sindrom Down memiliki pedoman tersendiri terkait pemeriksaan dan grafik pertumbuhannya. Maka dari itu, carilah dokter atau terapis yang benar-benar berpengalaman mengurus anak dengan sindrom Down, supaya tumbuh kembang anak tersebut terus tertopang dengan optimal.

  • Jangan ragu untuk membicarakan kesulitan Anda

Jika Anda memiliki kesulitan dalam membesarkan anak dengan sindrom Down, jangan ragu untuk menyampaikan ke orang terdekat supaya mereka mengetahuinya. Dengan demikian, orang-orang tersebut akan memberikan Anda dukungan atau saran supaya Anda lebih semangat untuk merawat anak dengan sindrom Down.

  • Jaga kesehatan Anda

Apabila memiliki anak atau mengurus seseorang dengan sindrom Down, sadarilah bahwa Anda adalah “ujung tombak” mereka. Karena itu, jangan lupakan kesehatan Anda sendiri!

Berolahraga dan konsumsilah makanan bernutrisi, bahkan ketika Anda merasa lelah. Cobalah untuk membuat rencana dan berpegang teguh pada rencana tersebut sebaik mungkin. Jangan memilih gaya hidup yang tidak sehat dan mengabaikan kesehatan Anda.

Membesarkan anak dengan sindrom Down memiliki berbagai tantangan yang harus dicarikan jalan keluarnya masing-masing. Dengan terus berusaha, berdoa, serta saling bahu-membahu dengan orang-orang sekitar, beban yang Anda rasakan bisa berkurang dan anak pun bisa bertumbuh kembang secara optimal.

(NB/ RVS)