Mengenal Jenis Masker Wajah Beserta Manfaat Sehatnya

Oleh dr. Adeline Jaclyn pada 23 Mar 2019, 11:00 WIB
Masker wajah semakin marak beredar di pasaran. Tahukah Anda apa beda dan manfaat dari masing-masing masker tersebut?
Mengenal Jenis Masker Wajah Beserta Manfaat Sehatnya (Sirtravelalot/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Memiliki wajah yang bersih dan cerah merupakan dambaan setiap orang, khususnya wanita. Untuk mewujudkan itu, salah satu perawatan yang bisa dicoba adalah masker wajah yang paling sesuai dengan kondisi kulit dan tujuan Anda menggunakannya. Ya, itu karena masker wajah terbagi menjadi beberapa jenis, dan semuanya memiliki fungsi yang berbeda-beda.

Nah, agar Anda tidak bingung menentukan, berikut adalah jenis masker wajah yang banyak beredar di pasaran beserta manfaat sehatnya:

  1. Cream mask

Masker jenis ini cocok untuk tipe kulit normal hingga kering. Cream mask kaya akan minyak dan pelembap yang mampu menembus ke dalam kulit dan mengisi sel-sel yang mengalami kekeringan. Dengan kata lain, masker jenis ini mampu menjaga kelembapan, hidrasi dan melembutkan kulit. Selain itu, cream mask juga mampu membuat kulit lebih sehat, kenyal, dan halus.

Jenis cream mask yang mengandung asam hialuronat memiliki manfaat tambahan, yaitu untuk menarik dan mengikat kelembapan untuk mengisi sel-sel kulit yang ‘rata’. Sedangkan, masker yang mengandung ekstrak ganggang akan membantu mengencangkan kulit Anda.

  1. Clay mask

Cocok untuk tipe kulit normal hingga berminyak atau cenderung berjerawat. Masker jenis ini dapat menyeimbangkan kadar minyak dan meregulasi sekresi minyak pada permukaan kulit, menghilangkan debu dan kotoran yang menumpuk, juga menghilangkan komedo.

Clay mask bersifat memulihkan dan melembapkan. Bahan dasar masker ini secara alami akan mendetoks kulit dan menghidrasi tanpa adanya minyak tambahan, sehingga pilihan yang bagus untuk tipe kulit normal dan berminyak. Di samping itu, masker jenis ini juga bersifat oklusif alias menutup kulit dari udara, sehingga otak akan mengirimkan sinyal untuk mengenyalkan dan mengencangkan kulit.

1 of 3

Selanjutnya

  1. Gel mask

Cocok untuk tipe kulit kering, dehidrasi, dan sensitif. Gel mask bersifat lembut, ringan, dan cepat diserap oleh kulit. Efek menenangkan dan dingin dari masker jenis ini sangat baik untuk tipe kulit kering dan sensitif yang membutuhkan hidrasi sebelum pengencangan dan detoksifikasi.

Gel mask mengandung kolagen dan antioksidan yang membantu kulit untuk pulih seperti sedia kala. Karena, bahan-bahan tersebut menawarkan rehidrasi total kulit, bersifat menenangkan dan mengencangkan.

  1. Sheet mask

Sheet mask cocok untuk hampir semua tipe kulit, khususnya untuk tipe kulit yang resistan ketika dipasangkan dengan serum. Masker jenis ini sangat efektif dan mudah digunakan. Caranya, oleskan pada satu wajah, secara perlahan, dan bersihkan setelah 30 menit. Dapat dikombinasikan dengan penggunaan pelembap setelah masker dibersihkan. Ingat, jangan dibersihkan menggunakan metode bilas, baik dengan air hangat ataupun lainnya.

  1. Exfoliating mask

Exfoliating mask dapat mengelupas sel-sel kulit mati yang membuat kusam dan membersihkan kotoran yang menyumbat pori-pori bagian dalam, karena memiliki kandungan asam hidroksi dan enzim buah-buahan. Selain itu, masker jenis ini juga berfungsi untuk mencerahkan kulit secara alami dan instan.

Sebagai tambahan, hindari penggunaan exfoliating mask lebih dari satu kali dalam seminggu. Selain itu, jangan lupa juga untuk mengoleskan pelembap setelah selesai menggunakan masker tersebut, karena memiliki efek samping menyebabkan kekeringan pada kulit.

2 of 3

Selanjutnya (2)

  1. Thermal mask

Masker jenis ini mengandung bahan yang menghasilkan panas ketika terkena udara, air, atau keduanya. Efek yang dihasilkan oleh thermal mask adalah membersihkan hingga ke bagian dalam, karena mampu membuka pori-pori dan meningkatkan sirkulasi darah.

  1. Peel off mask

Masker jenis ini menghilangkan semua yang berada di lapisan paling atas kulit, seperti sel kulit mati, debu, minyak, dan komedo. Peel off mask dapat digunakan untuk mencerahkan kulit secara instan.

  1. Hydrogel mask

Hydrogel mask memiliki lebih banyak pelembap dibandingkan gel biasa. Jenis masker ini sangat efektif untuk mengatasi garis-garis halus, kerutan, dan tanda-tanda penuaan lainnya. Bahkan, hydrogel mask juga dituding dapat mengurangi kemerahan pada kulit yang disebabkan oleh peradangan.

  1. Water sleeping mask

Water sleeping mask biasanya digunakan di malam hari ketika hendak tidur. Fungsi dari masker jenis ini adalah untuk meremajakan, menghidrasi, dan melembapkan kulit secara menyeluruh, sehingga kulit akan tampak kenyal, awet muda, dan lembut keesokan harinya.

  1. Vitamin C mask

Vitamin C, asam askorbat, dan AHA merupakan beberapa bahan terbaik untuk memperbaiki masalah penuaan. Dengan bertambahnya usia, kapasitas kulit untuk memproduksi kolagen juga semakin menurun. Hal ini membuat tanda-tanda penuaan muncul. Untungnya, semua masalah tersebut dapat diatasi dengan penggunaan masker vitamin C secara rutin dan teratur.

Sesuaikan jenis masker yang Anda pilih dengan jenis kulit, kebutuhan, dan tujuan awal saat hendak menggunakannya. Jika Anda membeli masker tersebut dalam bentuk kemasan, jangan lupa untuk membaca aturan, dosis, dan saran penggunaan. Dengan demikian, masker wajah yang Anda beli benar-benar dapat memberikan hasil yang diharapkan.

(NB/ RVS)

Lanjutkan Membaca ↓