Tips Latihan Yoga untuk Pemula

Oleh dr. Andika Widyatama pada 24 Mar 2019, 08:00 WIB
Anda baru mau mencoba olahraga yoga? Coba simak tips latihannya berikut ini untuk memperoleh manfaat kesehatan yang maksimal.
Tips Latihan Yoga untuk Pemula (Pixel-Shot/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Yoga sudah menjadi salah satu jenis olahraga rutin yang dipilih sebagian orang, baik dari kalangan orang dewasa maupun anak muda. Ada yang melakukannya sendiri di rumah, ada pula yang berkelompok dan melakukannya di pusat kebugaran.

Rasanya bukan hal sulit saat ini untuk mencari tempat-tempat yang menyediakan latihan yoga. Bahkan, banyak jenis yoga yang sudah populer di tengah masyarakat, di antaranya bikram yoga, asthanga, hatha, acro, dan iyengar (diperuntukan untuk ibu hamil).

Kepopuleran yoga pun turut menumbuhkan banyak komunitas yoga di berbagai daerah. Manfaat yoga yang sangat baik bagi kesehatan tubuh juga semakin menarik orang untuk mendalami jenis olahraga ini.

Mengenal yoga dan manfaatnya

Faktanya, yoga merupakan jenis aktivitas fisik yang sudah ada sejak lama. Yoga diawali dari kebudayaan India kuno yang muncul sekitar 3000 SM dan dipercaya sebagai sistem kesehatan yang menyeluruh atau holistik. Tidak hanya berkaitan dengan kesehatan tubuh seseorang, yoga juga memberi efek spiritual.

Pada akhirnya, yoga dapat menimbulkan rasa damai pada seseorang yang melakukannya. Berbeda dengan jenis olahraga lainnya, yoga terdiri dari kombinasi latihan pernapasan, beberapa gerakan dan postur, serta meditasi.

Yoga juga memiliki pola latihan yang fokus pada kekuatan otot dan fleksibilitas atau kelenturan dibandingkan latihan aerobik. Dengan demikian, aspek penting dari yoga bukan latihan ketahanan jantung dan paru.

Tapi jangan salah. Yoga juga tetap memiliki manfaat bagi kesehatan jantung dan paru. Selain itu, olahraga yang tengah naik daun juga bermanfaat bagi kesehatan mental.

Pada beberapa penelitian menyatakan bahwa melakukan yoga dapat membantu dalam mengatasi serangkaian masalah kesehatan seperti tekanan darah tinggi, radang sendi (osteoarthritis), asma, peningkatan kadar gula, hingga mengatur berat badan dan menguatkan keseimbangan tubuh.

Di samping itu, yoga juga dapat menurunkan risiko depresi dan kecemasan, meningkatkan daya ingat dan konsentrasi, serta meningkatkan persepsi yang baik dalam diri seseorang.

1 of 3

Tips bagi Anda yang baru akan memulai latihan yoga

Dengan begitu banyak manfaat kesehatan yang diperoleh, alangkah baiknya bila Anda mencoba untuk melakukan latihan yoga. Berikut adalah beberapa tips latihan yoga untuk para pemula.

  • Cari informasi yang memadai

Sebelum mencoba latihan, Anda bisa bertanya-tanya terlebih dahulu kepada orang yang sudah lebih dulu melakukan yoga, misalnya saudara, teman, atau mungkin instruktur yoga.

Anda bisa menanyakan hal seperti pola latihan dan memilih tempat latihan yang sesuai.Di samping itu, mungkin Anda juga bisa mengajak teman atau kerabat untuk berlatih bersama, sehingga bisa saling memotivasi.

Pada kondisi kesehatan tertentu, misalnya sedang hamil, Anda bisa berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter, sebelum mulai berlatih yoga.

  • Coba berbagai jenis yoga

Dengan begitu banyak jenis yoga, tidak ada salahnya Anda mencoba satu persatu. Mencoba secara langsung membuat Anda dapat langsung merasakan sensasi latihan yoga dan manfaatnya bagi tubuh.

Anda bisa melakukannya secara bertahap, sampai menemukan yang paling cocok bagi target kesehatan. Mengingat Anda adalah pemula, jangan langsung melakukan gerakan-gerakan yoga yang ekstrem, ya.

Misalnya saja jika Anda menyukai gerakan yang dinamis, bisa mencoba acro yoga atau budokon yoga. Sedangkan, Anda bisa memilih iyengar yoga jika suka menggunakan peralatan tambahan dalam latihan, sehingga dapat menyempurnakan gerakan.

2 of 3

Selanjutnya

  • Sesuaikan waktu latihan

Durasi waktu latihan yoga dapat bervariasi pada setiap individu, tergantung tujuan dan kemampuan tubuh masing-masing. Namun, sebaiknya yoga dilakukan paling tidak 1 jam setiap sesinya, sebanyak 2 sampai 3 kali dalam seminggu.

Sesuaikan durasi waktu latihan dengan kemampuan Anda secara bertahap. Jika sudah merasa lelah atau sakit, jangan memaksakan diri. Jangan samakan kemampuan Anda dengan orang lain.

  • Siapkan peralatan sebelum latihan

Matras yoga adalah peralatan dasar yang biasanya digunakan untuk latihan yoga. Oleh karena itu, pastikan Anda berlatih yoga di atas matras. Gunakan matras dengan ukuran yang sesuai dan berbahan tidak licin.

Pemilihan bahan matras ini berguna untuk menurunkan risiko cedera saat latihan. Selain itu, gunakan pakaian yang tidak membatasi ruang gerak saat latihan. Terakhir, pastikan pula pakaian Anda menyerap keringat dengan baik.

  • Berlatih dengan instruktur yoga

Bila perlu, Anda bisa berlatih bersama instruktur yoga. Hal ini dapat dilakukan baik di rumah maupun di pusat kebugaran atau tempat yang menyediakan kegiatan latihan yoga. Pastikan Anda memilih instruktur yoga yang bersertifikat resmi.

Dengan begitu, sejak awal Anda bisa memperoleh bentuk latihan yang lebih terarah dan terstruktur, sesuai dengan kemampuan tubuh Anda.

Demikian beberapa tips latihan yoga untuk pemula. Tidak perlu ragu, cobalah yoga sebagai salah satu pilihan olahraga Anda. Tertarik untuk melakukannya? Jangan lupa perhatikan tips di atas, ya! Pelajari secara seksama dan tidak perlu terburu-buru. Nikmati prosesnya dan rasakan manfaatnya pada tubuh.

[NP/ RVS]

Lanjutkan Membaca ↓