Yoghurt Aneka Rasa, Amankah untuk Kesehatan?

Oleh dr. Atika pada 25 Mar 2019, 09:00 WIB
Yoghurt kini hadir dalam berbagai rasa yang menggoda! Tapi, amankah produk tersebut untuk kesehatan?
Yoghurt Aneka Rasa, Amankah untuk Kesehatan? (Artem Shevchenko/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Yoghurt makin populer sebagai asupan sehat. Anda kini bisa menemukan varian yoghurt yang beraneka ragam di pasaran, seperti minuman yoghurt (yoghurt drink) hingga yoghurt dengan berbagai rasa buah yang menggugah selera. Dengan begitu, penikmat yoghurt tidak perlu merasa bosan saat mengonsumsinya setiap hari.

Pertanyaannya, amankah produk yoghurt aneka rasa tersebut untuk kesehatan?

Manfaat yoghurt untuk kesehatan

Terdapat banyak nutrien penting yang terkandung di dalam yoghurt. Yoghurt sangat kaya akan protein dan vitamin B seperti B12. Selain itu, yoghurt menyimpan banyak kalsium dan vitamin D yang berguna untuk memperkuat tulang dan mencegah osteoporosis.

Yoghurt adalah salah satu sumber terbaik probiotik. Probiotik bekerja dengan cara mengubah susunan bakteri di saluran cerna. Probiotik dapat melawan bakteri “jahat” penyebab penyakit dan meningkatkan populasi bakteri “baik”. Tak hanya itu, probiotik dapat menghasilkan substansi yang bersifat antimikroba, misalnya imunoglobulin A.

Bila Anda berniat untuk mendapatkan probiotik dari yoghurt, pastikan Anda memilih varian yang tertera jelas mengandung bakteri aktif. Hal ini dikarenakan tidak semua yoghurt mengandung bakteri “baik”, dan proses pembuatan beberapa macam yoghurt dapat menyebabkan bakteri mati.

Yoghurt masa kini

Saat ini, yoghurt telah tersedia dalam berbagai bentuk kekentalan. Kemasannya pun sangat praktis untuk dibawa-bawa. Dengan begitu, yoghurt bisa menjadi camilan segar yang siap makan dalam kondisi apa pun.

Berbagai nutrien juga ditambahkan lebih banyak pada yoghurt. Contohnya adalah fortifikasi probiotik, serat, serta berbagai vitamin dan mineral. Pengental dan penstabil seperti gelatin dan pektin juga bisa ditambahkan demi memperoleh tekstur yang lebih kental dan rasa yang lebih kaya.

Tidak ketinggalan, yoghurt sudah dimodifikasi dengan berbagai potongan buah serta rasa-rasa yang menggoda selera. Modifikasi ini memengaruhi aroma dan tentu saja, ketertarikan untuk mengonsumsi yoghurt.

Pertanyaannya, amankah yoghurt aneka rasa tersebut? Jawabannya, yoghurt bermacam rasa tersebut aman untuk kesehatan asalkan Anda memperhitungkan komposisi gula yang ada di dalamnya.

Bagi Anda penggemar yoghurt aneka rasa, perlu mempertimbangkan seberapa banyak kandungan gula yang ada di dalamnya. Semakin banyak gula yang terkandung, maka akan semakin banyak kalori yang masuk ke tubuh. Ingat, asupan gula yang terlalu berlebihan dapat menimbulkan kegemukan hingga obesitas.

Kegemukan sendiri menjadi pintu atas berbagai penyakit metabolik lainnya. Berat badan berlebih telah lama diyakini sebagai salah satu faktor risiko berbagai penyakit berat. Sebut saja penyakit jantung koroner, stroke, dan diabetes mellitus.

Oleh karena itu, yang berbahaya bukanlah “aneka rasa” yang kini tersedia, melainkan kandungan gula yang ada di dalamnya. Setiap produk yoghurt memiliki kandungan gula yang berbeda-beda.

Sebagai tambahan, ada baiknya pula bila Anda memilih yoghurt dengan kandungan lemak yang paling sesuai untuk kebutuhan. Sebab, telah ada pilihan yoghurt yang rendah lemak hingga bebas lemak.

Jadi, apa rasa yoghurt favorit Anda? Stroberi, anggur, atau yang lainnya? Sebelum membeli yoghurt favorit Anda, jangan lupa untuk memperhitungkan komposisi gula dan lemak di dalamnya. Selalu pilih yang rendah gula agar tidak berdampak pada timbangan dan kesehatan.

[RS/ RVS]