Cara Mudah Hilangkan Kerutan di Ujung Mata

Oleh dr. Alberta Jesslyn Gunardi. BMedSc Hons pada 25 Mar 2019, 10:00 WIB
Semakin bertambah usia, semakin terlihat pula kerutan di ujung mata Anda. Berikut cara mudah hilangkan kerutan di ujung mata.
Cara Mudah Hilangkan Kerutan di Ujung Mata (Sruilk/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Seiring bertambahnya usia, kulit Anda akan kehilangan elastisitas. Faktor lingkungan serta genetika berperan dalam munculnya kerutan dini dan garis-garis halus di wajah seseorang, terutama di ujung mata.

Berikut adalah penyebab kerutan di ujung mata:

  1. Tidak memakai kacamata hitam

Jika Anda tidak memakai kacamata hitam untuk alasan apa pun, Anda akan memiliki kerutan di ujung mata Anda. Kerutan terbentuk karena berbagai alasan, salah satunya adalah gerakan wajah berulang yang seiring waktu memecah kolagen dan elastin di kulit. Ini terjadi setiap kali Anda menyipitkan mata karena Anda tidak mengenakan kacamata hitam.

  1. Menggosok mata terlalu keras

Apakah saat mengantuk, lelah, atau mata terasa gatal, Anda sering menggosok-gosok mata Anda? Kulit di sekitar mata Anda sangat tipis sehingga ketika Anda menggosoknya, kulit akan berkerut. Ini juga dapat terjadi ketika menghilangkan riasan mata Anda.

Jangan menghapus riasan mata Anda dengan kasar. Biarkan riasan sedikit larut dengan bantalan kapas yang ditutup dengan cairan pembersih sebelum Anda membersihkan sisa riasan Anda.

  1. Tidur dengan posisi miring atau tengkurap

Ketika Anda tidur miring atau tengkurap, sisi wajah Anda yang bertumpu di bantal ditekan selama berjam-jam dan dapat menjadi keriput. Cobalah tertidur telentang. Jika Anda merasa sulit, letakkan bantal di bawah lutut Anda, yang akan membantu Anda tetap di tempat dan tidak berguling ke perut Anda.

  1. Tidak menggunakan krim SPF

Matahari menyebabkan kulit Anda menua. Kulit di sekitar mata sangat tipis sehingga penuaan di sana lebih cepat daripada area lain di tubuh Anda. Paparan sinar matahari adalah salah satu alasan utama hancurnya kolagen dan elastin yang menyebabkan kerutan serta garis-garis halus di kulit Anda.

Akan tetapi, masih ada yang dapat Anda lakukan untuk menghilangkan kerutan di ujung mata ini. Berikut beberapa tipsnya:

  • Peeling (pengelupasan)

Pengelupasan kimia dapat diterapkan pada wajah untuk mengangkat sel kulit mati dan meningkatkan pertumbuhan sel baru. Pengelupasan tidak bisa merawat kerutan dalam atau mengencangkan kulit kendur, tapi dapat mengurangi munculnya garis-garis halus di sekitar mata.

  • Filler (pengisi)

Filler kulit disuntikkan ke kulit di bawah atau di sekitar mata untuk menghilangkan kerutan di ujung mata. Bahan pengisi ini bersifat sementara. Biasanya, hasilnya akan langsung terlihat dan dapat bertahan 6 bulan hingga 2 tahun.

  • Mikrodermabrasi

Mikrodermabrasi adalah prosedur yang populer dan invasif minimal yang digunakan untuk mengelupas kulit Anda. Prosedur ini digunakan pada area kulit sensitif, seperti mata. Mikrodermabrasi mendapatkan sel-sel kulit mati dan kusam dan meningkatkan sirkulasi ke area kulit yang terjadi kerutan.

  • Laser

Laser menjadi semakin populer sebagai perawatan untuk menghilangkan kerutan. Fractional laser adalah salah satu pilihan yang bekerja dengan memasukkan lubang mikroskopis ke dalam kulit untuk merangsang produksi kolagen dan elastin.

  • Hindari paparan sinar matahari

Dengan rajin menggunakan tabir surya dan topi, Anda dapat membantu mencegah pembentukan garis-garis halus dengan melindungi kulit Anda dari sinar UV. Selalu pakai SPF minimal 30 ketika Anda berada di luar, meskipun tidak terlalu panas.

  • Konsumsi makanan yang sehat

Vitamin C, vitamin A, dan vitamin E sering digunakan dalam produk perawatan kulit. Dengan memasukkan makanan yang kaya vitamin ini ke dalam makanan, Anda akan membantu kulit untuk membentuk sel-sel baru yang sehat. Konsumsilah buah jeruk, wortel, dan labu untuk menambah jumlah vitamin ini dalam porsi makanan Anda.

Tidak ada yang salah dengan kerutan di ujung mata Anda. Gunakan cara alami seperti produk perawatan kulit, perlindungan dari sinar UV, dan gaya hidup sehat untuk menghindari Anda dari kerutan-kerutan di wajah terutama di ujung mata. Berkonsultasilah dengan dokter atau dokter kulit jika Anda merasa kerutan-kerutan tersebut bermasalah.

[HNS/ RVS]