5 Cara Tepat Merawat Kulit Sensitif

Oleh dr. Theresia Rina Yunita pada 27 Mar 2019, 08:00 WIB
Kulit sensitif tidak boleh diperlakukan sembarangan. Ini cara tepat untuk merawatnya agar senantiasa sehat.
5 Cara Tepat Merawat Kulit Sensitif (YAKOBCHUK VIACHESLAV/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Apakah Anda memiliki kulit yang sensitif? Awas, jangan diperlakukan sembarangan jika tak ingin mengalami berbagai gangguan kesehatan. Ya, kulit sensitif termasuk sebagai jenis kulit yang membutuhkan perawatan khusus. Sebab, jenis kulit yang satu ini sangat mudah terpengaruh oleh berbagai hal yang ada di sekitarnya, seperti sinar ultraviolet, suhu udara, bahkan produk kecantikan yang Anda gunakan.

Lantas, harus bagaimana supaya kulit senitif senantiasa sehat dan terawat? Tenang, Anda tak perlu panik. Berikut adalah cara tepat merawat kulit sensitif yang dapat Anda jadikan sebagai panduan:

  1. Wajib gunakan pelembap

Kekeringan pada kulit yang sensitif dapat menyebabkan berbagai keluhan, seperti perih, gatal, mengelupas, kemerahan, bahkan kekusaman. Selain itu, kekeringan juga akan membuat kulit Anda semakin sensitif.

Nah, sebagai upaya mencegah itu semua, penggunaan pelembap di pagi dan malam hari adalah hal wajib yang perlu dilakukan oleh pemilik kulit sensitif. Dengan menggunakan pelembap, kulit yang sensitif akan senantiasa terhidrasi.

Adapun jenis pelembap yang dapat digunakan, yaitu yang memiliki label berbahan minyak zaitun, minyak jojoba, urea, asam hialuronat, dimetikon, gliserin, lanolin, atau petrolatum. Hindari pelembap yang mengandung zat pewarna, pewangi, ataupun pengawet. Zat kimia tersebut dapat memicu iritasi pada kulit sensitif.

  1. Oleskan tabir surya alias sunblock secara berkala

Paparan sinar ultraviolet pada kulit sensitif sangat mungkin untuk memicu peradangan dan kerusakan. Supaya tidak berakhir pada kondisi tersebut, pemilik kulit sensitif wajib menggunakan tabir surya dengan SPF 30.

Tabir surya sangat baik untuk diaplikasikan ulang setiap 2 jam sekali dan digunakan di setiap kesempatan. Ini artinya, sekalipun Anda hanya beraktivitas di dalam rumah saja, tabir surya tetap wajib untuk digunakan. Karena pada dasarnya, sinar ultraviolet mampu menyusup masuk ke dalam rumah secara diam-diam. Anda tak ingin mengalami photo aging gara-gara sering terpapar sinar ultraviolet, bukan?

  1. Hindari mandi terlalu lama

Hindari mandi terlalu lama, apalagi hingga berendam berjam-jam menggunakan air hangat. Faktanya, mandi, mencuci wajah, atau berendam terlalu lama ―apalagi menggunakan air hangat― dapat merusak kelembapan alami kulit, sehingga kulit menjadi kering dan mudah iritasi.

  1. Perbanyak konsumsi buah, sayur, dan air putih

Buah dan sayur mengandung sejumlah vitamin yang mampu memperbaiki struktur kulit sensitif. Jika bukan pecinta sayur dan buah, Anda dapat mengonsumsi suplemen atau vitamin yang mengandung antioksidan, vitamin C, vitamin E, vitamin A dan lainnya. Namun sebelum itu, jangan lupa untuk berkonsultasi lebih lanjut pada dokter untuk mengetahui dosis dan saran konsumsi yang tepat.

Satu hal lagi yang tak kalah penting adalah minum air putih setidaknya 8 gelas dalam sehari. Dengan begitu, kebutuhan cairan tubuh Anda akan senantiasa terpenuhi, sehingga kulit akan akan terjaga kelembapannya.

  1. Terapkan gaya hidup sehat dan rutin olahraga

Gaya hidup dan pola makan sehat adalah dua hal penting untuk memiliki kondisi kulit yang sehat maupun terawat. Manfaat keduanya untuk merawat kulit sensitif akan menjadi lebih efektif bila dikombinasikan dengan olahraga secara rutin dan teratur, istirahat yang cukup, serta manajemen stres yang baik.

Selain tips di atas, Anda yang memiliki kulit sensitif juga sebaiknya memilih jenis produk perawatan yang berlabel “hypoallergenic”. Label tersebut menandakan bahwa produk perawatan kulit terkait tidak menyebabkan reaksi alergi atau iritasi. Jika Anda masih ragu atau menemukan kesulitan dalam merawat dan “menjinakkan” kulit sensitif, jangan ragu untuk berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter spesialis kulit. Selamat mencoba!

(NB/ RVS)