Tak Merawat Kulit Area Tubuh Ini Bikin Anda Tampak Lebih Tua

Oleh Ruri Nurulia pada 28 Mar 2019, 17:15 WIB
Selain wajah, tidak merawat kulit area tubuh ini bisa membuat tampilan Anda tampak tua lebih cepat. Ini ulasannya!
Tak Merawat Kulit Area Tubuh Ini Bikin Anda Tampak Lebih Tua (Aslysun/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Untuk urusan perawatan kecantikan, kebanyakan orang fokus pada wajah dan/atau tangan dan kaki. Pencarian produk yang tepat pun seakan tak pernah berakhir, mulai dari pelembap, serum, toner, pembersih wajah, tabir surya, masker, dan masih banyak lagi. Namun, ada area tubuh yang sering kali terlupakan, yaitu leher dan dada alias décolletage. Padahal, tidak merawat kulit area tersebut juga membuatnya rentan terhadap kerusakan akibat sinar matahari dan penuaan dini.

Faktanya, leher tidak mendapat perhatian sebanyak wajah, padahal kulit leher juga mengalami penuaan seperti kulit wajah. Selain faktor fisiologis usia, banyak faktor lain yang menyebabkan terjadinya penuaan. Contohnya, paparan sinar matahari yang tidak hanya mengenai kulit wajah, tetapi juga kulit area leher dan dada, sehingga komponen kulit tersebut menjadi rusak dan menua.

“Agak ironis memang bahwa banyak orang yang mengabaikan area tubuh tersebut, padahal area tersebut juga diketahui paling rapuh,” kata Nicola Weir, ahli estetika holistik asal Amerika Serikat sekaligus pendiri Pacific Touch NYC, kepada Mind Body Green.

“Kulit area tersebut lebih tipis, kolagennya tak sebanyak di pipi dan wajah. Karena kelenjar minyaknya (sebaceous) lebih sedikit, kelembapan dan perlindungan alaminya pun lebih sedikit,” lanjutnya.

Kecuali Anda selalu berpakaian tertutup atau menggunakan pakaian model turtleneck alias baju berkerah tegak setiap hari, area décolletage yang sering terpapar sinar matahari bisa mengalami garis-garis halus, hiperpigmentasi, serta masalah kulit lainnya.

Kabar baiknya, tak ada kata terlambat untuk melindungi area leher dan dada dari gangguan kulit dan penuaan dini. Berikut ini tipsnya.

1. Pentingnya hidrasi

Anda bisa menggunakan serum dan pelembap wajah untuk area leher dan dada untuk menghidrasi sekaligus melindungi dari garis halus dan hilangnya elastisitas. Alternatif lainnya, Anda juga bisa menyemprot leher dan dada dengan mist, seperti rosewater mist, lalu lanjutkan dengan aplikasi minyak, seperti minyak jojoba, setelah dibersihkan. Kondisi kulit yang lembap mampu menyerap kelembapan dari minyak dan pelembap lebih banyak.

Selain itu, dr. Adeline Jaclyn dari KlikDokter juga merekomendasikan untuk memanfaatkan ritual sheet mask Anda.

“Jika ada sisa essence yang tertinggal di dalam kemasan, jangan sia-siakan. Anda bisa mengoleskannya di leher, dada, atau bagian tubuh lainnya seperti tangan dan kaki untuk mendapatkan manfaat yang sama,” kata dr. Adeline berbagi tip.

1 of 3

Selanjutnya

2. Leher dan dada juga butuh tabir surya

Umumnya sebagian besar orang yang mengoleskan tabir surya di wajah. Kalaupun mencapai leher, itu pun hanya ditepuk-tepuk saja dan pengolesannya asal-asalan. Padahal, area ini butuh perlindungan tabir surya secara merata.

“Daerah leher, dada, termasuk punggung sering kali terpapar sinar matahari secara langsung. Ini dapat meningkatkan risiko kanker kulit serta gangguan kulit lainnya. Karenanya, gunakan tabir surya dengan SPF 30 pada bagian leher, dada, dan punggung, terutama saat mengenakan pakaian yang tidak menutupi area tersebut,” jelas dr. Adeline.

Untuk bagian tubuh tersebut, Nicola merekomendasikan Anda untuk memilih tabir surya yang memiliki kandungan pelembap dan antioksidan sebagai hidrasi ekstra dan fotoproteksi (perlindungan kulit dari kerusakan akibat sinar ultraviolet). Carilah kandungan seperti aloe vera, minyak biji bunga matahari, serta tumbuhan kaya akan antioksidan lainnya seperti delima, rosehip, sea buckthorn, dan elderberry.

3. Perlu eksfoliasi juga

Pengelupasan kulit (eksfoliasi) dan penggunaan masker juga bisa meningkatkan kesehatan dan tampilan kulit leher dan dada. Saat menggunakan produk eksfoliasi maupun masker, aplikasikan juga ke leher dan belahan dada.

“Tak perlu sampai berlebihan. Jika kulit Anda cenderung sangat kering, eksfoliasi sangat baik karena dapat melarutkan sel-sel kulit mati dan membuat kulit lebih reseptif untuk menyerap produk perawatan yang digunakan,” kata Nicola.

Untuk masker, pilihlah masker dengan fungsi melembapkan atau hidrasi untuk area leher dan dada. Namun, jika Anda punya masalah jerawat di kulit leher atau dada, Anda bisa mencoba clay mask untuk membantu membersihkan kotoran.

Pastikan untuk menyiapkan semprotan air untuk menghindari masker benar-benar mengering, yang akan membuat kulit terlalu kering. Anda bisa melakukan ritual ini paling tidak seminggu sekali.

2 of 3

Selanjutnya

4. Ganti sabun dengan pembersih wajah

Kalau mandi, ya, pakai sabun mandi—itu logika umumnya. Namun, sayangnya Anda disarankan untuk tidak menggunakan sabun mandi untuk leher dan dada.

Berdasarkan penjelasan Nicola, sabun mandi secara tradisional cukup basa dan bisa bikin kulit kering. Sehingga, Anda bisa menghilangkan minyak alami di area yang tak menghasilkan banyak minyak tersebut.

Sebagai gantinya, Nicola menganjurkan Anda untuk menggunakan pembersih wajah (facial cleanser) untuk area leher dan dada. Gunanya untuk membersihkan kotoran sekaligus menjaga minyak alami kulit, sehingga kulit tidak terlalu kering atau mengganggu lapisan kulit terluar (dikenal juga sebagai barrier, moisture barrier, lipid barrier, atau stratum corneum).

5. Batasi penggunaan gawai

Eh, apa pengaruhnya? Menurut dr. Melyawati Hermawan, Sp.KK, kepada KlikDokter, tanpa sadar Anda menggunakan berbagai perangkat elektronik untuk menunjang kegiatan sehari-hari, misalnya smartphone atau komputer.

“Posisi leher yang menunduk saat memandang ke layar smartphone atau komputer, lama-kelamaan akan menyebabkan kulit leher dan dada yang terpapar kendur, menggantung, serta timbul garis kerutan,” jelas dr. Melyawati.

Oleh karena itu, ia menyarankan untuk memperbaiki postur tubuh dengan cara membiasakan diri untuk duduk dalam posisi tegak, sehingga posisi leher ikut tegak. Selain itu, tidurlah dengan menggunakan bantal yang tidak terlalu tinggi serta berolahraga secara rutin dan teratur.

Jadi, mulai sekarang jangan lagi mengabaikan area tubuh décolletage alias leher dan dada. Ingat, kulit di area tersebut juga sama rentannya terhadap kerusakan akibat sinar matahari dan menjadikan kulit tampak tua lebih cepat. Jadi berikan perhatian dan perawatan juga untuk kulit pada area tersebut.

[RVS]

Lanjutkan Membaca ↓