Haid Bikin Rentan Sakit Kepala, Bisakah Dicegah?

Oleh dr. Astrid Wulan Kusumoastuti pada 29 Mar 2019, 13:00 WIB
Haid dan sakit kepala adalah dua kondisi yang sulit dipisahkan, namun bisa dicegah dengan melakukan kiat sederhana ini.
Haid Bikin Rentan Sakit Kepala, Bisakah Dicegah? (BUNDITINAY/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Ada kalanya wanita merasa cemas saat mendekati waktunya datang bulan. Hal ini dikarenakan haid tidak hanya menyebabkan gejala nyeri perut, tapi juga sakit kepala. Dalam dunia medis, sakit kepala saat haid dikenal dengan menstrual migraine.

Menurut data yang ada, setidaknya terdapat 60% wanita yang merasakan sakit kepala saat haid. Kondisi ini terjadi akibat jumlah hormon estrogen dan progesteron yang menurun drastis menjelang waktu datangnya haid.

Meski risiko terjadinya sakit kepala saat haid cenderung tinggi, Anda tidak perlu terlalu khawatir. Pada dasarnya, sakit kepala saat haid bisa dicegah. Beberapa kiat yang bisa Anda lakukan untuk mencegah sakit kepala saat haid adalah sebagai berikut:

  1. Rutin berolahraga

Olahraga membawa manfaat besar bagi kesehatan tubuh Anda. Salah satunya untuk mencegah terjadinya sakit kepala saat haid. Jenis olahraga yang bisa Anda lakukan adalah latihan intensitas sedang, seperti jalan kaki, bersepeda, atau berenang. Kalaupun nantinya mengalami sakit kepala, keluhannya tidak separah dibandingkan jika Anda tidak berolahraga.

  1. Cukup tidur

Anda sering begadang? Atau Anda tidak pernah mendapatkan waktu tidur yang cukup dalam sehari? Jika ya, tak heran jika Anda kerap mengalami sakit kepala saat haid. Fakta menyebutkan bahwa kekurangan waktu tidur dapat meningkatkan risiko sakit kepala saat haid. Untuk itu, pastikan Anda tidur cukup, yakni 7 hingga 8 jam dalam sehari.

  1. Manajemen stres

Sakit kepala, baik saat haid maupun di kondisi lainnya, bisa terjadi jika Anda mengalami stres berat yang berkepanjangan. Karena itu, untuk mencegah sakit kepala saat haid, cara paling tepat yang bisa dilakukan adalah dengan mengelola stres supaya kondisi tersebut tidak terjadi secara terus-menerus. Beberapa cara yang bisa Anda coba untuk mengusir stres, misalnya bermeditasi, yoga, atau melakukan hobi positif yang disenangi.

  1. Perhatikan asupan makanan sehari-hari

Anda pernah mengalami sakit kepala setelah mengonsumsi makanan tertentu? Jika begitu, hindari makan makanan tersebut selama beberapa waktu untuk melihat apakah benar mereka memicu sakit kepala Anda. Beberapa makanan yang berkaitan dengan sakit kepala, termasuk cokelat, kafein, alkohol, pemanis buatan seperti aspartame, daging olahan, dan keju.

  1. Atur pola makan

Memaksakan diri untuk terus-menerus merasa kelaparan bisa membuat Anda sakit kepala, termasuk saat haid. Karena itu, pastikan Anda tidak berada di posisi itu. Caranya adalah dengan mengatur pola makan dengan menu bergizi seimbang. Selingi waktu makan Anda dengan mengonsumsi camilan yang sehat, seperti buah-buahan.

Itu dia kiat-kiat yang bisa Anda lakukan untuk mencegah sakit kepala saat haid. Namun, jika keluhan sudah telanjur terjadi, lakukan ini untuk mengatasinya:

  • Konsumsi obat antinyeri seperti ibuprofen yang dijual bebas. Perhatikan anjuran dosis dan indikasi yang tertulis di label kemasan.
  • Minum cukup air putih, supaya tubuh tetap terhidrasi dengan baik.
  • Hindari minuman berkafein, seperti kopi atau teh.
  • Hindari menghirup bau yang terlalu menyengat.
  • Hindari cahaya yang terlalu terang.

Anda juga bisa mencatat kapan saja waktu kemunculan sakit kepala saat haid. Jika dirasa sangat sering atau sangat parah sehingga Anda harus berobat, tunjukkan catatan tersebut kepada dokter untuk membantu proses diagnosis. Dengan begitu, dokter bisa mengetahui penyebab pasti dan cara terbaik untuk mengatasi keluhan sakit kepala Anda.

[RS/ RVS]