6 Makanan Pemicu Asam Urat

Oleh dr. Astrid Wulan Kusumoastuti pada 29 Mar 2019, 17:15 WIB
Asam urat tinggi bisa dipicu akibat salah mengonsumsi makanan. Apa saja makanan yang dapat meningkatkan asam urat?
6 Makanan Pemicu Asam Urat (Nadianb/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Tidak ada seorangpun yang ingin mengalami penyakit asam urat. Hal ini karena penyakit asam urat bisa membuat penderitanya mengalami berbagai keluhan seperti sendi terasa nyeri, bengkak, merah, dan teraba panas. Sejumlah kondisi tersebut dapat menganggu aktivitas bahkan hingga menurunkan kualitas hidup penderita asam urat.

Perlu diketahui bahwa asam urat tinggi dalam tubuh bisa dipicu akibat salah mengonsumsi makanan. Fakta mengungkap, faktor utama penyebab penyakit asam urat adalah hiperuresemia. Kondisi tersebut merupakan keadaan ketika kadar asam urat di dalam tubuh meningkat tajam.

Hal paling utama yang melatari terjadinya hiperuresemia adalah mengonsumsi makanan yang tinggi purin. Beberapa makanan yang termasuk kategori tersebut, di antaranya:

1. Jeroan

Tidak ingin asam urat melonjak? Hindari makan aneka hidangan yang berbahan hati, babat, kikil dan semua jenis makanan yang tergolong sebagai jeroan. Hal ini karena 100 gram jeroan mengandung sekitar 100 hingga 1000 miligram purin. Sungguh jumlah yang tinggi, bukan?

2. Kerang

Kerang merupakan makanan dengan kandungan purin yang tinggi. Jika Anda adalah pecinta jenis seafood yang satu ini, sebaiknya benar-benar batasi konsumsinya agar tidak berlebihan. Karena, 1 gram kerang mengandung sedikitnya 136 miligram purin di dalamnya.

3. Daging merah

Apakah Anda penyuka steak? Waspada, daging merah yang menjadi bahan dasar steak yang kerap Anda konsumsi mengandung kadar purin yang tidak sedikit. Dalam 100 gram daging merah, kandungan purin di dalamnya adalah 9 hingga 100 miligram.

1 of 2

Selanjutnya

4. Ikan sarden

6 Makanan Pemicu Asam Urat (Nadiia-Loboda/Shutterstock)
6 Makanan Pemicu Asam Urat (Nadiia-Loboda/Shutterstock)

Sarden kalengan memang makanan yang praktis dan rasanya relatif enak. Akan tetapi, bagi Anda yang hobi mengonsumsi jenis makanan ini, sebaiknya lebih berhati-hati mulai sekarang. Pasalnya, ikan sarden termasuk ke dalam lini makanan yang mengandung kadar purin tinggi sehingga mampu menyebabkan peningkatan asam urat di dalam tubuh.

5. Susu tinggi lemak

Susu dengan kandungan lemak tinggi seperti full cream atau whole milk, serta produk olahannya seperti keju mengandung kadar purin yang tinggi. Oleh karena itu, kadar asam urat bisa saja melonjak, apalagi bila dikonsumsi berlebihan oleh Anda yang sebelumnya sudah mengalami penyakit asam urat.

6. Minuman beralkohol

Bir dan minuman beralkohol sejenisnya telah terbukti dapat menyebabkan peningkatan kadar asam urat di dalam tubuh. Parahnya lagi, alkohol yang masuk ke dalam tubuh melalui minuman tersebut akan diubah menjadi asam laktat, yang merupakan zat penghambat pembuangan asam urat oleh ginjal.

Bagi Anda yang tak ingin mengalami asam urat tinggi, perhatikan lagi makanan yang dikonsumsi sehari-hari. Apakah menu makan Anda cenderung terdiri dari asupan yang mengandung kadar purin tinggi? Jika ya, sebaiknya segera ganti dengan menu yang lebih sehat.

Beberapa pilihan menu yang tergolong ramah bagi asam urat adalah sebagai berikut:

  • Buah-buahan segar, seperti ceri, jeruk, dan lainnya
  • Segala jenis sayuran, termasuk kentang, terong, dan sayuran berdaun hijau gelap
  • Kacang-kacangan, kedelai, dan tahu
  • Minyak nabati, seperti minyak zaitu, minyak biji bunga matahari, dan minyak kanola
  • Gandum utuh, seperti oat, dan nasi beras merah

Mulai saat ini, mulailah perbaiki menu makan sehari-hari agar asam urat di dalam tubuh tidak lagi melonjak tinggi. Apabila gejala asam urat masih terjadi padahal Anda sudah menghindari makanan yang tinggi purin, sebaikya segera periksakan diri ke dokter untuk mendapatkan pemeriksaan lebih lanjut. Jangan biarkan gejala asam urat berlanjut sehingga menurunkan kualitas hidup Anda.

[RVS]

Lanjutkan Membaca ↓