5 Kiat Mencegah Tertular Flu Saat Naik MRT

Oleh Ayu Maharani pada 31 Mar 2019, 13:00 WIB
Makin banyak orang naik MRT, makin besar pula kemungkinan Anda tertular flu dari penumpang lainnya. Ini kiat mencegahnya!
5 Kiat Mencegah Tertular Flu Saat Naik MRT (YIUCHEUNG/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Hari ini merupakan hari terakhir uji coba MRT. Biasanya, antusiasme warga akan menumpuk pada hari terakhir. Warga dari berbagai wilayah pun berbondong-bondong mencoba moda transportasi baru tersebut. Nah, semakin banyak orang yang berkumpul, maka semakin besar pula kemungkinan Anda tertular penyakit, misalnya flu, seperti saat naik MRT.

Sebagai langkah antisipasi, Anda pun harus melindungi diri agar tak tertular penyakit tersebut. Ini kiat mencegah tertular penyakit saat naik MRT:

  • Hindari kontak dengan orang yang sedang sakit

Naik MRT bisa jadi ajang berkenalan dengan orang-orang baru. Namun, sebaiknya Anda tidak berinteraksi dengan orang yang terlihat sedang flu. Hal tersebut dibenarkan oleh dr. Dyan Mega Inderawati dari KlikDokter. Sebab, kontak dengan orang yang sedang flu akan membuat Anda mudah tertular.

Ingat, virus flu bisa menyebar lewat udara dan partikel cairan yang keluar saat penderita batuk atau bersin (droplet). Jadi, hati-hatilah berinteraksi dengan penderita flu, khususnya jika daya tahan tubuh Anda sedang menurun dan penderita tak menggunakan masker.

  • Gunakan masker

Memakai masker dapat dijadikan alternatif untuk melindungi diri dari flu. Namun, baiknya jangan menggunakan masker secara berulang, apalagi jika masker tersebut “bekas” dipakai saat berkendara dengan motor atau dipakai di daerah berpolutan. Masker yang sudah dipakai berkali-kali efektivitasnya akan berkurang. Selain itu, saat masker sudah basah, sebaiknya Anda juga menggantinya.

Pada orang yang memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah, mengenakan masker bisa mencegahnya tertular beragam penyakit. Sedangkan, pemakaian masker pada penderita penyakit bertujuan untuk meminimalkan semburan droplet saat dirinya batuk ataupun bersin.

  • Cuci tangan setelah naik MRT

Tangan bisa menjadi sarang kuman ketika Anda memegang benda-benda di fasilitas umum seperti MRT. Beberapa penyebab penyakit seperti sakit diare, infeksi saluran pernapasan, dan penyakit mata sangat mudah menempel di tangan Anda.

Oleh sebab itu, usai naik kereta, sebaiknya cuci tangan dengan air bersih yang mengalir dan sabun untuk membunuh kuman yang menempel di tangan. Bila perlu, selalu bawa hand sanitizer atau tisu basah ke mana pun Anda pergi, jaga-jaga tempat cuci tangan yang layak tidak tersedia.

  • Selalu menjaga asupan cairan

Sebelum dan sesudah naik MRT, usahakan penuhi kebutuhan cairan dengan minum air putih. Berdasarkan penjelasan dari dr. Astrid Wulan Kusumoastuti dari KlikDokter, umumnya pria dewasa membutuhkan setidaknya 2,5–2,6 liter air atau sekitar 8 gelas air putih setiap harinya. Sedangkan wanita dewasa membutuhkan 2,3 liter air atau setara 7 gelas setiap hari. Perkiraan ini belum termasuk perhitungan aktivitas dan kebutuhan yang berbeda pada setiap individu.“Memenuhi kebutuhan cairan tubuh setiap hari dengan minum air putih memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, terutama daya tahan tubuh. Cairan yang cukup akan membuat Anda berpikir lebih jernih, fokus, memelihara fungsi pencernaan, ginjal, peredaran darah, dan masih banyak lagi,” papar dr. Astrid.

  • Isi perut dengan makanan bergizi

Entah itu sebelum ataupun sesudah naik MRT, bila Anda ingin memiliki kondisi tubuh yang kuat, sehat, dan tak mudah sakit, Anda disarankan untuk mengonsumsi makanan sehat bergizi lengkap.

“Konsumsilah berbagai makanan bergizi seimbang seperti ikan, daging, dan telur. Kurangi makanan dengan kadar lemak saturasi yang tinggi. Konsumsi juga berbagai sayur dan buah agar kebutuhan vitamin dan mineral ikut terpenuhi,” kata dr. Alvin Nursalim, Sp.PD, dari KlikDokter menambahkan.

Jika usai naik MRT badan mulai terasa tak enak, cobalah konsumsi sup hangat untuk membantu meredakan gejala tersebut.

Flu termasuk penyakit yang penularannya sangat mudah. Karenanya, lindungi diri Anda saat naik MRT dengan melakukan kiat-kiat mencegah tertular flu seperti yang dijabarkan di atas. Jika sebelum naik MRT badan rasanya sudah tak enak, misalnya meriang, pusing, atau mengalami batuk dan pilek, baiknya kenakan masker atau lebih baik lagi tunda saja dulu rencana perjalanan Anda sampai kondisi tubuh kembali fit.

(RN/ RVS)