Gigi Pria Lebih Rapuh daripada Gigi Wanita? Ini Faktanya
searchtext customer service

Gigi Pria Lebih Rapuh daripada Gigi Wanita?

Gigi rapuh bisa terjadi kepada siapa saja. Namun, benarkah gigi pria lebih rapuh daripada gigi wanita?
Gigi Pria Lebih Rapuh daripada Gigi Wanita?

Gigi memiliki peranan penting dalam berbagai aktivitas, seperti menggigit, mengunyah makanan, dan berbicara.

Meskipun gigi adalah bagian terkeras dari tubuh manusia, gigi bisa saja rapuh. Agar gigi rapuh tidak menghampiri, kesehatan dan kebersihannya harus dijaga dengan baik.

Gigi rapuh bisa terjadi pada siapa saja. Umumnya penyebab gigi rapuh adalah terkikisnya lapisan pelindung gigi (enamel) yang dipicu oleh suatu zat asam.

Selain itu, gigi rapuh dapat muncul karena kondisi mulut kering, penyakit lambung, konsumsi obat-obatan tertentu, ataupun gaya hidup.

Lalu, apakah kondisi kesehatan gigi pria dan wanita itu sama? Dan benarkah anggapan bahwa gigi pria lebih rapuh ketimbang gigi wanita? Simak faktanya di sini.

1 dari 3

Penyebab Gigi Rapuh pada Pria

Penyebab Gigi Rapuh pada Pria
loading

Kesehatan gigi dan mulut yang baik, salah satunya dipengaruhi oleh gaya hidup seseorang. Anggapan jika pria lebih rentan mengalami gigi rapuh bisa terjadi karena hal ini.

Sebab merokok, minum kopi atau alkohol secara rutin, umumnya lebih banyak dilakukan oleh para pria. Kebiasaan-kebiasaan tersebut pada akhirnya akan berdampak pada kesehatan gigi pria.

Penelitian di Indonesia menunjukkan bahwa jumlah perokok aktif di Indonesia lebih banyak adalah kaum pria.

Artikel Lainnya: Gigi Rapuh, Tanda Penyakit Kronis?

Kebiasaan merokok dapat mengganggu kesehatan tubuh, seperti jantung dan paru-paru serta kesehatan gigi.

Sementara itu, dampak kebiasaan merokok terhadap rongga mulut yang paling sering dijumpai adalah penyakit jaringan periodontal, yang meliputi gusi dan tulang alveolar.

Merokok menyebabkan fungsi sel di dalam gusi menjadi terganggu, sehingga gusi menjadi rentan terkena penyakit gusi akibat aliran darah di gusi tidak lancar.

Selain itu, para perokok berisiko lebih besar terkena kanker mulut dan kanker nasofaring dibandingkan mereka yang tidak merokok. Penggunaan pipa atau cerutu saat merokok juga berisiko menyebabkan kanker dan penyakit gusi.

2 dari 3

Bagaimana dengan Wanita?

Bagaimana dengan Wanita?
loading

Meskipun menurut sejumlah penelitian gigi pria lebih rapuh daripada wanita, bukan berarti gigi wanita tak rentan mengalami kerapuhan.

Berikut beberapa faktor yang dapat membuat gigi wanita menjadi rapuh:

1. Komposisi dan Banyaknya Air Ludah

Air ludah berperan penting dalam pencegahan karies. Fungsi air ludah, antara lain membilas rongga mulut dari sisa makanan, menetralkan keasaman rongga mulut, dan melakukan remineralisasi di dalam mulut.

Di dalam air ludah terdapat komponen IgA yang merupakan antibodi untuk melindungi gigi dari karies. Namun, adanya perubahan hormonal pada wanita menyebabkan kadar IgA rendah sehingga lebih rentan terjadi penyakit mulut, termasuk gigi rapuh.

Artikel Lainnya: Sering Muntah Bisa Menyebabkan Gigi Rapuh, Ini Penjelasannya

2. Proses Kehamilan

Kehamilan juga bisa menjadi salah satu penyebab gigi rapuh pada wanita. Ini karena tubuh wanita mengalami beberapa penyesuaian saat hamil.

Perubahan yang dimaksud, seperti penurunan daya tahan tubuh, keinginan untuk ngemil atau makan sesuatu, peningkatan hormon, perubahan komposisi air ludah, dan perubahan psikis lain yang menyebabkan gigi menjadi rentan dengan karies.

Pada wanita hamil, produksi air ludah juga berkurang sehingga fungsi air ludah sebagai pembersih rongga mulut dan menetralkan keasaman rongga mulut untuk mencegah karies juga ikut menurun.

3. Diet atau Pola Makan

Pola makan yang tidak tepat dapat memengaruhi kesehatan gigi dan mulut wanita. Umumnya wanita lebih sering mengonsumsi makanan manis dan lengket sehingga meningkatkan faktor risiko karies.

Selain itu, tak sedikit pula wanita yang memiliki kebiasaan memuntahkan makanannya kembali agar tidak memiliki tubuh yang besar. Kebiasaan ini jika dilakukan terus-menerus tentu akan meningkatkan kerusakan pada jaringan gigi.

Pasalnya, gigi yang terpapar zat asam dalam jangka waktu yang lama akan membuat gigi menjadi rapuh.

Baca Juga

Jadi, pria dan wanita sebenarnya sama-sama memiliki risiko mengalami gigi rapuh, karies, dan penyakit gusi. Yang terpenting, cegah kondisi tersebut agar tidak muncul dan bertambah parah.

Untuk itu, segera hentikan gaya hidup yang kurang baik dan terapkan pola makan sehat. Jangan lupa jaga kesehatan gigi dengan rutin menyikat gigi dua kali sehari, pagi setelah sarapan dan malam sebelum tidur.

Ingin konsultasi seputar masalah gigi dan mulut? Gunakan fitur Live Chat 24 jam di aplikasi Klikdokter.

[WA]

KONSULTASI LEBIH LANJUT

avatar

drg. Max Johnson, Sp. BM

Dokter Gigi Spesialis Bedah Mulut
wallet
Rp. 50.000
avatar

drg. Robin, Sp. Perio

Dokter Gigi Spesialis Periodonsia
wallet
Rp. 50.000

ARTIKEL TERKAIT

Penyebab Sakit Gigi Setelah Flossing, Apa Saja?

Info Sehat
21 Nov

Habis Scaling Gigi Jadi Renggang, Apa Penyebabnya?

Info Sehat
16 Nov

Benarkah Implan Gigi Membuat Tulang Rahang Keropos?

Info Sehat
13 Nov

Pentingnya Perawatan Gigi untuk Penderita Alzheimer

Info Sehat
07 Nov

Pakai Odol Berlebih saat Sikat Gigi, Bikin Gigi Lebih Putih?

Info Sehat
06 Nov

REAKSI ANDA

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk
livechat