Olahraga yang Tepat untuk Penderita Asam Urat

Oleh dr. Nadia Octavia pada 02 Apr 2019, 09:00 WIB
Akibat adanya masalah pada sendiri, terdapat beberapa pilihan olahraga yang tepat untuk penderita asam urat.
Olahraga yang Tepat untuk Penderita Asam Urat (Kenneth William Caleno/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Nyeri sendi yang muncul pada penyakit asam urat, atau secara medis disebut dengan gout artritis, tentu dapat mengganggu aktivitas harian. Apalagi jika memaksakan sendi untuk digerakkan, nyeri bisa bertambah berat. Akhirnya, olahraga menjadi aktivitas terakhir yang dipedulikan orang-orang dengan asam urat. Padahal, meski punya asam urat, olahraga tetap penting. Terdapat beberapa pilihan olahraga yang direkomendasikan untuk penderita asam urat.

Berolahraga atau aktif secara fisik penting untuk menjaga kesehatan tubuh, termasuk untuk penderita asam urat. Olahraga yang tepat bisa membantu mempercepat penyembuhan penyakit asam urat serta mengurangi nyeri sendi.

Nyeri dan kekakuan sendi yang mengganggu memang sering kali membatasi pergerakkan seseorang, apalagi saat berolahraga. Namun, jika tidak berolahraga sama sekali, sendi justru akan semakin kaku, otot akan menjadi lemah, sehingga nyeri bisa bertambah hebat dan kekakuan sendi juga dirasakan makin berat.

Pilihan olahraga yang dianjurkan untuk penderita asam urat

Berolahraga secara teratur dapat menjaga kesehatan tulang, otot, dan sendi. Selain itu, berolahraga rutin juga dapat meningkatkan fleksibilitas tubuh, kekuatan otot, sirkulasi darah, dan mempercepat penyembuhan. Beberapa jenis olahraga ini bisa menjadi pilihan Anda jika menderita asam urat:

  • Aerobik low impact

Olahraga aerobik low impact atau intensitas rendah dapat meningkatkan kekuatan otot tubuh bagian bawah. Jika Anda punya masalah asam urat, olahraga aerobik intensitas rendah seperti berjalan kaki, naik tangga, atau berdansa bisa menjadi pilihan.

Awali dengan melakukannya selama 10 menit setiap hari. Kemudian, secara bertahap tambahkan durasinya, yaitu beberapa menit, hingga Anda rutin berolahraga selama 30-45 menit setiap hari, lima kali dalam seminggu.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh National Health Research Institutes di Zhunan, Taiwan, orang-orang yang berolahraga jalan cepat minimal 30 menit setiap harinya mengalami penurunan tingkat nyeri akibat asam urat tinggi, dibandingkan dengan mereka yang tidak berolahraga sama sekali.

  • Berenang

Berenang merupakan salah satu olahraga yang dapat meningkatkan pergerakan sendi sekaligus mengembalikan fungsi sendi. Ketika Anda bergerak di dalam air, beban yang dirasakan oleh sendi akan berkurang jika dibandingkan dengan olahraga non air yang mengandalkan pijakan kaki.

Jika Anda ingin melakukan olahraga ini, mulailah secara perlahan, kemudian secara bertahap tingkatkan durasi olahraga. Usahakan untuk berenang paling tidak 30-45 menit setiap harinya.

  • Yoga

Yoga berfokus pada kekuatan, fleksibilitas tubuh serta latihan pernapasan untuk meningkatkan kesehatan fisik dan mental. Setiap gerakan dan pose yoga dapat disesuaikan tergantung dari tingkat pengalaman, kondisi tubuh, dan keterbatasan. Untuk kasus asam urat, yoga bisa membantu meningkatkan kekuatan otot. Otot yang kuat dapat membantu mengurangi beban berlebih pada sendi, karenanya bisa mengurangi nyeri sendi.

Jika Anda tergolong pemula, sebaiknya hindari memaksakan diri mengikuti kelas yoga yang untuk tingkat lanjutan (advance), atau yang dilakukan oleh orang-orang sudah berlatih selama bertahun-tahun.

  • Senam ringan

Senam ringan menjaga agar sendi Anda fleksibel dan mudah bergerak untuk mengurangi kekakuan. Latihan senam yang baik untuk kaki Anda adalah dengan memutar pergelangan kaki dalam gerakan melingkar. Latihan lainnya termasuk memutar kepala dan leher, pergelangan kaki, atau pergelangan tangan Anda.

Itulah beberapa pilihan olahraga untuk penderita asam urat. Meski sendi kerap bermasalah, jangan justru berhenti berolahraga. Pasalnya, olahraga tak hanya bisa menjaga kesehatan secara menyeluruh, tetapi juga membantu mempercepat penyembuhan penyakit asam urat serta mengurangi nyeri sendi.

Amannya, konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter sebelum mulai berolahraga. "Dengarkan" tubuh Anda dan jangan memaksakan diri berolahraga terlalu berat jika Anda mengalami asam urat. Mulailah dari intensitas ringan. lalu perlahan tingkatkan. Kuncinya, lakukan olahraga rutin untuk memetik manfaatnya!

(RN/ RVS)