7 Makanan Ini Lebih Kaya Kandungan Kalsium daripada Susu
searchtext customer service

7 Makanan Ini Lebih Kaya Kalsium daripada Susu

Ingin penuhi kebutuhan kalsium namun tidak bisa konsumsi susu? Ini dia asupan yang bisa Anda pilih sebagai alternatifnya!
7 Makanan Ini Lebih Kaya Kalsium daripada Susu (Azonman/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Sebagian besar masyarakat mengenal susu sebagai satu-satunya sumber kalsium untuk menyehatkan tulang dan gigi. Padahal, masih banyak makanan maupun minuman lain yang juga mengandung kalsium, bahkan tinggi dari susu.

Nah, bagi Anda yang tidak bisa mengonsumsi susu karena alasan tertentu, berikut adalah alternatif pilihan sumber kalsium lain yang bisa Anda jadikan pilihan:

Baca Juga
  1. Ikan salmon

Dalam 6 ons ikan salmon segar terkandung sekitar 340 miligram kalsium. Bila Anda ingin mendapatkan lebih banyak kalsium, ikan salmon kalengan disinyalir mengandung 10 miligram lebih banyak ketimbang salmon segar.

  1. Ikan sarden

Sulit menemukan ikan salmon? Kalau begitu, Anda bisa mengonsumsi ikan sarden. Sebab, dalam 3 ons ikan sarden mengandung 370 miligram kalsium. Selain itu, sarden juga merupakan sumber asam lemak omega-3 dan vitamin D yang baik untuk kesehatan tubuh Anda.

  1. Kacang almond

Almond dapat menjadi sumber kalsium yang baik untuk Anda. Dalam ¾ cangkir kacang almond mengandung sekitar 320 miligram kalsium. Itulah mengapa, orang-orang yang intoleransi laktosa lebih memilih mengonsumsi susu almond untuk mendapatkan pasokan kalsium.

  1. Sayuran hijau

Bok choi (Ami Mataraj/Shutterstock)

Sayuran hijau, seperti sawi, bok choi, lobak hijau, kubis, dan kangkung juga mengandung kalsium. Dalam 2 cangkir lobak hijau terkandung sekitar 394 miligram kalsium. Sedangkan, 2 cangkir kubis mengandung 188 miligram.

Namun, menurut dr. Sara Elise Wijono, MRes dari KlikDokter, Anda sebaiknya menghindari bayam jika ingin memaksimalkan penyerapan kalsium di dalam tubuh:

“Itu karena makanan yang mengandung oxalic acid seperti bayam dapat mengikat kalsium, sehingga mengganggu penyerapannya di dalam tubuh,” dr. Sara menjelaskan.

  1. Jus jeruk

Bagi Anda yang ingin meningkatkan kekebalan tubuh agar tak mudah sakit sekaligus menguatkan tulang dan gigi, rutin mengonsumsi jus jeruk bisa jadi solusinya. Dalam 8 ons jus jeruk, terkandung 350 miligram kalsium.

  1. Tahu

Secangkir tahu akan memberi Anda 861 miligram kalsium! Tinggi sekali, bukan? Bila Anda ingin mendapatkan lauk makan siang atau malam yang lezat sekaligus tinggi kalsium, masaklah tumis tahu beserta sayuran hijau. Anda yang berusia 19 tahun hingga di atas 71 tahun pun dapat memenuhi 1.000 miligram kebutuhan kalsium per hari hanya dengan mengonsumsi campuran kedua jenis makanan tersebut.

  1. Oatmeal

Dalam setengah cangkir oatmeal, terkandung 200 miligram kalsium. Bila Anda ingin menyantap sarapan sehat yang lezat, penuh serat, vitamin, dan kalsium, sajikan oatmeal dengan campuran susu almond. Lalu, tambahkan pisang untuk memperkaya rasa dan memberi tambahan potasium di menu sarapan Anda.

Itulah beberapa asupan yang bisa Anda pilih sebagai alternatif susu sapi untuk memenuhi kebutuhan kalsium sehari-hari. Jika Anda memiliki kondisi kesehatan tertentu yang butuh pasokan kalsium lebih tinggi, konsumsi makanan di atas dapat dikombinasikan dengan suplemen kalsium. Namun sebelum itu, pastikan Anda berkonsultasi terlebih dahulu pada dokter untuk mengetahui dosis suplemen yang paling tepat untuk melengkapi makanan yang Anda konsumsi guna memenuhi kebutuhan kalsium setiap hari.

(NB/ RVS)

ARTIKEL TERKAIT

Susu Almond vs Susu Kedelai, Mana yang Lebih Baik?

Info Sehat
23 Mar

Susu Full Cream dan Susu Skim, Apa Bedanya?

Info Sehat
21 Mar

Cegah Penyakit Ginjal dengan Diet Rendah Fosfor

Info Sehat
14 Mar

Vitamin dan Mineral yang Dibutuhkan oleh Vegetarian

Info Sehat
10 Mar

Minum Susu Dapat Mencegah Kanker Usus, Benarkah?

Info Sehat
05 Mar

REAKSI ANDA

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk
livechat