9 Cara Turunkan Berat Badan secara Alami

Oleh Ayu Maharani pada 04 Apr 2019, 14:30 WIB
Bagi Anda yang sedang ingin turunkan berat badan secara alami, di bawah ini ada beberapa opsi yang bisa Anda jadi solusi.
9 Cara Turunkan Berat Badan secara Alami (Andrey_Popov/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Jarum timbangan semakin bergerak ke kanan? Itu tandanya, tubuh Anda bertambah berat beberapa kilo! Anda lalu ingin mencoba diet ekstrem yang diperkenalkan teman, tapi Anda takut kena risiko yang merugikan di kemudian hari. Lalu, apa, ya, yang mesti dilakukan untuk turunkan berat badan?

Dilansir dari Reader’s Digest, inilah sembilan cara turunkan berat badan secara alami tanpa perlu ikut-ikutan diet ekstrem.

  1. Ikuti jadwal makan secara teratur

Biasanya, orang yang ingin menurunkan berat badan, mencoba untuk tidak makan sama sekali di salah satu sesi. Padahal, tidak terpenuhinya salah satu sesi makan dapat menimbulkan makan berlebih di sesi selanjutnya.

Misalnya, Anda mencoba untuk tidak makan siang sama sekali. Nah, Anda justru makan berlebih di malam harinya. Pastikan pula Anda selalu makan di waktu yang sama supaya metabolisme tubuh Anda baik.

  1. Ingin makan camilan? Pilih yoghurt!

Bakteri dalam usus memengaruhi kondisi tubuh Anda secara keseluruhan, begitu pula dengan berat badan. Agar tubuh Anda terisi oleh bakteri baik, khususnya pada saluran pencernaan, konsumsi saja yoghurt atau makanan lain yang kaya akan prebiotik, seperti asianan kubis, kimchi, serta makanan fermentasi lainnya. Bakteri baik cenderung membuat metabolisme tubuh berjalan cepat dan menghindarkan Anda dari kegemukan.

  1. Tambahkan sayuran di setiap menu makan Anda

Sayuran merupakan makanan sehat yang kaya akan serat. Bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan, tambahkan sayur di setiap menu makan. Sayur dapat membuat Anda kenyang lebih lama. Anda pun tidak mudah tergiur untuk menyantap makanan manis atau berlemak lainnya.

Hal ini pun dibenarkan dr. Dyan Mega Inderawati dari KlikDokter. Menurutnya, memperbanyak sayur serta buah memang cocok untuk Anda yang sedang ingin diet. Apalagi bila anjuran ini diimbangi dengan dengan olahraga dan pengaturan porsi makan, dijamin, berat badan pasti turun!

  1. Awali hari dengan air lemon hangat

Bagi Anda yang tidak memiliki masalah asam lambung dan ingin cepat langsing dengan cara alami, cobalah minum secangkir air hangat dengan perasan lemon. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan metabolisme tubuh dan melancarkan saluran cerna.

1 of 2

Selanjutnya

  1. Hindari minum minuman kemasan

Minuman kemasan seperti jus atau soda mengandung kadar gula dan kalori yang sangat tinggi sehingga bisa meningkatkan risiko kegemukan. Ketimbang membeli jus kemasan, buatlah jus segar sendiri sehingga Anda bisa menakar sendiri gula yang diminum. Selain itu,  jangan mudah tergiur pula dengan tulisan “zero sugar” atau semacamnya karena pasti masih ada kandungan pemanis buatan di dalamnya.

  1. Timbang berat badan setiap minggu

Dengan menimbang berat badan setiap minggu, Anda jadi lebih peka terhadap segala perubahan yang terjadi pada bobot tubuh Anda sehingga bisa mengontrol segala asupan. Lagi pula, ada sebuah penelitian yang mengatakan bahwa orang yang rutin menimbang berat badannya tiap minggu memiliki berat badan yang lebih ideal. Jadi, kalau mau turunkan berat badan, jangan malah bermusuhan dengan timbangan, ya!

  1. Tetap rutin berhubungan seks

Berhubungan seks dengan suami atau istri Anda bisa menjadi cara yang bagus untuk menurunkan berat badan. Sebab, selain bisa membakar kalori, endorfin yang dilepaskan selama orgasme telah terbukti meningkatkan mood, mengurangi stres, dan menekan nafsu makan. Ketiga hal itu sangat berkaitan dengan penurunan berat badan, bukan?

  1. Jangan lupa berolahraga!

Sementara itu, dr. Dyan Mega juga mengatakan bahwa rutin melakukan olahraga kardio, seperti lari, renang, dan bersepeda bisa mempercepat penurunan berat badan. Nah, setelah berat badan turun, tambah massa otot Anda dengan cara melakukan olahraga pembentukan, seperti plank, push up, dan angkat beban.

  1. Perbaiki postur tubuh Anda

Memiliki postur yang baik bukan cuma membuat Anda terlihat lebih ramping, tetapi juga akan menarik perut dan mengencangkan otot-otot Anda. Jadi, tak ada ruang bagi lemak Anda untuk menumpuk diri!

Sembilan hal tersebut dapat Anda lakukan untuk turunkan berat badan secara alami. Intinya, hindari melakukan diet-diet ekstrem yang menghilangkan salah satu nutrisi sama sekali bila tidak ada ada anjuran khusus dari dokter. Meski bisa kurus dengan cepat, tetapi efek jangka panjangnya belum tentu baik.

[HNS/ RVS]

Lanjutkan Membaca ↓