Mengenal Operasi Katup Jantung yang Dijalani Mick Jagger

Oleh dr. Alvin Nursalim, SpPD pada 05 Apr 2019, 12:30 WIB
Pentolan The Rolling Stones, Mick Jagger, diketahui telah menjalani operasi katup jantung. Bagaimana prosedur operasi yang dijalaninya itu?
Mengenal Operasi Katup Jantung yang Dijalani Mick Jagger (Stone/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Kabar dari dunia hiburan, legenda grup musik The Rolling Stones, Mick Jagger, terpaksa membatalkan tur Amerika Utara yang sudah lama direncanakan karena ia harus menjalani operasi penggantian katup jantung dan butuh perawatan medis yang intensif pascaoperasi. Mari mengenal operasi katup jantung yang baru dijalani pria asal Inggris ini.

Lebih jelasnya, Mick menjalani operasi katup modern tanpa melakukan sayatan besar pada rongga dada. Prosedur ini dikenal dengan tindakan kateterisasi yang bersifat minimal invasif. Apa kemungkinan gangguan katup jatung yang dialami penyanyi rock and roll berusia 75 tahun ini dan bagaimana penanganannya?

Gangguan katup jantung yang mungkin dialami Mick Jagger

Jantung adalah organ vital yang berfungsi mempertahankan aliran darah dalam tubuh manusia. Jantung memiliki empat katup, yaitu katup aorta, pulmonal, mitral, dan trikuspid. Dalam keadaan normal, saat otot jantung relaksasi, darah akan masuk ke dalam jantung. Untuk mencegah darah bocor keluar dari jantung sebelum waktunya, maka katup aorta akan menutup.

Terdapat beberapa gangguan yang dapat terjadi pada katup jantung, yakni:

  • Insufisiensi aorta. Pada kondisi ini, katup aorta tak dapat menutup dengan sempurna, sehingga sebagian darah bocor keluar dari Gangguan ini juga akrab dikenal masyarakat awam sebagai katup yang bocor.
  • Stenosis aorta, yang terjadi akibat penyempitan ruang katup atau katup tidak dapat membuka sempurna. Ketika katup tidak dapat membuka sempurna, maka pemompaan darah juga tidak berlangsung dengan baik. Selain pada katup aorta, gangguan regurgitasi dan stenosis juga dapat terjadi pada katup jantung yang lain, misalkan katup mitral.

Hingga kini belum ada informasi resmi dari pihak Mick Jagger terkait jenis gangguan katup yang ia alami. Namun, salah satu kemungkinan yang dapat terjadi adalah katup jantungnya mengalami pengapuran dan menyempit seiring bertambahnya usia. Hal ini akan menyebabkan pemompaan darah menjadi tidak optimal karena ruang keluar katup menjadi lebih sempit.

Gangguan katup dapat menyebabkan berbagai gejala. Gejala utama dari insufisiensi aorta adalah sesak napas berat yang dapat disertai keluhan nyeri dada. Keluhan lain yang dapat dialami pasien adalah mudah lelah, berdebar-debar, dan gangguan irama jantung.

1 of 2

Transcatheter aortic valve replacement

Teknologi penanganan gangguan katup sudah sangat maju. Saat ini, penggantian katup tidak selalu memerlukan operasi besar yang mengharuskan dinding dada dibuka untuk mendapatkan akses langsung ke jantung.

Dengan operasi katup jantung tradisional—yang melibatkan pembuatan sayatan di dada—pasien biasanya memerlukan perawatan intensif sesudahnya untuk memantau keadaannya usai operasi. Namun, kini tindakan penggantian katup sudah maju, sehingga tindakan menjadi kurang invasif dengan melibatkan teknik kateterisasi. Namun, tidak semua jenis gangguan katup dapat diperbaiki dengan teknik kateterisasi ini.

Salah satu prosedur kateterisasi untuk mengganti katup aorta dikenal dengan nama transcatheter aortic valve replacement (TAVR). Prosedur ini dilakukan dengan cara memasukkan katup pengganti ke posisi awal dari katup aorta.

Penggantian katup dilakukan dengan memasukkan alat berupa selang kecil melalui pembuluh darah arteri di selangkangan atau melalui sayatan kecil di dada. Dengan tindakan ini, durasi perawatan pasien di rumah sakit menjadi lebih singkat jika dibandingkan operasi jantung dengan membuka dinding dada.

Operasi katup jantung minimal invasif yang dijalani Mick Jagger dilaporkan sukses dan dirinya sedang menjalani masa pemulihan. Kini, kemajuan teknologi memberikan banyak kemudahan dalam terapi berbagai gangguan katup. Tentunya Anda masih ingin menikmati kiprah musik Mick Jagger, bukan? Semoga kesehatan jantung musisi legendaris pelantun “Visions of Paradise” ini cepat pulih dan bisa kembali melakukan tur dunia!

(RN/ RVS)

Lanjutkan Membaca ↓