8 Tanda Tumor Otak Mengintai Anda

Oleh Krisna Octavianus Dwiputra pada 05 Apr 2019, 13:00 WIB
Tumor otak adalah salah satu penyakit berbahaya. Mari kenali tanda dari penyakit yang cukup mematikan ini.
8 Tanda Tumor Otak Mengintai Anda (Sebastian Kaulitzki/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Penyakit yang menyerang bagian otak memang cukup ditakuti. Maklum saja, segala informasi dan perintah atas aktivitas tubuh diproses di otak. Salah satu penyakit di otak yang cukup sering terjadi adalah tumor otak.

Menurut keterangan dr. Kartika Mayasari kepada KlikDokter, tumor otak terjadi karena adanya massa yang terbentuk di otak akibat pertumbuhan sel-sel yang abnormal. Otak dilindungi tengkorak dan ruangnya terbatas. Tentu pertumbuhan sel tidak normal di dalam ruang terbatas itu akan menyebabkan masalah.

"Tumor otak memiliki dua sifat, yakni jinak dan ganas. Jika yang tumbuh adalah kanker yang ganas, maka dapat terjadi penekanan di organ dan saraf sekitarnya. Banyak keluhan akan terjadi akibat kondisi tersebut. Jika tidak dilakukan penanganan, maka dapat berakibat fatal hingga mengancam nyawa," ungkap dr. Kartika.

Kenali tanda-tandanya

Sebagai salah satu langkah pencegahan, ada baiknya Anda mengenali tanda-tanda yang biasa terjadi mengikuti penyakit kanker otak. Sejumlah tanda atau gejala di bawah ini perlu Anda waspadai.

  1. Sakit kepala yang persisten

Ini adalah tanda paling umum dari tumor otak. Hanya saja, sakit kepala juga bisa jadi tanda penyakit lain sehingga kerap diabaikan. Bahkan, sangat sulit bagi dokter untuk membedakannya.

"Indikator terbaik adalah sakit kepala harian baru yang tampaknya tidak akan hilang. Sakit kepala ini cenderung memburuk dari waktu ke waktu dan sering menyerang ketika Anda bangun di pagi hari," ujar Dr. Mike Chen, MD, PhD, profesor di Divisi Bedah Saraf di City of Hope di California, AS.

Hanya saja, nyeri kepala akibat tumor otak akan menyebabkan sakit kepala yang hebat. Tumor-tumor kecil yang tumbuh akan menyebabkan sakit kepala hebat, sama seperti tumor besar yang tumbuh lambat.

  1. Kehilangan penglihatan

Salah satu tanda tumor otak adalah kehilangan penglihatan secara perlahan. Terkadang, pasien tidak mengaitkan kondisi ini dengan keberadaan tumor otak. Karena penurunan kualitas penglihatan tersebut, mereka dapat menabrak benda yang ada di depannya.

1 of 3

Selanjutnya

  1. Pergerakan motorik terganggu

Motor korteks dari otak mengendalikan pergerakan otot di seluruh tubuh. "Korteks motorik kanan mengontrol sisi kiri tubuh Anda dan korteks motorik kiri mengendalikan sisi kanan tubuh Anda,” kata Dr. Chen.

Jika ada tumor di mana saja di sepanjang jalur ini, sinyal-sinyal yang diberikan akan terganggu. Hasilnya, Anda adalah kehilangan fungsi kontrol. Jika memiliki tumor otak, ketika beberapa bagian terasa sakit, Anda mungkin tidak merespons sebagaimana mestinya.

  1. Kesulitan membentuk kata-kata

Tanda lain dari tumor otak yang umum adalah bicara cadel atau gagap. "Masalah bahasa seperti gagap, kesulitan menyebutkan nama benda, atau memahami apa yang orang lain katakan adalah gejala kunci dari tumor di lobus frontal atau temporal. Ini adalah area otak yang terkait dengan fungsi motorik kemampuan bicara dan pemahaman bahasa," kata Dr. Carrubba.

Ada dua pusat bicara di otak yang terletak di sisi kiri, yakni area Wernicke (untuk memahami pembicaraan) dan area Broca (berfungsi mengaktifkan otot-otot yang menciptakan suara). Ketika ada tumor di otak, kedua kemampuan itu sering terhambat.

  1. Perasaan murung dan perilaku berisiko

"Pasien yang menderita tumor otak dapat mengalami depresi, kemarahan, atau kecemasan. Mereka biasanya tidak menunjukkan jenis emosi ini sebelum terkena tumor," kata Sumeet Vadera, MD, ahli bedah saraf di University of California.

Ini terkait dengan iritasi tumor atau kompresi bagian dari lobus frontal, yang bertanggung jawab atas banyak sifat kepribadian. "Tumor besar yang tumbuh perlahan di lobus frontal bahkan dapat mengubah kepribadian dan penilaian terhadap perilaku kriminal atau masalah kejiwaan," kata Dr. Chen.

2 of 3

Selanjutnya (2)

  1. Kehilangan pendengaran atau telinga berdenging

Salah satu gejala lain tumor otak adalah kehilangan pendengaran atau telinga berdenging. "Jika Anda mengalami gangguan pendengaran dari satu sisi atau sensasi berdenging konstan atau dikenal sebagai tinitus, Anda harus segera menemui dokter," kata Dr. Carrubba.

Jika ini terjadi, biasanya tumor menyerang bagian lobus temporal. Lobus temporal bertanggung jawab untuk memproses kemampuan Anda untuk mendengar suara, serta kemampuan untuk memahami bahasa dan percakapan.

  1. Infertilitas

Otak mengendalikan hampir semua yang ada di tubuh manusia, termasuk hormon. Tak heran, tumor otak bisa menyebabkan infertilitas atau ketidaksuburan.

"Proses ini terjadi melalui perluasan yang dikenal sebagai kelenjar hipofisis, struktur seukuran kacang yang terletak di dasar otak. Tumor yang memengaruhi kelenjar hipofisis dapat mengeluarkan hormon dalam jumlah tinggi atau mencegah kelenjar normal bekerja,” kata Dr. Chen.

Inilah sebabnya mengapa banyak wanita yang menderita tumor otak tidak dapat hamil atau menghasilkan ASI setelah melahirkan.

  1. Kehilangan keseimbangan

Salah satu dari banyak area dimana batang otak memainkan peran vital adalah terkait fungsi motorik. Jika mulai sulit berjalan – terutama dalam gelap – dan badan Anda cenderung condong ke satu sisi, ini bisa menjadi salah satu tanda adanya tumor di otak kecil. Bagian otak itu bertanggung jawab untuk keseimbangan dan koordinasi.

Dengan mengetahui tanda-tanda tumor otak, Anda dapat lebih waspada jika gejala tersebut terjadi pada Anda. Jika tanda-tanda di atas terjadi pada Anda, segera temui dokter. Semakin cepat dideteksi dini, tentu akan lebih baik.

[HNS/ RVS]

Lanjutkan Membaca ↓