Ingin BAB Usai Minum Kopi, Ini Penyebabnya

Oleh Ayu Maharani pada 05 Apr 2019, 15:15 WIB
Beberapa orang mungkin akan merasa mulas dan ingin Buang Air Besar (BAB) setelah minum kopi. Berikut ini adalah penyebabnya.
Ingin BAB Usai Minum Kopi, Ini Penyebabnya (George Rudy/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Minum kopi kini telah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat urban. Namun, sebagian orang kerap memiliki keluhan perut yang bereaksi dan ingin buang air besar (BAB) usai menikmati kopi tersebut.

Tak heran jika ada orang-orang yang selalu membawa atau memesan air mineral untuk teman ngopi saat datang ke kedai kopi. Hal ini dikaitkan dengan kandungan dalam kopi yang memang telah lama dikenal berpengaruh pada organ pencernaan.

Pengaruh kandungan kopi terhadap tubuh

Kris Sollid, RD, seorang Direktur Senior Komunikasi Nutrisi dari International Food and Information Council Foundation mengatakan kepada Reader’s Digest bahwa secara alami, kopi mengandung ratusan bahan kimia.

Dan jumlah kafein di dalam kopi yang merangsang keaktifan otot perut serta usus besar bisa menjadi salah satu alasan mengapa Anda mulas dan ingin BAB usai meminumnya.

Bahkan, bila Anda meminum kafein tersebut dalam suhu yang panas (kopi panas), efek yang ditimbulkan pada perut sebagian orang bisa lebih parah. Selain itu, kopi juga mengandung asam klorogenat (bersifat asam) dan dapat meningkatkan produksi asam lambung.

Kemudian, asam klorogenat dan asam lambung akan menurunkan pH lambung sekaligus mempercepat pergerakan makanan dari lambung ke usus. Sehingga, memaksa lambung untuk mendorong semua isinya agar lebih cepat dari biasanya. Hal ini juga menjadi salah satu alasan mengapa Anda disarankan tidak minum kopi saat perut kosong.

1 of 2

Bahaya minum kopi saat perut kosong

Apa yang telah dipaparkan di atas lantas dibenarkan oleh dr. Theresia Rina Yunita dari KlikDokter. Menurutnya, orang yang minum kopi dalam kondisi perut kosong akan mengalami peningkatan asam lambung secara berlebih usai meneguk kopi.

Adanya peningkatan asam lambung dapat memicu rasa nyeri pada ulu hati, mual, bahkan muntah. “Terlebih lagi bila Anda sedari awal memang memiliki riwayat mag atau gastroesophageal reflux disease (GERD), maka kemungkinan untuk mengalaminya menjadi lebih tinggi.” jelas dr. There.

Pada sebagian orang, kopi yang ditambahkan susu atau latte juga dapat menimbulkan sakit perut serta diare, yakni bagi orang yang memiliki intoleransi laktosa. Sedangkan pada orang yang tidak memiliki gangguan lambung, kopi kerap kali dijadikan sebagai obat pencahar alami.

Sebab, kopi dapat meningkatkan produksi hormon seperti gastrin dan cholecystokinin yang dapat membuat usus besar bergerak lebih aktif. Untuk menghindari perut menjadi bermasalah setelah minum kopi, ketahui trik untuk mengatasinya.

Mencegah reaksi berlebih usai minum kopi

Bagi Anda yang terpaksa minum kopi karena membutuhkan tingkatan konsentrasi tinggi dan ingin mengusir kantuk saat mengejar tenggat, dr. There memberikan solusi bagaimana cara untuk membantu meminimalkan reaksi perut usai meneguk kopi.

  • Hindari minum kopi saat perut kosong.
  • Sehabis minum kopi, usahakan tidak mengonsumsi minuman lain selain air putih agar asam lambung tidak semakin meningkat.
  • Tidak mengombinasikan kopi dan rokok. Nikotin dapat meningkatkan asam lambung dan berisiko mem buat perut Anda semakin terasa nyeri.
  • Hindari mengonsumsi makanan pedas, asam, berlemak, alkohol, atau cokelat usai minum kopi.
  • Hindari mengonsumsi obat penghilang nyeri jenis nonsteroid anti-inflammatory drugs (NSAID) agar perut tak semakin kontraksi.

Bagi sebagian orang, minum kopi memang bisa memicu sakit perut dan menimbulkan keinginan untuk BAB. Oleh sebab itu, penderita gangguan lambung dan pencernaan tidak akan pernah bersahabat dengan sumber kafein yang satu ini. Memang, ada cara untuk meminimalkan efeknya, tapi bila kondisinya sudah parah, sebaiknya benar-benar hindari konsumsi kopi. Memaksakan diri minum kopi, terutama kopi panas, dalam keadaan perut yang tidak enak, hanya akan menyiksa diri Anda sendiri.

[NP/ RVS]

Lanjutkan Membaca ↓