Mi Shirataki, Ini Manfaatnya untuk Kesehatan

Oleh drg. Callista Argentina pada 06 Apr 2019, 10:00 WIB
Mi shirataki adalah mi tradisional Jepang yang tipis, rendah karbohidrat, dan rasanya kenyal. Tak jarang, mi ini juga dipakai untuk diet.
Mi Shirataki, Ini Manfaatnya untuk Kesehatan (Ingrid Balabanova/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Tren pola diet kini bermacam-macam jenisnya. Salah satunya adalah diet rendah karbohidrat dan rendah gula. Bagi Anda yang menganut pola diet ini pasti tidak asing dengan mi shirataki. Mi shirataki adalah mi tradisional Jepang yang tipis, rendah karbohidrat, dan rasanya kenyal. Mi shirataki berasal dari umbi pohon porang yang mengandung serat Glucomannan.

Serat Glucomannan mengandung lebih dari 16 asam amino serta beberapa vitamin dan mineral, seperti zat besi, potassium, fosfor, selenium, yang juga kaya kalsium. Menurut penelitian, ternyata mi shirataki memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

  1. Membantu menurunkan berat badan

Walaupun hasilnya masih berbeda-beda, mayoritas hasil penelitian menunjukkan bahwa serat Glucomannan dalam mi shirataki dapat membantu program penurunan berat badan. Mi ini dapat dikonsumsi menggantikan pasta yang mengandung tinggi kalori. Tak cuma itu, mi shirataki pada dasarnya bisa disebut tanpa kalori.

  1. Turunkan kolesterol total, kolesterol jahat LDL dan trigliserida

Penelitian dalam jurnal penelitian American Journal of Clinical Nutrition pada 1995 menunjukkan, 70 pria yang mengonsumsi mi shirataki selama 4 minggu mengalami penurunan kolesterol sebesar 10 persen. Mi shirataki juga menurunkan level kolesterol pada penderita diabetes. Karena itu, mi shirataki dapat dijadikan salah satu bagian dari diet untuk jantung sehat dan rendah kolesterol.

  1. Mengontrol level gula darah

Mi shirataki merupakan makanan yang baik untuk penderita diabetes. Mi ini membantu penderita diabetes dengan cara menunda proses pengosongan alami lambung. Hal ini dapat membantu penyerapan gula secara bertahap dan menurunkan kadar gula darah setelah makan.

Mengonsumsi makanan kaya Glucomannan dapat menurunkan kadar gula puasa dan meningkatkan kadar insulin di dalam darah. Selain itu, mi shirataki dapat menurunkan kadar asam lemak di dalam darah. Dalam Journal of Food and Nutrition Research, mi shirataki merupakan makanan pokok yang dapat diberikan pada orang dewasa yang menderita diabetes tipe 2.

  1. Membantu sistem pencernaan

Glucomannan mengandung polisakarida yang akan mengembang karena menyerap air, sehingga berguna untuk pencahar alami. Glucomannan juga berperan sebagai prebiotik, yaitu zat yang membantu meningkatkan pertumbuhan bakteri baik di dalam usus. Mi shirataki juga dapat membantu melancarkan konstipasi, wasir, dan peradangan pada sepanjang saluran pencernaan tanpa menimbulkan efek samping pada saluran pencernaan.

  1. Membantu program pada penderita obesitas

Mi ini juga dapat membantu program diet pada penderita obesitas. Mi shirataki dapat menaikkan rasa kenyang jika dikonsumsi dengan air atau kuah dan dimakan sebelum waktu makan.

Peran lainnya adalah dengan menurunkan glikemik indeks suatu makanan, menyebabkan gula dan lemak dicerna secara lambat. Hal ini dapat membuat peningkatan insulin yang tidak berlebihan. Fungsi lainnya adalah mencegah penyerapan lemak terlalu banyak di dalam usus sehingga tidak terlalu lama mengendap di usus.

Selain manfaat-manfaat di atas, mi shirataki juga dapat membantu membuang racun di dalam tubuh. Karena itu, mi ini baik sekali untuk membersihkan perut dan usus. Nah, dengan banyaknya manfaat, mi shirataki kini dapat jadi pilihan menu sehat untuk diet Anda, bukan?

[HNS/ RVS]