Manfaat dan Keamanan Suntik Ekstrak Salmon untuk Kesehatan - Info Sehat Klikdokter.com
search

Manfaat dan Keamanan Suntik Ekstrak Salmon untuk Kesehatan

Suntik ekstrak salmon merupakan metode kecantikan asal Korea Selatan. Apakah metode ini efektif dan aman bagi kesehatan?
Manfaat dan Keamanan Suntik Ekstrak Salmon untuk Kesehatan

Klikdokter.com, Jakarta Pernahkah Anda mendengar tentang suntik ekstrak salmon? Metode kecantikan asal Korea Selatan ini dianggap dapat memberikan manfaat yang signifikan lantaran menggunakan bagian salmon sebagai bahan dasarnya.

Bahkan, ada pula yang mengatakan bahwa suntik ekstrak salmon efektif untuk mengatasi jaringan yang rusak akibat penyakit tertentu.

Sebelum mengungkap faktanya, Anda perlu tahu bahwa metode ini menggunakan bahan polinukleotida DNA yang berasal dari ikan salmon. DNA yang diekstrak tersebut telah mengalami proses pemurnian sehingga tidak akan mengaktifkan respons dari sistem kekebalan tubuh.

Lantas, apa saja manfaat sekaligus efek samping suntik DNA salmon bagi kesehatan? Simak ulasan lengkapnya berikut ini.

1 dari 3

Manfaat Suntik DNA Salmon

Manfaat Suntik DNA Salmon
loading

Menurut para ahli dari Dermatology Group di New York City, ada beberapa ilmu yang mendukung manfaat DNA salmon.

Meskipun tergolong baru, hal ini sebenarnya telah terbukti meningkatkan penyembuhan luka dan dapat meningkatkan pembentukan pembuluh darah, aliran darah ke kulit, serta menghambat penuaan sel kulit Anda.

Berikut adalah beberapa manfaat kecantikan yang bisa diperoleh dari suntik DNA salmon: 

  1. Membantu Pemulihan Setelah Perawatan Laser Ablatif

Ekstrak salmon memiliki sifat penyembuhan luka dan antiradang. Sejumlah artikel jurnal juga menyimpulkan bahwa produk dengan bahan ini dapat digunakan setelah perawatan laser ablatif tertentu untuk meningkatkan pemulihan setelah prosedur ini.

Artikel Lainnya: Beda Perawatan Wajah untuk Pria dan Wanita

  1. Mempercepat Pemulihan Luka atau Peradangan

Suntik DNA salmon juga dapat membantu penyembuhan luka di wajah. Khasiat ini dimuat dalam Journal of Materials Science: Materials in Medicine volume.

Menurut jurnal tersebut, DNA salmon dapat menekan pertumbuhan epidermis yang berlebih. Selain itu, DNA salmon juga membantu meningkatkan pembentukan kapiler darah sehingga luka dapat sembuh lebih cepat.

  1. Meningkatkan Elastisitas Kulit

Sebuah studi mengungkapkan bahwa setelah satu bulan menggunakan ekstrak salmon, terjadi peningkatan elastisitas kulit pada partisipan. 

Berdasarkan International Journal of Cosmetic Science, DNA salmon terbukti bermanfaat untuk meningkatkan elastisitas kulit setelah empat minggu.

  1. Mempertahankan Keseimbangan Hidrasi Kulit

Penelitian yang dilakukan selama 12 minggu menemukan manfaat lainnya DNA salmon bagi kulit. Penelitian tersebut menunjukkan bahwa DNA salmon menurunkan kehilangan air dan meningkatkan hidrasi kulit.

Jadi, bagi Anda yang ingin kulit terhidrasi dengan baik sekaligus menjaga hidrasi kulit, Anda bisa mempertimbangkan perawatan suntik DNA salmon.

  1. Mengurangi Kerutan dan Garis-Garis Halus Kulit

Saat ini DNA salmon juga sedang diuji sebagai tabir surya. Tentu Anda sudah tahu bahwa tabir surya adalah kunci utama untuk memerangi efek penuaan.

Manfaat suntik DNA salmon berkaitan dengan radikal bebas. Perawatan ini bisa membantu memerangi efek radikal bebas pada kulit, lho.

Artikel Lainnya: Ritual Kecantikan Unik, Amankah untuk Kesehatan?

Bahaya radikal bebas terhadap kulit, yaitu menimbulkan bintik-bintik hitam, kerutan, dan garis-garis halus di wajah.

DNA salmon berperan dalam proses peningkatan kolagen sehingga mencegah efek penuaan akibat radikal bebas.

  1. Memperbaiki Tekstur dan Warna Kulit

Protein yang berperan untuk menjaga kesehatan kulit terkandung dalam ikan salmon. Ikan ini tinggi akan protein yang dapat diserap oleh segmen kulit. 

Oleh karena itu, suntik DNA salmon dapat bermanfaat untuk melembapkan, mencerahkan, sekaligus memperbaiki tekstur kulit agar tidak belang.

  1. Membantu Menormalisasi Kulit

Memiliki kulit wajah yang sehat tentu menjadi dambaan setiap orang. Bukan hanya angan-angan belaka, Anda dapat mewujudkannya lewat suntik DNA salmon.

Metode perawatan yang satu ini dinilai dapat menormalisasi kulit. Selain melindungi dari bahaya sinar UV, ekstrak salmon juga meregulasi produksi minyak dan tingkat ketebalan kulit. Tak hanya itu, suntik DNA salmon juga dapat mencegah kulit kering.

Suntik DNA salmon juga dapat membantu permasalahan-permasalahan kulit lainnya, seperti kulit kusam, luka bekas jerawat, pori-pori besar, keriput, pigmentasi derajat sedang, lingkaran mata gelap, dan meregenerasi kulit yang rusak.

2 dari 3

Adakah Bahaya Suntik DNA Salmon?

Adakah Bahaya Suntik DNA Salmon?
loading

Suntik ekstrak atau DNA salmon tergolong sebagai terapi minimal invasif. Artinya, metode ini diberikan dengan suntik secara mikro ke dalam dermis (lapisan kedua kulit) di area tertentu secara serial.

Bahan yang disuntikkan akan meningkatkan pembaruan dan penyembuhan sel sehingga dapat meningkatkan kondisi fisiologis kulit yang menua dan rusak.

Artikel Lainnya: Intip Perawatan Dokter Spesialis Kulit untuk Atasi Kekusaman!

Suntik ekstrak salmon cocok untuk kebanyakan orang, terutama mereka yang mengalami penuaan dini dan kerusakan kulit akibat paparan sinar ultraviolet dari matahari. Tindakan ini pun dapat dijadikan pilihan utama untuk dewasa muda yang ingin menghambat terjadinya penuaan pada kulit.

Namun, adakah bahaya dari suntik DNA salmon? Faktanya, perawatan ini tergolong aman untuk dilakukan karena risiko terjadinya efek samping relatif rendah.

Walaupun terjadi, efek samping yang timbul biasanya hanya berupa bengkak atau memar derajat sedang yang akan menghilang dalam 1-2 hari.

Jika Anda berniat untuk mendapatkan DNA salmon ini, sebaiknya lakukan sebanyak 3 sesi dengan frekuensi 4 minggu sekali. Hasil yang diharapkan umumnya terjadi 2 minggu setelah prosedur dilakukan.

Apabila lebih dari itu, Anda tak perlu khawatir berlebihan karena kulit membutuhkan waktu untuk menyesuaikan diri dengan perbaikan yang didorong oleh ekstrak salmon.

Hasil optimal biasanya terlihat pada 6 hingga 8 minggu. Untuk pemeliharaan, Anda disarankan untuk mengulangi suntik ekstrak salmon setiap 4 hingga 6 bulan.

Baca Juga

Suntik DNA salmon dapat menjadi salah satu terobosan dalam dunia kecantikan yang aman dan mampu memberikan beragam manfaat bagi kesehatan kulit Anda. Meski demikian, Anda tetap dianjurkan untuk berkonsultasi terlebih dahulu pada dokter sebelum benar-benar melakukannya.

Hal lain yang tak kalah penting, pastikan Anda hanya melakukan suntik DNA salmon di fasilitas kesehatan terpercaya, bersertifikat, dan memiliki petugas profesional.

Konsultasikan masalah kesehatan kulit Anda kepada dokter melalui fitur Live Chat 24 jam di aplikasi Klikdokter.

[WA]

ARTIKEL TERKAIT

Amankah Memutihkan Kulit dengan Skin Bleaching?

Info Sehat
11 Okt

Susu Bubuk Kedaluwarsa untuk Masker, Apakah Bermanfaat?

Info Sehat
09 Okt

Manfaat Laser Fotona untuk Kecantikan Kulit Wajah

Info Sehat
05 Okt

Mengenal Perbedaan Primer dan Pelembap Kulit

Info Sehat
04 Okt

Penggunaan Toner yang Salah Bisa Bikin Wajah Kusam!

Info Sehat
22 Sep

REAKSI ANDA

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk
livechat