Saat Anda Sakit, Konsumsi Asupan Sehat dari Bahan Alami Ini

Oleh Ayu Maharani pada 09 Apr 2019, 17:00 WIB
Selain mencukupi kebutuhan istirahat, percepat proses penyembuhan dengan mengonsumsi asupan sehat dari berbagai bahan alami berikut ini.
Saat Anda Sakit, Konsumsi Asupan Sehat dari Bahan Alami Ini (Kzenon/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Saat badan dalam kondisi yang tidak enak, umumnya nafsu makan akan berkurang dan keinginan untuk beristirahat cenderung meningkat akibat tubuh yang lemas. Untuk mengatasinya, ada beberapa jenis asupan sehat dari bahan alami yang bisa Anda andalkan saat Anda sedang sakit.

Hilangnya nafsu makan sebaiknya tidak boleh Anda turuti terus-menerus, karena bisa membuat tubuh semakin lemas dan membuat proses penyembuhan semakin lama. Jadi, mau tak mau, Anda wajib “memaksakan” diri untuk tetap mencukupi kebutuhan gizi dengan mengonsumsi makanan sehat.

Dilansir dari Medical News Today, ada sejumlah bahan alami yang dapat Anda konsumsi untuk membantu meredakan gejala dan mempercepat proses penyembuhan. Bahan alami tersebut juga dibagi berdasarkan keluhan penyakitnya, seperti dijelaskan berikut ini:

1. Pereda flu

Hidung tersumbat, batuk, dan sakit tenggorokan merupakan gejala umum dari flu. Nah, makanan serta minuman berikut ini dapat membantu meringankan gejala peradangan sekaligus meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda. Adapun makanan dan minuman yang dimaksud, antara lain:

  • Teh herbal

Uap hangat dari seduhan teh herbal dapat membantu Anda mengencerkan lendir dari hidung, sehingga mudah dikeluarkan. Selain itu, bila diminum, teh herbal dapat membantu melegakan tenggorokan. Daun teh kaya akan polifenol, flavonoid, dan katekin, sehingga dapat merangsang sistem kekebalan tubuh untuk aktif memerangi virus.

  • Madu

Madu kaya akan antimikroba, sehingga dapat membantu Anda meredakan sakit tenggorokan akibat infeksi bakteri. Hal itu juga dibenarkan oleh dr. Astrid Wulan Kusumoastuti dari KlikDokter. Menurutnya, madu memang dapat meredakan gejala batuk bila dicampur dengan teh hangat ataupun air lemon hangat.

  • Buah jeruk dan beri

Semua jenis jeruk mengandung kadar flavonoid dan vitamin C yang tinggi. Vitamin C itu sendiri berfungsi untuk meningkatkan kekebalan tubuh serta membantu mengurangi peradangan, begitu pula halnya dengan buah beri.

Buah beri mengandung flavonoid yang disebut quercetin, sehingga dapat membantu mengobati infeksi rhinovirus. Jadi, bila Anda ingin cepat sembuh dari flu sembari mencukupi kebutuhan cairan, buatlah jus jeruk atau jus buah beri segar.

1 of 2

Selanjutnya

2. Pereda mual, muntah dan diare

Saat Anda mengalami mual, muntah dan diare, yang perlu dilakukan adalah mengonsumsi sesuatu yang dapat menenangkan perut. Adapun bahan alami yang dapat diandalkan antara lain:

  • Jahe

Menurut dr. Sepriani Timurtini Limbong dari KlikDokter, ada sebuah penelitian yang mengungkapkan bahwa mengonsumsi jahe dapat meredakan gejala seperti kembung, mual, dan begah. Untuk mendapatkan hasil tersebut, Anda bisa membuat teh jahe dengan cara merebus parutan dan potongan jahe segar, lalu tambahkan madu untuk meningkatkan cita rasa.

  • Air kelapa

Senyawa tanin dalam air kelapa dapat membantu mengurangi peradangan di perut. Air kelapa juga kaya akan mineral seperti natrium dan kalium. Sehingga, minum kelapa usai diare dapat membantu tubuh untuk mengembalikan cairan yang hilang akibat buang air berkali-kali.

3. Pereda konstipasi

Saat Anda susah buang air besar (BAB) atau konstipasi, tentu yang pertama kali wajib Anda konsumsi adalah sumber serat seperti buah dan sayur.

Namun, meskipun Anda sedang sulit BAB, sebaiknya konsumsi serat secara bertahap. Karena kalau terlalu banyak dalam sekali waktu, Anda justru bisa mengalami kembung. Adapun beberapa sumber serat selain sayur dan buah yang bisa Anda konsumsi, yaitu:

  • Oatmeal

Coba ganti dulu menu sarapan nasi uduk Anda dengan oatmeal yang dicampur dengan buah-buahan manis. Sebab, dalam secangkir oat terdapat 5,7 gram serat yang dibutuhkan oleh tubuh.

  • Biji rami

Sebagai alternatif sumber serat, biji rami bisa jadi solusinya. Sebab, biji rami juga mengandung asam lemak omega-3 yang dapat mengurangi peradangan usus yang bisa terjadi setelah sembelit berkepanjangan.

Jadi, tetap mencukupi kebutuhan gizi dengan mengonsumsi asupan sehat dari bahan alami saat tubuh sedang sakit merupakan cara ampuh agar tubuh dapat memperbaiki diri dalam waktu yang lebih cepat. Selain mengonsumsi deretan minuman dan makanan sehat atas, tetaplah perbanyak minum air putih supaya tubuh tidak semakin lemas. Nah, bila segala upaya telah dilakukan namun keluhan tak kunjung mereda atau cenderung hilang dan timbul, jangan tunda lagi untuk memeriksakan diri ke dokter, ya!

[NP/ RVS]

Lanjutkan Membaca ↓