Deretan Artis Indonesia yang Terdiagnosis Kanker Serviks

Oleh Novita Permatasari pada 10 Apr 2019, 15:00 WIB
Deretan artis terkenal berikut ini mengidap kanker serviks. Perjuangan mereka dalam melawan penyakit berbahaya tersebut tidaklah mudah.
Deretan Artis Indonesia yang Terdiagnosis Kanker Serviks (Emily-Frost/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Tak bisa dimungkiri bahwa kanker serviks adalah penyakit yang sangat serius. Sayangnya, hingga kini masih banyak wanita yang malas untuk melakukan pemeriksaan dini. Tak mengenal status maupun usia, kanker serviks bisa menyerang siapa saja, termasuk beberapa deretan artis Tanah Air.

Dilansir dari American Cancer Society, sekitar lebih dari 12.000 kasus kanker serviks terdiagnosis setiap tahunnya di Amerika Serikat, dan lebih dari 4.000 wanita meninggal akibat penyakit ini dalam satu tahun. Sebagian besar dari kasus tersebut dialami oleh wanita usia 35-55 tahun.

Kenali gejala kanker serviks

Menurut dr. Karin Wiradarma dari KlikDokter, sebenarnya kanker serviks bisa diobati, asal upaya pengobatan harus dimulai sejak dini.

“Bukan tak mungkin kanker serviks disembuhkan. Dengan catatan, pengobatan dilakukan selambat-lambatnya pada stadium kedua,” ucapnya.

Oleh sebab itu, kenali lebih jauh gejala penyakit kanker serviks agar Anda dapat lebih waspada. Dijelaskan oleh dr. Devia Irine Putri dari KlikDokter, berikut ini adalah lima gejala kanker serviks yang umum terjadi dan wajib Anda ketahui:

1. Perdarahan yang tak wajar pada vagina

Setiap bulannya wanita memang sudah pasti mengalami haid. Namun, bila perdarahan atau flek terjadi di luar siklus haid, saat berhubungan atau setelahnya, dan terjadi pada masa menopause, perdarahan perlu diwaspadai. Menurut dr. Devia, gejala ini merupakan yang paling mudah untuk dikenali.

2. Keputihan yang tidak normal dan berbau

Mungkin setiap wanita sudah pasti pernah mengalami keputihan. Tapi, keputihan yang terjadi pada kanker serviks berbeda dari kondisi normal.

“Keputihan yang normal biasanya berwarna bening dan tidak berbau. Tapi, pada kasus kanker serviks, keputihan bisa berwarna kehijauan atau keabuan dan berbau tidak sedap, hingga daerah kewanitaan terasa gatal. Bila kondisi sudah parah, keputihan bisa disertai dengan darah,” jelas dr. Devia.

1 of 3

Selanjutnya

3. Terasa nyeri saat melakukan hubungan seksual

Keluhan ini biasanya muncul pada saat penetrasi di awal, tengah, ketika orgasme, maupun setelah selesai berhubungan seksual. Rasa nyeri yang timbul diakibatkan oleh luka pada tumor di sekitar mulut rahim akibat gesekan dengan penis. Nyeri tersebut juga bisa menjalar ke daerah panggul dan pinggang akibat desakan tumor

4. Perubahan pola BAB dan BAK

Penderita kanker serviks mengalami kesulitan buang air kecil (BAK) karena adanya desakan tumor di serviks ke panggul, dan menyebar ke sekitar saluran kemih.

Pada stadium lanjut, orang yang memiliki kanker serviks juga akan mengalami kesulitan buang air besar (BAB) atau sembelit akibat tumor yang telah menyebar ke daerah rektum (anus).

5. Berat badan turun dalam waktu singkat

Adanya pertumbuhan sel yang tidak terkendali menyebabkan asupan energi dan cadangan makanan terkuras, sehingga tubuh menjadi lemah dan mengalami penurunan berat badan yang cukup drastis dalam waktu singkat, bahkan terjadi tidak sampai dalam satu bulan.

Kanker serviks membutuhkan penanganan dini agar kondisi penderita tidak semakin parah dan kemungkinan untuk sembuh menjadi lebih tinggi. Oleh sebab itu, bila Anda mengalami gejala-gejala di atas, segera lakukan pemeriksaan ke dokter untuk mendapatkan penanganan dini.

2 of 3

Artis yang mengidap kanker serviks

Deretan Artis Indonesia yang Terdiagnosis Kanker Serviks (Nurwahyunan/Bintang-com)
Deretan Artis Indonesia yang Terdiagnosis Kanker Serviks (Nurwahyunan/Bintang-com)

Faktanya, gejala kanker serviks di atas juga dialami oleh para artis Tanah Air berikut ini. Ada yang berhasil sembuh, namun beberapa di antaranya kalah oleh penyakit ini.

1. Nita Tilana

Penyanyi era 90-an yang juga merupakan kakak kandung penyanyi Armand Maulana ini divonis stadium empat pada saat pertama kali diperiksa. Karena penyakit kanker serviksnya terdeteksi sudah cukup terlambat, sangat disayangkan nyawanya pun tidak terselamatkan. Nita pun tutup usia pada 2000.

2. Titiek Puspa

Penyanyi senior ini divonis mengidap kanker serviks pada 2009 dan langsung menjalani serangkaian pengobatan, serta rutin melakukan meditasi. Empat tahun kemudian, penyakit kanker serviks yang dideritanya sampai di tahap stadium ketiga.

Untuk terbebas dari penyakitnya, pelantun tembang “Bimbi” ini pun berobat selama 2,5 bulan di Singapura dan menghindari konsumsi sayuran mentah serta daging merah. Seperti dilansir dari liputan6.com, sayuran mentah berpotensi mengandung pestisida yang dapat membahayakan kondisinya.

Titiek Puspa yang hingga kini masih rajin bermeditasi dan tampak sehat, sesekali masih muncul sebagai model iklan.

3. Julia Perez

Setelah terdiagnosis menderita kanker serviks di 2013, wanita yang bernama asli Yulia Rachmawati ini menjalani kemoterapi, pengobatan radiasi dan pengangkatan ovarium.

Dilansir dari People.com, setelah menjalani operasi tersebut, nyawanya tidak terselamatkan. Julia Perez atau juga akrab dipanggil Jupe meninggal di usia 36.

Kanker serviks tak bisa dianggap remeh. Oleh sebab itu, dr. Atika dari KlikDokter memberikan beberapa saran untuk mencegah terkena penyakit yang telah merenggut banyak nyawa ini.

“Lakukan vaksinasi HPV (human papillomavirus), rutin skrining kanker serviks dengan pap smear, hindari berganti pasangan seksual, dan sebaiknya berhentilah merokok,” ucapnya.

Selain itu, terapkan pola makan sehat bergizi lengkap, kelola stres dengan baik, tidur cukup, serta rutin kontrol ke dokter agar kesehatan tubuh tetap terjaga. Dengan demikian, Anda dapat mencegah risiko kanker serviks.

[RVS]

Lanjutkan Membaca ↓