Ini Alasan Pentingnya Anak Bawa Bekal ke Sekolah

Oleh dr. Dyan Mega Inderawati pada 11 Apr 2019, 11:30 WIB
Jangan biasakan anak jajan sembarangan. Ini beberapa alasan pentingnya anak bawa bekal ke sekolah!
Ini Alasan Pentingnya Anak Bawa Bekal ke Sekolah (Dolly MJ/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Walau terkesan sederhana, sekotak bekal makan siang anak menyimpan berjuta kasih sayang dan perhatian yang dicurahkan oleh orang tua. Membekali anak dengan kotak makan siang  adalah salah satu cara untuk mengurangi kebiasaan jajan di sekolah yang umumnya tak sehat. Ini pun bisa memupuk kebiasaan baik dalam pola makannya. Untuk orang tua yang masih sering “absen” dalam menyiapkan bekal, berikut ini adalah beberapa asalan pentingnya anak membawa bekal ke sekolah.

Mencukupi energi anak sepanjang hari

Kesibukan anak di sekolah tentu membutuhkan asupan energi yang cukup sepanjang hari. Dari mana lagi buah hati mendapatkan energi kalau bukan dari asupan makanannya? Dimulai dengan sarapan, camilan, lalu dilanjutkan dengan makan siang. Seluruh jam makannnya ini harus diisi dengan menu penuh gizi yang energinya memadai untuk aktivitasnya di sekolah.

Selain sarapan, menu makan siang juga tak kalah penting. Dengan membawa bekal ke sekolah, asupan energi dari makanan ini pastinya akan lebih bisa tercukupi dan tekontrol jumlah dan jenisnya.

Sebetulnya anak juga bisa membeli makanannya di sekolah, tetapi makanan yang tersedia belum tentu lengkap secara gizi, atau bahkan tergolong tak sehat dengan kalori yang berlebihan. Alih-alih mencukupi kebutuhan energi, bisa-bisa setelah makan anak justru jadi lemas.

Untuk bekal makan anak, pilihlah bahan makanan yang mengandung karbohidrat kompleks, serat, dan protein agar cadangan energi dalam tubuh anak tetap stabil sepanjang hari.

Tidak hanya untuk bergerak aktif secara fisik, energi yang mencukupi juga dibutuhkan anak untuk menjaga konsentrasinya selama belajar. Faktanya, untuk dapat bekerja optimal, otak membutuhkan asupan makanan yang porsinya cukup dan nilai gizinya tinggi.

Apabila ia membeli sendiri makan siangnya, belum tentu nilai gizi ini dapat terpenuhi. Sebaliknya, dengan menyiapkan sendiri bekal makanannya, Anda dapat memastikan kebutuhan nutrisi untuk otaknya.

1 of 2

Menghindari kebiasaan anak jajan sembarangan

Selain menjaga kecukupan energi dan menjaga konsentrasinya di sekolah, bekal yang dibawa anak juga bisa menjadi kunci agar anak terhindar dari kebiasaan jajan sembarangan. Bukan hanya soal nutrisi, jajanan yang ia beli juga belum tentu terjamin kebersihannya.

Salah satu infeksi yang cukup sering terjadi akibat kontaminasi makanan adalah infeksi E.coli. Gejala yang dapat dialami di antaranya adalah sakit perut, diare, hingga mual dan muntah.

Di samping risiko kontaminasi, makanan yang dijajakan juga belum tentu bebas akan bahan tambahan. Misalnya saja adanya kandungan pewarna buatan. Tidak semua bahan pewarna yang digunakan aman bagi kesehatan.

Belum lagi perisa buatan atau bahan kemasan makanannya itu sendiri. Baiknya jangan coba-coba, deh! Akan jauh lebih aman bila apa yang anak konsumsi berasal dari bahan-bahan segar yang Anda siapkan.

Lalu apa yang seharusnya tersedia dalam bekal makan anak? Menu yang bisa Anda siapkan kurang lebih terdiri dari:

  • Buah segar
  • Protein seperti daging tanpa lemak, telur rebus, atau selai kacang
  • Sayuran, disarankan yang renyah seperti wortel
  • Susu atau produk olahannya seperti stik keju, keju parut, atau yoghurt
  • Karbohidrat kompleks seperti roti gandum atak crackers
  • Air putih

Agar anak semangat dengan bekal makannya, Anda bisa mengajaknya ikut serta dalam proses persiapannya. Diskusikan dengan anak dan siapkan bahan-bahannya pada malam sebelumnya untuk mempersingkat persiapan esok paginya.

Usahakan bekal yang dibawa tidak mudah tumpah, tidak cepat basi, dan mudah dikonsumsi anak. Untuk anak yang usianya lebih kecil, bekal untuknya bisa dalam bentuk potongan kecil sesuai dengan kemampuan makan anak.

Alasan-alasan pentingnya anak membawa bekal ke sekolah yang disebut di atas diharapkan bisa membuat orang tua lebih bersemangat dalam menyiapkannya. Kesehatan anak terjaga dan terpantau, anak pun juga bisa terhindar dari kebiasaan jajan sembarangan. Anda pun berkontribusi dalam menjaga energi dan konsentrasi anak di sekolah, yang akan berdampak pada kecerdasan dan prestasinya.

Lewat bekal makan yang Anda siapkan, anak pun juga akan merasakan bahwa Anda curahan kasih sayang dari orang tuanya. Mengingat besok adalah Hari Bawa Bekal Nasional, yuk siapkan bekal makan spesial untuk anak!

(RN/ RVS)

Lanjutkan Membaca ↓