Kiat Menyiasati Bekal Sehat agar Anak Tak Bosan

Oleh dr. Nitish Basant Adnani BMedSc MSc pada 12 Apr 2019, 15:20 WIB
Menyusun bekal sehat yang bervariasi bagi anak terkadang membuat orang tua kehabisan ide. Bagaimana cara menyiasatinya?
Kiat Menyiasati Bekal Sehat agar Anak Tak Bosan (Ermolaev-Alexander/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Untuk anak yang bersekolah, bekal makan siang menjadi salah satu hal yang penting agar mereka tetap memiliki energi yang cukup untuk beraktivitas sepanjang waktunya di sekolah. Oleh sebab itu, penting untuk memastikan bahwa menu bekal anak tidak hanya sehat namun juga bervariasi, agar anak tidak bosan. Selain itu, menyiapkan bekal untuk anak merupakan cara untuk membentuk pola hidup sehat bagi anak dan memberikan makanan yang bergizi untuk mereka.

Penelitian mengenai hal ini menunjukkan bahwa menetapkan pola makan yang sehat sejak usia dini dapat memengaruhi pilihan pola makan di masa depan. Oleh sebab itu, bekal yang bergizi merupakan kunci dari pola makan sehat seseorang pada saat mencapai usia dewasa.

Lalu, apa saja tips yang dapat diterapkan untuk menyiapkan bekal sehat bagi anak yang hendak berangkat ke sekolah, sekaligus agar anak tidak bosan?

1. Tambahkan whole grains pada bekal anak

Menambahkan makanan yang mengandung whole grains pada bekal anak bisa menjadi kesempatan yang baik untuk memberikan asupan serat, magnesium, dan beberapa zat gizi lainnya bagi anak. Selain itu, juga bisa menjadi cara untuk memperkenalkan rasa dari whole grains yang sehat kepada anak. Salah satu tips yang bisa Anda coba adalah saat membuat bekal roti isi, biskuit, atau pasta, pilih roti yang terbuat dari bahan whole grains.

2. Pastikan anak mengonsumsi sayur dan buah yang cukup

Buah dan sayur merupakan salah satu kelompok makanan yang penting untuk dikonsumsi oleh anak, karena memberikan anak berbagai vitamin, mineral, antioksidan, dan komponen-komponen lainnya yang dibutuhkan untuk proses pertumbuhan dan perkembangan sang buah hati.

3. Batasi asupan snack yang diproses

Walaupun chips atau cookies sangat disukai oleh anak, makanan tersebut mengandung garam atau gula yang tinggi. Memasukkan jenis makanan tersebut dalam menu bekal anak sehari-hari bisa membuat berat badan anak meningkat. Kondisi ini juga berdampak pada kesehatannya di masa depan. Oleh sebab itu, batasi asupan snack yang dikonsumsi anak, misalnya dengan hanya menggunakan makanan jenis tersebut seminggu sekali.

4. Pertahankan konsistensi dan variasi

Mempersiapkan bekal yang bergizi bagi anak secara konsisten dapat membantu menjaga agar anak tetap sehat seiring dengan pertumbuhannya. Membiasakan anak mengonsumsi makanan yang sehat sangat bermanfaat untuk kesehatannya. Selain itu, mempertahankan variasi menu bekal dapat membuat anak tidak mudah merasa bosan.

Menyusun bekal sehat bagi anak merupakan salah satu cara untuk membantu memastikan agar anak tetap berenergi untuk menjalani aktivitas di siang hari, serta menjaga agar tumbuh kembang anak berlangsung dengan optimal. Selain itu, mengonsumsi makanan yang bergizi juga dapat meningkatkan prestasi dan performa anak di sekolah. Oleh sebab itu, jangan ragu-ragu untuk selalu giat mencari pilihan menu bekal sehat yang dapat dipersiapkan, agar menu yang sehat tersebut tetap disukai oleh anak.

[RVS]