Kiat Hidup Sehat Bebas Diabetes

Oleh Ayu Maharani pada 12 Apr 2019, 16:00 WIB
Bagi Anda yang memiliki riwayat keturunan diabetes atau tidak, beberapa kiat hidup sehat ini bisa diterapkan agar terhindar dari diabetes.
Kiat Hidup Sehat Bebas Diabetes (Goodluz/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Kamis kemarin (11/4), penyanyi senior Mus Mulyadi meninggal dunia akibat penyakit diabetes yang telah dideritanya selama 12 tahun. Pada 2009, pria berusia 73 tahun itu sempat mengakui bahwa pola makan yang buruk merupakan alasan diabetes bisa menyerang tubuhnya.

Pola makan dan gaya hidup yang buruk memang dapat memicu diabetes. Untuk mencegahnya, Anda bisa menerapkan lima kiat hidup sehat yang dianjurkan oleh para dokter di bawah ini.

1. Kontrol berat badan Anda

Kepada KlikDokter, dr. Kartika Mayasari mengatakan bahwa pemicu yang paling sering adalah kelebihan berat badan atau obesitas. “Orang yang obesitas memiliki kemungkinan 7 kali lebih besar untuk terkena diabetes ketimbang mereka yang memiliki berat badan ideal,” ujar dr. Kartika.

Cara untuk menurunkan berat badan tak perlu menggunakan cara yang menyiksa, kok. Menurut dr. Kartika, cobalah secara konsisten lakukan jalan cepat selama 30 menit setiap hari. Selain bisa mengontrol bobot tubuh, hal tersebut dapat menurunkan risiko diabetes sampai 50 persen.

2. Jaga pola makan Anda

Selain membatasi konsumsi gula – terutama makanan dan minuman kemasan – kadar  gula darah juga dapat dijaga dengan cara rutin mengonsumsi makanan berserat. Hal itulah yang ditekankan oleh dr. Karin Wiradarma dari KlikDokter. Menurutnya, sudah ada penelitian yang menunjukkan bahwa konsumsi serat dapat menurunkan resistansi insulin yang merupakan penyebab dari diabetes.

“American Association of Diabetes menyarankan Anda untuk konsumsi serat sebanyak 20-35 gram per hari. Ini adalah salah satu metode untuk membantu mengendalikan kadar gula darah, di luar pengonsumsian obat,” tutur dr. Karin.

Adapun beberapa rekomendasi makanan kaya serat yang dapat Anda konsumsi, antara lain oatmeal, kacang-kacangan yang tidak digoreng, brokoli, alpukat , pir, serta buah beri (stroberi, rasberi, blackberry, dan bluberi).

3. Rutin kontrol kadar gula darah

Menurut dr. Alvin Nursalim, SpPD dari KlikDokter, salah satu hal penting yang berperan dalam pengendalian penyakit diabetes adalah kontrol gula darah yang baik. Tindakan ini dapat dilakukan dengan rutin mengunjungi dokter untuk memantau kadar gula darah.

Deteksi dini juga dianggap sangat penting. Itu karena berdasarkan data Badan Kesehatan Sedunia (WHO), 1 dari 2 orang penyandang diabetes belum terdiagnosis. Artinya, ada sangat banyak individu dengan diabetes yang belum mengetahui tentang kondisinya. Deteksi dini diabetes memungkinkan Anda untuk melakukan diet sebelum telanjur mengalami komplikasi.

4. Olahraga teratur

Bagi Anda yang memang belum terdiagnosis diabetes mellitus, berolahraga secara teratur dapat membantu memelihara berat badan dan kesehatan secara keseluruhan. Namun, bagi Anda yang sudah telanjur terdiagnosis, dr. Alvin mengatakan bahwa olahraga dapat mencegah komplikasi diabetes terjadi.

“Lakukan olahraga lima kali seminggu dengan durasi minimal 30 menit. Selain jalan cepat, Anda juga bisa memilih olahraga berenang,” kata dr. Alvin.

5. Berhenti merokok dan batasi konsumsi alkohol

Mungkin rokok  lebih identik dengan penyakit jantung dan kanker paru-paru, sedangkan alkohol lebih identik dengan penyakit hati. Namun, menurut dr. Astrid Wulan Kusumoastuti dari KlikDokter, keduanya mesti dihindari bila Anda ingin bebas dari penyakit diabetes.

Meski terlihat umum, lima cara di atas memang berpengaruh terhadap kondisi kesehatan Anda, khususnya terkait diabetes. Faktor risiko seperti riwayat keturunan memang tidak bisa disangkal, tetapi bukan berarti risikonya tidak bisa Anda minimalkan. Jadi, terapkan kiat hidup sehat di atas mulai sekarang!

[HNS/ RVS]