Kebiasaan Ngemil yang Aman dan Sehat

Oleh dr. Alberta Jesslyn Gunardi. BMedSc Hons pada 13 Apr 2019, 09:30 WIB
Tidak salah jika Anda memiliki kebiasaan ngemil. Hanya saja, pilihlah camilan yang aman dan sehat untuk menghindari obesitas.
Kebiasaan Ngemil yang Aman dan Sehat (Foto: Hanna Kuprevich/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Hampir semua orang suka ngemil saat sedang bekerja, nonton, belajar, dan kegiatan lainnya. Meski menyenangkan, kegiatan ini kerap dikaitkan dengan obesitas. Meski tidak sepenuhnya salah, Anda bisa “mengakali” kebiasaan ini dengan mengonsumsi camilan yang sehat agar terhindar dari obesitas.

Ngemil yang sehat

Ngemil adalah kegiatan mengonsumsi makanan dan minuman di luar waktu makan besar seperti sarapan, makan siang, dan makan malam. Mengemil tidaklah selalu buruk dan berhubungan dengan obesitas.

Beberapa kalangan, seperti orang dengan berat badan kurang, anak-anak, dan lanjut usia, juga perlu ngemil. Apalagi jika mereka yang tidak dapat mengonsumsi makanan dengan porsi yang cukup pada makan besar.

Di sisi lain, menurut hasil penelitian, ngemil lebih berhubungan dengan kontrol nafsu yang lebih baik dibandingkan dengan makan tiga kali sehari. Penelitian lain juga menunjukkan bahwa orang yang rutin ngemil memiliki asupan kalori harian yang lebih sedikit dan indeks massa tubuh lebih rendah. Namun, jenis makanan yang dikonsumsi sangatlah berpengaruh.

Camilan yang sebaiknya Anda pilih tentunya harus yang bernutrisi. Agar tidak mengakibatkan obesitas, pilihlah cemilan yang aman dan sehat, yaitu:

  1. Buah dan sayur

Buah dan sayur merupakan makanan yang sangat bernutrisi dan sehat. Kedua asupan ini punya banyak manfaat untuk kesehatan dan kaya akan vitamin serta mineral.

Kandungan serat yang tinggi pada sayur dan buah juga dapat memberikan rasa kenyang lebih lama dan mengurangi keinginan mengemil. Buah dan sayur yang sering dijadikan cemilan antara lain pisang, apel, jeruk, kiwi, brokoli, dan tomat.

  1. Biji-bijian dan kacang-kacangan

Biji-bijian dan kacang-kacangan merupakan camilan yang aman dan sehat dikonsumsi. Kelompok makanan ini mengandung protein yang tinggi yang bernutrisi bagi tubuh.

Selain itu, mereka juga mengandung lemak yang sehat, serta vitamin dan mineral. Dalam kelompok ini, Anda dapat mengonsumsi biji chia, biji wijen, biji flax, biji bunga matahari, kacang almon, mede, pistachio, dan hazelnut.

  1. Susu

Susu termasuk asupan camilan penting, terutama bagi anak dan ibu hamil, yang aman dan sehat untuk dikonsumsi. Kandungan kalsium dalam susu juga baik untuk pertumbuhan tulang. Untuk anak-anak dan ibu hamil dapat mengonsumsi susu penuh lemak.

Lemak dibutuhkan untuk pertumbuhan dan perkembangan sang anak dan sang janin. Sementara Anda yang dalam kondisi normal, dapat mengemil susu rendah lemak.

  1. Produk olahan susu

Produk olahan susu, seperti keju dan yoghurt, juga merupakan camilan yang sehat dan aman dikonsumsi. Keju mengandung asam amino yang lengkap sehingga berperan dalam sintesis protein untuk membangun jaringan otot dan metabolisme sel tubuh dan tulang.

Keju juga mengandung protein yang cukup tinggi. Adapun, yoghurt merupakan salah satu produk olahan susu yang difermentasi, tapi tetap kaya akan nutrisi. Yoghurt mengandung karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral. Yoghurt juga mengandung probiotik yang merupakan bakteri baik untuk sistem pencernaan.

Jadi, ngemil tidak selalu berdampak negatif pada tubuh. Yang terpenting, pilih jenis camilan yang sehat. Mengonsumsi camilan sehat bahkan dapat mengurangi nafsu makan Anda sehingga terhindar dari obesitas. Keempat camilan sehat di atas dapat menjadi pilihan Anda yang gemar ngemil, tapi ingin tetap sehat.

[HNS/ RVS]