Aplikasi Program Hamil Berguna Lainnya Selain Kalender Kesuburan

Oleh dr. Jessica Florencia pada 14 Apr 2019, 10:00 WIB
Kadang memiliki kalender kesuburan saja tidak cukup. Mungkin Anda perlu aplikasi program hamil lainnya yang bisa berguna.
Aplikasi Program Hamil Berguna Lainnya Selain Kalender Kesuburan (aslysun/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Perencanaan kehamilan merupakan waktu yang mendebarkan dan  sekaligus penuh harap. Tak sedikit yang harus dipersiapkan oleh Anda dan pasangan. Salah satunya adalah kalender kesuburan. Namun, kadang itu saja tak cukup. Perlu ada persiapan lainnya, mungkin dengan menambah memiliki aplikasi program hamil lainnya.

Sebelum mengarah lebih jauh pada aplikasi program hamil, mari membahas lebih lanjut mengenai kalender kesuburan. Dalam mempersiapkan kehamilan, wanita perlu mengetahui siklus menstruasi atau haid dengan baik. Hal ini berkaitan dengan berkaitan dengan penentuan masa subur. Masa subur merupakan periode penting untuk Anda dan pasangan berhubungan seks, sehingga terjadi kehamilan.

Hal lain yang harus diperhatikan dalam program hamil

Selain memiliki kalender masa subur, ada lain beberapa hal lain yang harus diperhatikan. Di antaranya adalah:

1. Pengendalian berat badan

Dalam perencanaan kehamilan, berat badan yang terlalu berlebih maupun yang terlalu kurang harus terlebih dahulu diperbaiki. Hal ini bukan saja untuk meningkatkan keberhasilan kehamilan, tetapi juga untuk mendukung kehamilan yang sehat dan terhindar dari komplikasi yang dapat membahayakan kehamilan nantinya.

2. Hal-hal yang harus dihindari

Ada beberapa hal penting yang harus dihindari dalam persiapan kehamilan. Mulai dari merokok, konsumsi obat-obatan, dan alkohol. Hal ini penting untuk diingat agar perencanaan kehamilan berlangsung lancar dan kehamilan nantinya dapat tetap sehat dan tidak dibayangi oleh penyakit-penyakit.

3. Makanan yang dianjurkan untuk dikonsumsi

Bicara mengenai persiapan kehamilan, ada beberapa nutrisi yang direkomendasikan untuk dikonsumsi demi perjalanan kehamilan yang sehat. Nutrisi yang dimaksud adalah asam folat, kalsium, dan vitamin D. Selain itu, kombinasi makanan yang sehat dan bervariasi dapat menunjang kesehatan calon ibu. Calon ayah juga harus memperhatikan asupan makanannya agar tubuh lebih sehat.

4. Pola hidup sehat

Istirahat yang cukup, olahraga teratur, serta mampu mengelola stres dengan baik juga merupakan faktor penting dalam merencanakan kehamilan.

5. Pemeriksaan kesehatan

Pemeriksaan kesehatan penting untuk mengetahui kondisi tubuh, baik fisik maupun mental, sebagai persiapan kehamilan. Pemeriksaan organ reproduksi juga perlu dilakukan untuk mengetahui organ reproduksi calon ibu dan calon ayah, apakah ada gangguan atau ada yang perlu diperbaiki secara medis atau tidak.

Pemeriksaan kesehatan ini juga berperan penting untuk mengetahui apakah terdapat berbagai masalah yang berkaitan dengan genetik, yang mungkin dapat memengaruhi kesehatan calon bayi nantinya.

1 of 2

Aplikasi program hamil lainnya yang dapat membantu

Banyaknya aplikasi perencanaan kehamilan yang tersedia untuk smartphone bisa jadi bikin Anda kebingungan dalam memilih. Kriteria yang paling penting yang harus dipastikan dalam memilih aplikasi adalah kualitas informasi dan sumber informasinya. Baiknya adalah memilih aplikasi yang menyertakan informasi medis dari sumber yang terpercaya.

Kriteria lainnya yang harus sebisa mungkin Anda cari antara lain:

  • Aplikasi yang menyediakan informasi seperti: memantau berat badan sebelum hamil dan rekomendasi nutrisi.
  • Aplikasi yang mengobservasi dan merekam tanda-tanda masa subur. Cari aplikasi yang mengindikasikan kapan hari terbaik untuk berhubungan seks dan kapan harus menggunakan tes pack.
  • Aplikasi yang dapat memonitor suhu basal tubuh. Ini dapat membantu Anda mengerti kadar hormon dalam tubuh.
  • Aplikasi yang menggunakan algoritma memadai untuk mengalkulasi data. Aplikasi seperti ini dapat membantu memperkirakan risiko kehamilan berdasarkan waktu mulai dan selesai menstruasi. Ini dapat memprediksi waktu menstruasi selama beberapa bulan ke depan.
  • Cari aplikasi yang memberikan notifikasi jika siklus menstruasi tidak normal.

Anda juga bisa mengunduh aplikasi KlikDokter, dimana Anda dapat chat langsung tim dokter selama 24 jam. Anda juga bisa mengandalkan live chat bersama dengan dokter spesialis kandungan dan kebidanan dari KlikDokter.

Itu dia beberapa panduan dalam memilih aplikasi program hamil selain kalender kesuburan. Selain itu, jangan lupa juga untuk menerapkan pola hidup sehat dan berkonsultasi dengan dokter spesialis kebidanan dan kandungan agar bisa membuat perencanaan dengan lebih matang sesuai dengan kondisi.

(RN/ RVS)

Lanjutkan Membaca ↓