Khasiat Makan Yoghurt Saat Kena Radang Tenggorokan

Oleh dr. Melyarna Putri pada 15 Apr 2019, 11:30 WIB
Radang tenggorokan memang bisa bikin sulit menelan, tapi jangan sampai malas makan! Coba, deh, makan yoghurt saat terkena penyakit ini!
Khasiat Makan Yoghurt Saat Kena Radang Tenggorokan (Gulsina/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Terkena sakit radang tenggorokan bisa bikin penderitanya tersiksa. Tidak enak makan, tidak enak minum, tubuh pun menjadi lemas karena kurang asupan dan cairan. Meski demikian, jangan pasrah dan tetaplah berusaha untuk makan dan minum. Nah, katanya konsumsi yoghurt dianjurkan, yang katanya berkhasiat untuk mengobati radang tenggorokan. Benar atau tidak, ya?

Hampir semua orang pernah mengalami radang tenggorokan. Selain merasa nyeri, radang tenggorokan umumnya diawali dengan rasa tidak nyaman, pegal, dan linu di seluruh tubuh. Terkadang gejala juga disertai demam, sehingga aktivitas pun mau tak mau jadi terganggu. Penyebab tersering dari radang tenggorokan adalah virus. Namun, infeksi bakteri juga dapat menyebabkan radang tenggorokan.

Bila disebabkan oleh bakteri, radang tenggorokan bisa ditandai dengan batuk berdahak, dengan lendir berwarna kekuningan. Infeksi virus dapat juga bisa menyerang bersamaan dengan bakteri.

Terdapat berbagai cara untuk meredakan keluhan radang tenggorokan. Mulai dari cara alami seperti madu atau jahe, hingga konsumsi obat-obatan dokter. Nah, jika Anda lebih senang dengan pengobatan alami, Anda bisa mengonsumsi yoghurt saat radang tenggorokan.

Probiotik, jagoan dalam yoghurt

Yoghurt termasuk golongan probiotik. Probiotik merupakan bakteri baik yang memberikan manfaat kesehatan bagi manusia. Lengkapnya, probiotik adalah bakteri baik di dalam usus yang akan menghasilkan antibiotik, yang membantu kebutuhan usus dalam proses metabolisme, dan meningkatkan daya tahan tubuh.

Supaya dapat bekerja dengan baik, probiotik harus diberi ‘makanan’ yang sesuai, yaitu berupa serat. Nantinya, probotik akan menghasilkan short-chain fatty acids (SCFAs), yakni hasil akhir fermentasi probiotik terhadap serat. SCFAs ini berperan penting untuk kesehatan usus Anda.

Bakteri baik yang termasuk dalam probiotik contohnya adalah Bifidobacterium dan laktobasilus. Tidak hanya untuk kesehatan usus, konsumsi probiotik juga dapat menurunkan risiko penyakit diabetes , penyakit jantung dan pembuluh darah, dan penyakit ginjal.

Konsumsi probiotik yang terkandung di dalam yoghurt juga akan meningkatkan struktur kekebalan tubuh manusia. Sebuah penelitian menyebutkan bahwa konsumsi yoghurt selama empat minggu akan meningkatkan bakteri baik laktobasilus dan Bifidobacterium, dan meningkatkan kekebalan tubuh. Lantas, bagaimana peran probiotik untuk memerangi radang tenggorokan?

Khasiat yoghurt untuk mengobati radang tenggorokan

Radang tenggorokan adalah penyakit yang umum terjadi baik pada orang dewasa maupun anak-anak. Penularannya tergolong sangat mudah, yaitu melalui droplet yang tersebar di udara. Oleh sebab itu, penggunaan masker ketika terkena radang tenggorokan sangat penting untuk mencegah penularan.

Radang tenggorokan merupakan gejala tidak nyaman di tenggorokan yang disebabkan oleh infeksi bakteri atau virus. Infeksi dapat terjadi ketika sistem kekebalan tubuh manusia ‘kalah’ melawan infeksi kuman penyebab penyakit.

Gejalanya biasanya berupa nyeri saat menelan hingga gangguan pada suara. Proses penyembuhan penyakit ini bergantung pada kuman penyebabnya, biasanya memakan waktu sekitar 5-14 hari.

Beberapa sumber mengatakan bahwa peran probiotik sangat baik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh manusia, agar tidak kalah melawan kuman penyakit. Inilah yang ditawarkan yoghurt kepada para penderita radang tenggorokan.

Hal unik lainnya dari probiotik adalah, setiap jenis bakteri baik akan memiliki fungsi yang berbeda. Misalnya Bifidobacterium dan laktobasilus untuk kesehatan usus. Ada pula jenis lainnya yang bisa membantu meredakan radang tenggorokan, yaitu Streptococcus Salivarius K12.

Bakteri ini juga bakteri baik yang target kerjanya adalah rongga mulut. Konsumsi bakteri baik ini diharapkan akan membantu meningkatkan kekebalan tubuh dan akhirnya dapat menurunkan bakteri jahat yang menyebabkan radang tenggorokan.

Sayangnya pada beberapa penelitian, pemberian probiotik jenis Streptococcus Salivarius K12 hasilnya belum seragam. Ada yang terbukti memberikan efek baik, tetapi ada pula yang tidak memberikan efek yang signifikan.

Jadi, benar bahwa yoghurt dapat berkhasiat jika dikonsumsi saat sedang terkena tenggorokan. Tak cuma karena kandungan laktobasilus dan Bifidobacterium baik untuk kesehatan, terutama meningkatkan kesehatan saluran cerna dan menurunkan risiko penyakit metabolik seperti jantung dan diabetes. Meski peran priobiotik dalam yoghurt terhadap radang tenggorokan belum benar-benar terbukti secara klinis, tetapi manfaatnya dalam hal meningkatkan daya tahan tubuh bisa Anda manfaatkan agar tubuh tak kalah dari kuman penyakit.

(RN/ RH)