Mengenal Ragam Perawatan Kecantikan untuk Kulit

Oleh dr. Theresia Rina Yunita pada 15 Apr 2019, 11:45 WIB
Merawat kulit amat disarankan untuk mendapatkan kulit cantik dan sehat. Berbagai perawatan kecantikan berikut ini bisa jadi pilihan Anda.
Mengenal Ragam Perawatan Kecantikan untuk Kulit (Rido/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Memiliki kulit yang cantik dan sehat dapat diperoleh dengan melakukan perawatan kecantikan secara rutin. Berbagai jenis perawatan yang sedang populer saat juga boleh Anda coba. Tapi sebelum itu, kenali dulu apa saja perawatan yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

  • Chemical peeling

Peeling, atau proses pengelupasan kulit merupakan salah satu perawatan kulit yang diandalkan sebagian besar orang. Prosedur ini membantu mengangkat sel kulit mati, sehingga medorong regenerasi sel kulit baru.

Dengan begitu kulit akan tampak lebih cerah, terasa halus dan noda hitam pun memudar. Perawatan kulit ini menawarkan 3 jenis cairan peeling dengan konsentrasi ringan, sedang dan dalam. Penggunaan cairan tersebut tergantung pada kondisi kulit Anda.

  • Mikrodermabrasi

Merupakan perawatan kulit untuk mengangkat kulit lapisan luar atau epidermis. Mikrodermabrasi juga merangsang pertumbuhan sel kulit baru dan kolagen, serta memperlancar peredaran darah.

Perawatan ini dapat mencerahkan dan menghaluskan kulit, menghilangkan flek serta mengecilkan pori-pori.

  • Radio frekuensi

Perawatan ini menggunakan energi panas yang dihantarkan ke lapisan kulit bagian dalam, sehingga merangsang produksi kolagen, membuat kulit tampak lebih bercahaya dan kenyal. Selain itu, aliran panas ke bawah kulit juga mampu menghancurkan lemak dan mengatasi penurunan kulit (sagging).

  • Filler

Berfungsi mengisi garis halus atau lipatan dengan zat asam hialuronat, kolagen maupun lemak autologous yang berasal dari tubuh. Filler bekerja memperbaiki kontur wajah serta menambah volume pada bagian tertentu, misalnya pada bibir.

Perawatan ini dapat menyamarkan keriput, kantung mata, hingga memperbaiki bentuk wajah menjadi lebih ideal.

  • Suntik botox

Botox dapat menyamarkan keriput serta mengecilkan otot rahang. Setelah melakukan suntik botox, kulit Anda akan tampak lebih kenyal dan kencang. Jika diperhatikan, kulit juga akan tampak lebih tirus dari sebelumnya, sehingga mempercantik penampilan.

  • Laser

Berbagai macam laser untuk kecantikan memiliki fungsinya masing-masing. Umumnya laser akan merangsang bagian kulit terdalam untuk meproduksi kolagen serta meregenerasi kulit.

Efek yang didapatkan setelah perawatan ini beraneka ragam, mulai dari menyamarkan noda hitam, mencerahkan, mengenyalkan, dan mengencangkan kulit, serta menyamarkan bekas luka.

  • Skin needling (roller)

Dermaroller atau skin needling adalah sebuah alat berupa roller dengan ratusan jarum kecil yang menempel. Cara kerjanya yaitu dengan menjalankan roller di atas kulit untuk merusak jaringan kulit mati agar segera terbentuk kulit yang baru.

Ukuran jarum yang digunakan tergantung kedalaman bekas luka yang ada pada wajah. Semakin dalam bopeng, maka semakin panjang pula jarum yang perlu digunakan agar hasilnya maksimal. Perawatan ini cukup populer karena lebih murah dari perawatan yang disebutkan sebelumnya.

Itulah beberapa perawatan kecantikan yang dapat Anda pilih. Dalam memilih jenis perawatan yang tepat, sebaiknya pertimbangkan kondisi kulit dan tujuan yang ingin Anda capai.

Sebelum melakukan perawatan tersebut, ada baiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter ahli kulit atau kecantikan untuk memastikan tindakan apa yang sesuai bagi kulit Anda.

Walau tergolong sederhana, berbagai perawatan kecantikan kulit di atas bukan berarti tanpa efek samping atau komplikasi. Oleh sebab itu, prosedur harus dilakukan oleh dokter yang kompeten di bidangnya serta di klinik yang sudah terstandardisasi.

[NP/ RVS]