Siap-siap Pemilu, Caleg Perlu Konsumsi Makanan Sehat Ini

Oleh Ayu Maharani pada 15 Apr 2019, 16:40 WIB
Menjelang Pemilu para caleg sebaiknya tetap menjaga kesehatan dengan mengonsumsi makanan sehat berikut ini.
Siap-siap Pemilu, Caleg Perlu Konsumsi Makanan Sehat Ini (Rimma-Bondarenko/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Sebagai calon legislatif alias caleg yang sedang bertarung dalam Pemilu, pasti dilanda rasa khawatir terhadap kegagalan lolos dalam “pertarungan” tersebut. Jika tak pintar-pintar menahan stres dan menjaga kesehatan tubuh, Anda - jika saat ini menjadi calon legislatif – bisa langsung jatuh sakit usai Pemilu diselenggarakan.

Tak ingin hal tersebut sampai terjadi, bukan? Jika memang begitu, berikut adalah beberapa makanan yang sebaiknya Anda konsumsi secara rutin mulai saat ini:

1. Apel

Mendekati Pemilu, para caleg akan banyak mendapat kunjungan atau menghadiri berbagai pertemuan. Nah, pada pertemuan atau usai pertemuan, biasanya akan ada acara makan-makan yang biasanya diisi oleh sejumlah asupan lezat yang belum tentu sehat.

Oleh sebab itu, dr. Resthie Rachmanta Putri, M.Epid dari KlikDokter menyarankan Anda untuk menyantap apel setiap hari. Ini karena buah tersebut memiliki kandungan kalsium, kalium, magnesium, serta vitamin C yang tinggi.

“Apel dapat menurunkan risiko batu ginjal. Secara tak langsung, apel juga dapat menurunkan risiko terkanan darah tinggi atau hipertensi, diabetes, obesitas, dan jantung koroner,” jelas dr. Resthie.

2. Makanan rendah garam

Caleg yang memiliki riwayat tekanan darah tinggi atau hipertensi sebaiknya berhati-hati dalam memilih makanan yang hendak dikonsumsi. Hal ini dilakukan demi mencegah kekambuhan penyakit, yang bisa berujung pada kondisi fatal. Maka, dr. Alvin Nursalim SpPD dari KlikDokter merekomendasikan Anda untuk mengonsumsi makanan yang rendah garam, yakni kurang dari 6 gram dalam sehari.

“Hal ini tentu bukan sesuatu yang mudah, karena makanan sekitar kita mengandung banyak garam. Lebih baik siasati dengan membuat makanan sendiri di rumah. Dengan begitu, Anda dapat mengantur jumlah garam yang digunakan,” jelas dr. Alvin.

1 of 2

Selanjutnya

3. Makanan rendah minyak

Selain mengonsumsi makanan yang rendah garam, dr. Alvin juga menyarankan Anda untuk mengonsumsi makanan rendah minyak. Itu karena kandungan minyak berlebih pada makanan yang digoreng dengan teknik deep frying ataupun makanan cepat saji dapat menyebabkan peningkatan kadar kolesterol jahat. Semakin tinggi kadar kolesterol jahat, semakin besar pula kemungkinan terjadinya penyakit jantung, serangan jantung, dan stroke.

4. Ikan laut

Berdasarkan penjelasan dr. Dyah Novita Anggraini dari KlikDokter, salmon dan tuna mengandung omega-3 yang merupakan sumber asam lemak tak jenuh serta kaya akan kolesterol baik (HDL). Kombinasi zat gizi tersebut mampu menarik kolesterol jahat (LDL) dari sirkulasi darah, sehingga mencegah terjadinya penyakit jantung, serangan jantung, dan strok.

“Menurut American heart Association, salmon baik untuk dikonsumsi setidaknya 2 kali seminggu. Biar lebih sehat, Anda dapat menyajikannya dengan cara dikukus,” tutur dr. Vita.

5. Cokelat hitam

Cokelat memiliki segudang manfaat bagi tubuh, khususnya bila dikonsumsi pada porsi yang tepat. Namun, yang dimaksud di sini adalah cokelat hitam, bukan cokelat susu ataupun cokelat putih. Pasalnya, cokelat hitam alias dark chocolate memiliki kandungan flavonol yang bersifat memberikan perlindungan untuk jantung dan pembuluh darah.

Menjadi caleg yang memperebutkan kursi dalam Pemilu memang membutuhkan banyak pengorbanan. Namun, jangan sampai Anda mengorbankan kesehatan diri hingga berakibat fatal. Maka dari itu, jagalah kondisi fisik dengan mengonsumsi makanan di atas, terutama bagi para caleg yang sedari awal memiliki riwayat penyakit tertentu. Dengan demikian, saat hasil pemilu tidak sesuai harapan, penyakit mematikan tidak akan datang dan memperburuk keadaan.

(NB/ RVS)

Lanjutkan Membaca ↓