Sering Mencukur Bulu Kaki? Kenali Masalah Kaki Stroberi!

Oleh Ayu Maharani pada 15 Apr 2019, 17:00 WIB
Sering mencukur bulu kaki dengan sembarangan bisa menimbulkan masalah kaki stroberi. Kondisi apa itu?
Sering Mencukur Bulu Kaki? Kenali Masalah Kaki Stroberi! (aijiro/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Bagi sebagian besar wanita, bulu-bulu yang berada di tubuh, terutama kaki, dianggap mengganggu penampilan. Alhasil, sebagian kaum Hawa pun selalu bersahabat dengan alat cukur. Padahal, tanpa mereka sadari, terlalu sering mencukur bulu kaki dengan alat cukur manual bisa menimbulkan kondisi kaki stroberi!

Coba Anda ingat-ingat lagi bentuk dari buah stroberi. Bukan masalah bentuknya yang kecil, tetapi lebih kepada permukaan kulitnya. Ya, kulit stroberi berwarna merah dan berbintik-bintik agak kasar.

Dilansir dari Reader’s Digest, dokter kulit Ava Shamban, MD, mengatakan bahwa kaki stroberi merupakan istilah deskriptif untuk penampilan kulit kaki yang berwarna merah muda disertai bintik-bintik gelap atau putih. Meskipun bintik-bintik pada kulit tersebut cenderung tidak berbahaya, hal tersebut bisa mengganggu penampilan Anda walapun bulu kaki sudah tak terlihat lagi.

Apa penyebab munculnya kaki stroberi?

Kondisi ini umumnya disebabkan oleh cara pencukuran yang tidak benar, menggunakan pisau cukur yang sudah usang, serta tanpa mengoleskan krim cukur terlebih dahulu. Terkadang, pada sebagian orang, silet yang sudah usang ataupun masih cukup baru dibakar terlebih dulu sebelum digunakan untuk mencukur.

Entah apa alasan di balik tindakan itu, tetapi dilansir dari Healthline, membakar silet sebelum mencukur justru dapat memicu timbulnya folikulitis. Itu merupakan peradangan yang terjadi pada folikel rambut, atau tempat rambut tumbuh, yang disebabkan oleh infeksi bakteri.

Infeksi tersebut biasanya diawali dengan gatal serta sensasi terbakar pada kulit. Lalu, muncul benjolan kecil berwarna merah atau seperti jerawat. Jika semakin parah, bintik-bintik tersebut akan membesar, nyeri, dan berisi nanah.

Selain itu, mencukur terlalu sering juga dapat menyebabkan bulu tumbuh ke dalam. Pada beberapa orang, kondisi bulu yang tumbuh ke dalam inilah yang menjadi penyebab utama dari munculnya kaki stroberi, terutama bagi mereka yang memiliki bulu lebat. Kulit di sekitar folikel dapat menjadi lebih gelap sebagai respons terhadap iritasi akibat pencukuran.

Kulit yang kering juga dapat memperburuk gejala kaki stroberi. Semakin kering kaki Anda, maka risiko untuk memiliki permukaan kulit kaki yang merah dan berbintik gelap akan semakin tinggi.

1 of 2

Bagaimana mengatasi dan mencegah kaki stroberi?

Bila Anda termasuk orang yang agak cuek terhadap masalah cukur-mencukur bulu kaki dan berpikiran “yang penting bulu cepat hilang”, sebaiknya ubah dulu perilaku tersebut. Setelah itu, barulah Anda bisa mengatasi kondisi kaki stroberi dan membuat kondisi kaki Anda kembali normal.

Dikutip dari Reader’s Digest dan Healthline, ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengatasi sekaligus mencegah kaki stroberi, yaitu:

  • Eksfoliasi kulit kaki Anda dengan scrub. Eksfoliasi dapat mengangkat sel-sel kulit mati dengan lembut dan membantu mengurangi efek kaki stroberi. Hal itu pun dibenarkan oleh dr. Theresia Rina Yunita dari KlikDokter. “Selain bisa mengangkat sel kulit mati, eksfoliasi juga dapat membuat kulit lebih mudah menyerap nutrisi dan pelembap yang hendak Anda gunakan.” 
  • Bila kondisinya memungkinkan, ketimbang mencukur bulu dengan pisau cukur atau silet, manfaatkanlah teknik penghilangan bulu permanen dengan teknologi laser.  
  • Lembapkan permukaan kulit dengan losion ataupun gel lidah buaya sesudah mandi dan sesudah bercukur. Kenapa sesudah? “Air dapat menarik kelembapan alami kulit dan menyebabkannya mudah kering dan iritasi. Demikian pula dengan mencukur bulu kaki,” jelas dr. Theresia. Mengganti kelembapan yang hilang dapat meringakan gejala kaki stroberi. 
  • Terapkan cara mencukur yang benar. Selalu gunakan pisau cukur yang kondisinya masih baik dan jangan lupa lembapkan dulu permukaan kulit dengan krim atau gel cukur.  

Biasanya, saat bulu tumbuh kembali, gejala kaki stroberi akan mereda dengan sendirinya. Namun, bila Anda terus-menerus melakukan kesalahan dalam mencukur, maka kondisinya akan semakin parah. Bukannya kaki mulus bebas bulu yang didapatkan, melainkan kaki bebas bulu yang merah meradang dan berbintik! Justru hal tersebut lebih menarik perhatian, ketimbang bulu kaki Anda sendiri, ya  kan?

[RS/ RVS]

Lanjutkan Membaca ↓