Tidur Berkualitas, Kunci Hidup Sehat dan Bahagia Fitri Tropica

Oleh Rieke Saras pada 17 Apr 2019, 11:00 WIB
Resep hidup sehat dan bahagia Fitri Tropica sederhana saja: cukup istirahat dengan tidur berkualitas dalam durasi dan waktu yang tepat.
Tidur Berkualitas, Kunci Hidup Sehat dan Bahagia Fitri Tropica (Foto: Rieke Saraswati/Klikdokter)

Klikdokter.com, Jakarta Semua orang pasti setuju kalau Fitri Tropica itu lucu dan energik. Nada suaranya juga sangat khas. Maka ketika ia mengeluarkan celotehan-celotehan iseng, Anda tak bisa tidak tertawa. Mungkin Anda bertanya-tanya, apa sih kunci hidup sehat dan bahagia yang membuat perempuan 31 tahun ini selalu ceria tak kenal waktu? Ternyata rahasianya sangat sederhana, yakni cukup istirahat dalam durasi dan waktu yang tepat.

Saat ditemui oleh KlikDokter di sela-sela syuting di Sinou Kaffee Hausen, Panglima Polim, beberapa waktu lalu, Fitri mengaku bahwa selama ini pola tidurnya agak kacau. Ia sering sekali tidur di atas jam 12 malam. Meski sudah memastikan tidur 8 jam per hari, saat terbangun ia masih merasa lemas. Sampai akhirnya ia bertemu dr. Reino Rambey, Sp.OG, di sebuah acara yang lalu mengubah miskonsepsinya mengenai tidur.

Memperbaiki pola tidur yang berantakan

Fitri menyadari bahwa pola tidurnya berantakan. Pada saat itu pertemuannya dengan dr. Reino membuahkan solusi yang bermanfaat untuk mengatasi pola tidurnya tersebut.

“Aku waktu itu curhat ke dr. Reino soal hormon yang berantakan dan prolaktinku yang tinggi. Dia menyarankanku untuk harus sudah tidur antara pukul 10–2 malam. Katanya, jam tubuh memperbaiki sel dan hormon pada jam-jam segitu,” kata Fitri.

Setelah mencobanya, Fitri memang langsung merasa segar saat bangun pagi. “Pikiran aku terang, happy, dan positif. Awalnya aku mengira penyebabnya karena aku bukan morning person. Tapi akhirnya aku tahu itu karena jam tidurnya yang tidak tepat,” tuturnya.

Untuk menunjang pola tidur berkualitas yang dijalaninya, Fitri yang kini tampil berhijab juga melakukan terapi dengan wewangian aromaterapi. Resepnya adalah menggabungkan 1 tetes fennel, lima tetes lemon, 2 tetes wild orange, dan 1 tetes cedarwood. Ia merasa sangat terbantu dengan cara alami tersebut, karena tidurnya jadi lebih nyenyak.

Fitri juga sebisa mungkin tidak menggunakan ponsel pada pukul 8 malam. Kalaupun ingin tetap bermain ponsel lebih dari pukul 8, Fitri menyarankan untuk mematikan blue light (sinar biru) pada ponsel. “Ponsel itu memancarkan sinar biru, dan ketika masuk lewat mata akan membunuh kantuk karena menghambat melatonin,” ujarnya.

Menurut Fitri, mematikan lampu kamar saat tidur segelap-gelapnya juga penting. “Lampu kamar digelapkan itu membantu supaya produksi melatonin maksimal.”

1 of 2

Tips rambut sehat ala Fitri

Tips rambut sehat ala Fitri (Foto: Rieke Saraswati/Klikdokter)
Tips rambut sehat ala Fitri (Foto: Rieke Saraswati/Klikdokter)

Pola tidur yang berantakan bukanlah satu-satunya masalah yang akhirnya berhasil diperbaiki Fitri demi hidup yang lebih sehat. Masalah kondisi rambut juga pernah menghampirinya.

Tahun 2018 lalu, Fitri memantapkan hatinya untuk berhijab. Setelah menutup rambutnya, ia mengaku mengalami masalah rambut.

“Teman-temanku yang sudah duluan berhijab rata-rata bilang, kalau setelah berhijab rambut akan mengalami kerontokan. Aku kira itu hanya terjadi pada beberapa orang. Tapi ternyata aku mengalaminya sendiri, rambut rontok parah pas keramas.”

Fitri sempat bingung mengapa setelah berhijab ia masih mengalami kerontokan rambut. Padahal ia tidak mencatoknya lagi setiap hari ataupun mewarnainya. “Aku kepikiran karena terasa rambut menipis. Apalagi suamiku pinginnya rambutku panjang lagi sejak berhijab,” tuturnya.

Ia kemudian tahu dari dokter bahwa salah satu penyebab rambut rontok bisa karena akar rambut yang tidak kuat. “Dulu aku terlalu konsen dengan perawatan batang rambut saja. Masker pun tidak pernah sampai di kulit kepala karena takut rambut berminyak. Jadi sekarang aku concern ke produk yang merawat akar rambut juga.”

Diakui oleh Fitri bahwa ia bukan orang yang repot dalam soal kecantikan. Salah satu hal yang menjadi fokus utamanya adalah kesehatan fisik dan mental. Selain tidur berkualitas, “cukup” adalah kata kunci dari Fitri Tropica untuk hidup sehat dan bahagia, lahir dan batin. “Ketika sebanyak apa pun materi yang kita punya, ketika kita tidak merasa cukup, kita tidak akan bahagia,” pungkas Fitri mengakhiri perbincangannya dengan KlikDokter.

[RS/ RVS]

Lanjutkan Membaca ↓