5 Manfaat Bubur Kacang Hijau untuk Anak

Oleh Ayu Maharani pada 19 Apr 2019, 14:00 WIB
Sejak dulu bubur kacang hijau dikenal memiliki sejumlah kebaikan untuk kesehatan anak. Apa saja manfaat yang dimaksud?
5 Manfaat Bubur Kacang Hijau untuk Anak (BELIMBINGperak/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Ingatkah Anda, dulu usai mendapatkan imunisasi di Posyandu, selalu ada hidangan bubur kacang hijau? Mungkin bagi yang tak terlalu peka terhadap manfaat dari kacang hijau, berpikir bahwa pemberian makanan tersebut hanya dilakukan untuk mengenyangkan perut karena sudah lama menunggu. Tapi ternyata, alasannya bukan sekadar itu.

Ada sejumlah manfaat kacang hijau yang memang bagus untuk kesehatan, khususnya bagi anak-anak. Berikut penjelasannya.

  1. Bergizi tinggi dan bagus untuk pertumbuhan

Menurut dr. Karin Wiradarma dari KlikDokter, kacang hijau, baik itu yang diolah menjadi bubur kacang hijau ataupun campuran dari sup bayam, kaya akan protein, karbohidrat, serat, vitamin, dan mineral. Untuk proteinnya, kacang tersebut terdiri atas 20–40% protein.

“Kandungan protein yang ada dalam semangkuk bubur kacang hijau itu manfaatnya banyak. Bisa membantu pertumbuhan dan perkembangan otak, membantu metabolisme, dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh anak,” jelas dr. Karin.

Bila Anda ingin buah hati Anda  tumbuh memiliki tinggi dan berat yang ideal, bubur kacang hijau bisa menjadi solusinya. Sebab, kacang hijau mengandung kalsium, zat besi, dan juga karbohidrat yang sangat penting untuk sumber energi serta tumbuh kembang anak, tanpa terlalu khawatir dengan obesitas.

  1. Melancarkan pencernaan dan menurunkan risiko sakit jantung

Ya, serat dalam sayur dan buah-buahan memang sangat baik untuk pencernaan si Kecil. Tapi sayangnya, tak semua anak menyukai makanan sehat tersebut. Untuk menyiasati agar si Kecil mau menyantap makanan sehat yang kaya akan serat sehingga sistem pencernaannya tidak terganggu akibat susah buang air besar (BAB), sangat disarankan untuk memberikan bubur kacang hijau.

Bahkan, dengan rutin mengonsumsi bubur kacang hijau dengan porsi yang sesuai dan tidak berlebihan, bukan cuma pencernaannya yang terjaga, tetapi juga organ jantungnya. Kandungan antioksidan dalam kacang tersebut dapat menangkal segala “kerusakan” atau peradangan dalam organ tubuh, tak terkecuali organ jantung. Antioksidan fitosterolnya dapat mengontrol lemak darah pada tubuh anak.

1 of 2

Selanjutnya

  1. Mencegah anemia pada anak

Anemia adalah gangguan kesehatan akibat kekurangan zat besi. Tanpa zat besi yang cukup, tubuh tidak mampu memproduksi hemoglobin yang berfungsi membawa oksigen ke seluruh tubuh. Anak yang mengalami anemia akan sering cepat lelah dan pucat.

Bila anak Anda punya anemia, tetapi Anda tak ingin terus-menerus memberinya daging merah karena takut sedari kecil sudah memiliki kolesterol tinggi, maka berikanlah bubur kacang hijau. Selain kacang hijau, jenis kacang lain seperti kacang kedelai, kacang merah, kacang almon, pistachio, dan mete juga dapat membantu mengatasi anemia pada anak Anda.

  1. Membantu memelihara kesehatan tulang

Di usia pertumbuhannya, sangat penting bagi si Kecil untuk memiliki kondisi tulang yang baik. Dengan kondisi tulang yang baik, anak pun bisa melakukan banyak aktivitas sehingga mereka tumbuh menjadi anak yang pandai dan juga sehat.

Selain susu, kacang hijau juga bisa memelihara kesehatan tulang. Di dalam 100 gram kacang hijau terdapat 189 miligram magnesium yang dibutuhkan tubuh untuk menurunkan risiko osteoporosis. Tentu Anda ingin, kan, si Kecil memiliki kepadatan tulang yang sempurna hingga dewasa? Untuk memaksimalkan manfaatnya, akan lebih baik juga bila Anda mengolah bubur kacang hijau dengan susu, bukan dengan santan.

  1. Melebatkan rambut anak

Menurut dr. Dyah Novita Anggraini dari KlikDokter, selain karena faktor genetik, ibu hamil yang rutin mengonsumsi kacang hijau akan melahirkan bayi yang berambut tebal. “Ya, kacang hijau bisa membuat rambut bayi tumbuh lebat. Tapi sebenarnya tak cuma baik untuk rambut, kacang hijau juga membantu memaksimalkan perkembangan janin dalam kandungan,” katanya.

Selain kacang tanah dan kacang kedelai, kacang hijau adalah jenis kacang yang sangat dikenal oleh keluarga Indonesia. Manfaatnya sangat besar untuk kesehatan anak-anak, bahkan janin. Jadi sudah tahu, kan, mengapa anak-anak selalu diberi bubur kacang hijau usai acara Posyandu berakhir? Di Hari Posyandu ini, yuk ingat juga untuk selalu memberikan vaksinasi anak tepat waktu demi mencegah penyakit berbahaya pada kemudian hari.

[RS/ RVS]

Lanjutkan Membaca ↓