Olahraga dengan Wajah Penuh Makeup, Ini Efeknya pada Kulit

Oleh dr. Theresia Rina Yunita pada 19 Apr 2019, 14:40 WIB
Ingin tetap tampil cantik saat olahraga dengan menggunakan makeup? Berikut tipsnya untuk Anda.
Olahraga dengan Wajah Penuh Makeup, Ini Efeknya pada Kulit (Veles-Studio/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Sebagian masyarakat seolah tak bisa lepas dari media sosial. Berbagai unggahan kegiatan sehari-hari, termasuk saat olahraga, pun menjadi materi publikasi yang banyak diminati. Agar selalu terlihat cantik di media sosial, tak jarang seorang wanita menggunakan makeup ketika berolahraga. Padahal, ada dampak buruknya bagi kesehatan kulit, lo!

Wajah penuh makeup berpotensi menyumbat pori-pori kulit. Saat Anda berolahraga, tubuh akan memproduksi banyak keringat dan minyak. Namun, keringat dan minyak ini terhambat akibat tertutup oleh riasan wajah. Akibatnya, keringat dan minyak akan terperangkap dan menyebabkan pertumbuhan bakteri.

Selain itu, pori-pori yang terbuka saat olahraga akan membuat kotoran dan partikel-partikel makeup berpotensi masuk kulit. Hal inilah yang nantinya berpotensi menyebabkan berbagai masalah kulit.

Masalah kulit yang bisa timbul

Seperti yang diungkap sebelumnya, berolahraga degan wajah ber-makeup berpotensi menyebabkan beberapa masalah kulit. Apa saja? Berikut masalah kulit yang dapat terjadi.

  • Iritasi

Wajah normal tanpa makeup saja bisa mengalami iritasi saat olahraga. Hal ini terjadi akibat pengeluaran keringat dan minyak serta pori-pori yang terbuka lebar. Tidak heran wajah bisa tampak kemerahan. Nah, coba bayangkan jika wajah penuh makeup saat berolahraga. Pasti akan lebih menimbulkan iritasi pada kulit.

  • Jerawat

Tersumbatnya pori-pori akibat penggunaan makeup akan membuat penumpukan kotoran dan bakteri di kulit. Hal ini yang dapat memicu timbulnya jerawat atau membuat jerawat semakin meradang.

  • Komedo

Komedo terbentuk akibat sumbatan pada pori-pori. Tidak jarang, komedo ditemui pula pada mereka yang suka pakai makeup saat berolahraga.

Untuk menghindari masalah kulit yang muncul saat berolahraga tersebut, Anda dapat melakukan tips-tips di bawah ini:

  1. Bersihkan wajah dari kotoran dan make up sebelum dan setelah berolahraga.
  2. Siap sedia sabun pencuci wajah dan handuk bersih.
  3. Jangan mengelap keringat wajah menggunakan tangan, gunakan handuk atau tisu.
  4. Jangan menempelkan wajah di matras atau alat-alat olahraga yang digunakan bersama-sama.
  5. Jika kulit sedang bermasalah, sebaiknya tanyakan pada dokter kulit kapan waktu yang tepat untuk berolahraga.
  6. Sehabis melakukan perawatan kulit, seperti laser atau peeling, puasakan olahraga kira-kira 1-2 hari.

Tetap cantik saat olahraga, bisa?

Anda tetap bisa kok tampil cantik saat sedang berolahraga tanpa harus dibebani dengan makeup. Coba terapkan tips ini:

  • Pilih pelembap yang water-based

Sebelum berolahraga, ada baiknya untuk tetap memperhatikan kelembapan kulit.  Anda bisa mencari produk pelembap dengan kandungan water-based. 

  • Gunakan face mist untuk menghidrasi wajah

Gunakan face mist untuk disemprot ke kulit agar kulit tetap terhidrasi dengan baik selama berolahraga. Selain itu, face mist juga berfungsi sebagai cooling down agar tidak terjadi ritasi kulit.

  • Jika tetap ingin, menggunakan makeup yang ringan

Jika Anda tetap ingin pakai riasan, gunakan produk makeup yang ringan dan tidak menutup pori-pori, misalnya bedak tabur atau BB cream. Atau hanya menggunakan riasan pada daerah tertentu, misalnya bibir, alis, dan bulu mata. Hal ini untuk meminimalkan potensi masalah kulit.

Olahraga memang baik untuk kesehatan tubuh termasuk untuk kulit, sehingga kulit menjadi makin cerah dan segar. Akan tetapi, jika Anda berolahraga menggunakan makeup, Anda akan rawan mengalami beberapa masalah kulit. Oleh karena itu lebih baik, biarkan wajah Anda polos tanpa riasan untuk menghindari efek-efek buruk di atas, atau ikuti beberapa saran yang dipaparkan di atas.

[HNS/ RVS]