Tips Cerdas bagi Ayah Saat Bawa Anak ke Posyandu

Oleh Krisna Octavianus Dwiputra pada 19 Apr 2019, 17:00 WIB
Memperingati Hari Posyandu, ada beberapa tips cerdas bagi para ayah yang ingin membawa anaknya ke Posyandu.
Tips Cerdas bagi Ayah Saat Bawa Anak ke Posyandu (happybas/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Posyandu atau Pos Pelayanan Terpadu sampai sekarang masih menjadi ujung tombak pelayanan kesehatan bagi bayi-bayi di Indonesia. Tak sedikit orang tua yang masih memanfaatkan pelayanan ini untuk mengecek kondisi kesehatan bayi mereka. Nah, bagi para ayah yang ingin membawa anaknya ke Posyandu, ada beberapa tips cerdas untuk membantu Anda.

Menurut dr. Nitish Basant Adnani BMedSc, MSc dari KlikDokter, Posyandu adalah salah satu aktivitas berbasis komunitas untuk pelayanan kesehatan di Indonesia. Fasilitas kesehatan ini dapat membantu memantau pertumbuhan balita dengan menimbang berat badan, mengukur panjang atau tinggi badan.

Selain itu, Posyandu juga kadang memberikan layanan vitamin A pada bulan-bulan tertentu. Sementara itu, bila dalam pelaksanaannya balita diketahui mengalami pertumbuhan yang terhambat atau tidak sesuai, Anda bisa mengunjungi sarana kesehatan yang sesuai untuk mendapatkan penanganan yang lebih memadai.

"Posyandu juga dapat memberikan imunisasi pada balita. Imunisasi yang tersedia di Posyandu mencakup hepatitis B, Polio, BCG, DPT, dan campak. Kegiatan ini ditujukan untuk meningkatkan cakupan pemberian imunisasi pada balita, guna mengurangi risiko terjadinya infeksi," ujar dr. Nitish.

Selain pelayanan, para kader Posyandu balita juga dapat memberikan berbagai informasi yang sangat penting untuk para orang tua. Untuk informasi yang diberikan, pada umumnya terkait pemberian ASI eksklusif, pola makan balita, maupun pemantauan tumbuh kembang bayi.

1 of 2

Tips bagi ayah saat membawa anak ke posyandu

Meski biasanya Posyandu ramai dengan ibu-ibu yang membawa anaknya, Anda sebagai ayah tidak perlu malu membawa bayi dan balita ke sana. Anda akan tahu secara langsung perkembangan anak dari dokter. Bagaimanapun, perkembangan kesehatan anak adalah tugas bersama di antara Anda dan istri, bukan?

Nah, Anda yang ingin menemani istri Anda membawa si Kecil ke Posyandu, beberapa tips cerdas di bawah ini bisa Anda ikuti supaya kunjungan Anda bermanfaat. Berikut di antaranya:

1. Tenangkan anak Anda

Saat di Posyandu, bayi akan akan ditimbang, diukur tingginya, kadang juga divaksin. Tak jarang bayi akan rewel dan menangis. “Saat bayi menangis, konsultasi antara ibu dengan bidan terkait bagaimana pola makan, kebiasaan, dan bagaimana si Kecil di rumah, bisa terganggu. Saat itulah sang ayah bisa membantu menenangkan anaknya, mendampingi anak saat rewel. Jadinya, ibunya bisa lebih konsentrasi," ujar dr. Dyan Mega Inderawati dari KlikDokter.

Semua hal di atas dilakukan supaya kondisi tetap kondusif dan tetap tenang. Jadi, ibu bisa konsultasi dengan baik dan menggali lebih dalam soal kesehatan anaknya.

2. Berbagi tugas

Sama seperti ke rumah sakit, bawaan ke Posyandu juga bisa sama banyaknya. Menurut dr. Dyan Mega, ayah harus berbagi tugas. Jika ibu membawa atau menggendong bayi, ayah bisa membawa tas perlengkapan.

Selain itu, di Posyandu juga kadang perlu mengantre. Bila sang istri mengantre, Anda bisa memberi makan atau minum kepada anak Anda atau sebaliknya. Dengan berbagi tugas,  kunjungan Anda di posyandu pun terasa lebih lancar.

3. Perhatikan setiap pemeriksaan anak

Baik saat ditimbang, diukur, atau pemeriksaan lainnya, ayah harus memperhatikan dengan baik. Berapa beratnya, berapa panjangnya, apakah anak dalam perkembangan baik atau tidak. Memperhatikan hal ini dapat menunjukkan ayah juga peduli pada perkembangan sang anak.

4. Jangan lupa bawa buku pemeriksaan

Supaya pemeriksaan anak di Posyandu maksimal, jangan lupa bawa buku pemeriksaan rutin anak. Biasanya di dalam buku akan ditulis riwayat mengenai segala pemeriksaan dan riwayat vaksin yang pernah atau sudah diberikan kepada anak.

5. Jangan terlambat

Apakah lokasi Posyandu jauh atau dekat dari rumah, perlu kendaraan atau jalan kaki, semua perlu diperhitungkan. Jangan sampai Anda terlambat. Sayang sekali jika Anda datang, tapi Posyandu sudah selesai melakukan rangkaian pemeriksaan.

Sebagai ayah, Anda perlu mengetahui segala macam hal terkait pemeriksaan si Kecil ke Posyandu yang biasanya diurusi oleh istri Anda.

Kelima tips sederhana di atas bisa dilakukan para ayah saat membawa anak ke Posyandu. Jadi, jangan ragu lagi mendampingi istri ke Posyandu ya. Selain dapat membantu Anda mengetahui perkembangan bayi, kerja sama antara Anda dan istri bisa menjadi makin kuat.

[HNS/ RVS]

Lanjutkan Membaca ↓