Tips Jadikan Olahraga sebagai Aktivitas Harian Anda

Oleh Krisna Octavianus Dwiputra pada 20 Apr 2019, 07:30 WIB
Menjadikan olahraga sebagai bagian dari aktivitas harian sering terasa sulit. Ini tips yang bisa membuat Anda semangat rutin berolahraga.
Tips Jadikan Olahraga sebagai Aktivitas Harian Anda (PointImages/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Hampir semua orang tahu betapa banyak manfaat yang bisa didapat dari berolahraga secara rutin. Menurut dr. Nitish Basant Adnani BMedSC, MSc dari KlikDokter, dengan olahraga rutin, Anda akan memiliki tulang dan otot yang lebih kuat, menjaga berat badan tetap ideal, meningkatkan energi, daya tahan tubuh lebih prima, serta membuat tekanan darah dan kolesterol tetap stabil.

Akan tetapi, konsistensi untuk melakukan olahraga setiap hari hingga menjadikannya gaya hidup tidaklah mudah dicapai. Seolah-olah, ada banyak alasan merintangi Anda berolahraga setiap hari selama 30 menit, sesuai anjuran para ahli.

Misalnya, jadwal harian yang padat antara bekerja, sekolah, tugas, mengurus anak-anak, dan memasak makanan untuk keluarga. Saking banyaknya kegiatan itu, Anda menjadi kelelahan dan merasa tidak punya tenaga lagi untuk berolahraga.

Namun, Anda tidak perlu khawatir. Anda bisa menerapkan tips di bawah ini untuk mengubah olahraga jadi kebiasaan harian Anda, seperti dinukil dari Health Fitness Revolution.

  1. Tetapkan tujuan yang realistis

Jika ini adalah pertama kalinya Anda berkomitmen untuk berolahraga secara teratur, mulailah dengan santai dan mudah. Daripada berkomitmen untuk lima hari dalam satu minggu, mulailah dengan dua kali seminggu. Jika Anda mencoba berkomitmen langsung lima hari dalam seminggu dan menemukan bahwa Anda tidak dapat melakukannya, kepercayaan diri dan tekad Anda akan mulai berkurang. Pada akhirnya, Anda akan menyerah pada rutinitas.

Sebaliknya, mulailah dengan sesuatu yang secara realistis dapat Anda capai. Prinsip yang sama berlaku untuk tujuan kebugaran dan penurunan berat badan Anda. Tetapkan tujuan kecil dan secara bertahap lanjutkan ke tujuan yang lebih besar begitu Anda merasa siap untuk melangkah.

  1. Pilih waktu olahraga yang cocok untuk Anda

Setiap orang berbeda dalam hal kemampuan olahraga dan tingkat energi. Jika Anda bukan tipe "orang pagi", atau jika Anda menemukan energi Anda tidak tinggi saat pagi hari, olahraga pagi hari tidak ideal.

Sebaliknya, pergi ke gym saat istirahat makan siang atau di malam hari adalah hal yang masuk akal. Jadi, pastikan Anda sendiri yang menentukan waktu olahraga Anda dan buatlah nyaman dengan jadwal itu.

  1. Pastikan persiapan olahraga Anda sudah siap

Banyak orang suka beralasan bahwa tidak jadi berolahraga hari itu karena tidak membawa sepatu atau baju ganti. Alasan yang klise, bukan? Jika Anda memang niat, pastikan Anda menyiapkan peralatan Anda untuk berolahraga malam sebelum melakukan olahraga keesokan harinya. Dengan begitu, Anda menjadi lebih merasa termotivasi, dan tidak punya alasan untuk tidak pergi olahraga.

  1. Pilih olahraga yang Anda sukai

Melakukan sesuatu yang Anda sukai sangat penting untuk tetap termotivasi. Mereka yang tidak menyukai olahraga atau merasa bahwa tidak akan mendapatkan hasil yang diinginkan lebih mungkin untuk menyerah lebih awal.

Cobalah Anda terapkan keempat tips di atas. Lakukan dulu setidaknya selama tiga pekan. Berdasarkan penelitian para ahli dibutuhkan waktu tiga pekan untuk membangun kebiasaan dan rutinitas jangka panjang. Jadi, kalau dalam satu minggu Anda belum berhasil punya kebiasaan olahraga setiap hari, jangan menyerah dulu. Pertahankan semangat Anda selama beberapa minggu lagi. Berikan waktu pada tubuh Anda untuk beradaptasi.

[HNS/ RVS]