Ingin Paru-paru Bersih, Bagaimana Caranya?

Oleh dr. Muhammad Iqbal Ramadhan pada 20 Apr 2019, 15:00 WIB
Banyak hal yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan paru-paru bersih. Berikut beberapa caranya.
Ingin Paru-paru Bersih, Bagaimana Caranya? (Magic-mine/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Hidup di kota besar terkadang membuat Anda sulit mendapatkan paru-paru bersih. Penyebabnya bisa banyak hal, seperti merokok, sakit, alergi, atau polusi udara di lingkungan.

Namun begitu, Anda dapat mengambil langkah-langkah spesifik untuk membersihkan paru-paru Anda. Mengapa langkah ini begitu penting? Alasannya, menjaga paru-paru bersih dan sehat akan menjaga Anda lebih dekat dengan hidup yang bugar.

Bagaimana cara membersihkan paru-paru?

Membersihkan paru-paru adalah prosedur alami yang dirancang untuk mendetoksifikasi, membersihkan, dan menyegarkan lapisan saluran bronkial dan paru-paru. Dengan membersihkannya, paru-paru Anda akan terbebas dari akumulasi racun lingkungan, organisme berbahaya, dan iritasi.  Beberapa cara di bawah ini dapat Anda terapkan untuk membersihkan paru-paru.

1. Latihan pernapasan dalam

Anda dapat meningkatkan jumlah asupan oksigen yang masuk ke paru-paru dengan secara teratur melakukan latihan pernapasan dalam. Menurut penelitian, pernapasan dalam setelah operasi jantung membantu membawa lebih banyak oksigen ke dalam paru-paru dan meningkatkan penyembuhan.  

Mengambil napas panjang, lambat, dan dalam tidak hanya membawa lebih banyak oksigen ke paru-paru, tetapi juga membantu darah mengikat oksigen untuk menyebar ke seluruh tubuh. Teknik ini memiliki kelebihan lain, yaitu membantu Anda lebih rileks.

2. Minyak Esensial

Tambahkan beberapa tetes minyak esensial ini pada diffuser atau pelembap ruangan di rumah Anda. Tarik napas dalam-dalam beberapa kali di dekat tempat uap dingin muncul dari diffuser atau pelembap udara. 

Minyak ini wangi dan memiliki sifat aromaterapi. Dengan kekuatan sugesti, coba visualisasikan Anda menghilangkan akumulasi racun saat mengembuskan napas. Hal ini dapat mempercepat proses penyembuhan. Beberapa contoh minyak esensial adalah oregano, tea tree, eucalyptus, dan peppermint.

1 of 2

Selanjutnya

3. Olahraga

Berolahraga keras dan bernapas berat akan membantu meningkatkan kapasitas paru-paru. Hal ini juga akan memperkuat seluruh sistem antara jantung dan paru-paru, jantung, serta pembuluh darah.

Para ilmuwan memiliki bukti bahwa ketidakaktifan secara fisik akan melemahkan seluruh tubuh Anda sehingga mudah terserang penyakit. Sebaliknya, kondisi fisik yang baik membantu mencegah banyak kondisi kronis, seperti diabetes dan jantung.

Dengan melakukan joging ringan saja, Anda mendorong napas ke paru-paru dan membuat darah mengalir. Bagi orang yang baru saja berhenti merokok, berolahraga akan membantu proses penyembuhan paru-paru.

4. Perkusi atau menepuk dada

Ketika merasa lendir, cairan, atau dahak menumpuk di paru-paru, Anda dapat menggunakan teknik fisioterapi dada atau drainase dan perkusi postural. Ini adalah teknik yang efektif, tetapi membutuhkan bantuan dari penyedia layanan kesehatan (klinik atau rumah sakit). Atau, Anda bisa lakukan di rumah dengan bantuan teman atau anggota keluarga. 

Teknik ini dilakukan dengan posisi-posisi tertentu, lalu dengan lembut memukul atau mengetuk-ngetuk dada. Tujuannya, untuk membantu mendorong lendir sehingga bisa diludahkan atau dibatukkan. Kegiatan ini juga dapat membawa lebih banyak oksigen ke paru-paru. 

Minta seseorang untuk mengetuk punggung Anda dengan lembut di dekat satu paru-paru saat Anda batuk. Anda juga bisa berbaring miring dengan posisi tubuh miring untuk membantu dahak terdorong keluar.

5. Makanan sehat yang dapat mendetoks paru

Studi menunjukkan, makanan yang kaya antioksidan akan melawan produksi lendir, cairan, dan dahak dalam tubuh. Ketiga hal tadi cenderung menumpuk di paru-paru dan saluran pernapasan. Antioksidan adalah zat yang menangkal oksidasi atau perusakan dalam sel tubuh Anda. 

Berikut contoh makanan yang dapat mendukung detoksifikasi paru Anda.

  • Buah dan sayuran mentah seperti brokoli, pok-choy, dan kembang kol terbukti dapat mengembalikan kekuatan paru dan mengurangi terjadinya risiko kanker paru.
  • Madu tidak hanya mengandung antioksidan tinggi, tetapi juga memiliki efek antimikroba, antiinflamasi, dan antikanker. Madu telah digunakan sejak dahulu digunakan untuk mengobati kondisi paru-paru dan pernapasan, termasuk asma, TBC, dan infeksi tenggorokan.
  • Beberapa senyawa kimia alami dalam jahe (Zingiber officinale) - gingerol, paradol, dan shogaol memiliki sifat antioksidan, antiinflamasi, dan antikanker. Sifat antiinflamasi dari jahe dapat membantu memecah lendir dan meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh. 

Dari semua poin di atas, hal yang paling penting untuk meningkatkan kesehatan paru-paru adalah dengan mengurangi jumlah racun yang Anda hirup. Bagi perokok, ini berarti saatnya untuk berhenti merokok. Orang-orang yang sering terpapar asap rokok atau polusi udara hendaknya menghindari paparan tersebut. Tak lupa, kebersihan dan keasrian lingkungan rumah Anda juga sangat berpengaruh terhadap kesehatan pernapasan Anda. Dengan cara-cara itu, memiliki paru-paru yang bersih tak hanya menjadi mimpi lagi.

[HNS/ RVS]

Lanjutkan Membaca ↓