7 Kebiasaan Buruk yang Bisa Picu Munculnya Jerawat

Oleh Hotnida Novita Sary pada 24 Apr 2019, 14:20 WIB
Beberapa kebiasaan sehari-hari yang Anda lakukan ternyata juga dapat memicu munculnya jerawat. Apa saja kebiasaan buruk tersebut?
7 Kebiasaan Buruk yang Bisa Picu Munculnya Jerawat (Creativa-Images/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Hampir semua orang menginginkan kulit wajah yang bersih tanpa noda jerawat. Akan tetapi, hal itu tentu tidak bisa dicapai dengan mudah. Anda perlu secara rutin merawat dan menjaga kebersihan wajah.

Namun demikian ternyata ada beberapa kebiasaan sehari-hari yang tampaknya justru dapat memicu hadirnya jerawat. 

Penyebab jerawat

Dalam istilah medis, jerawat dikenal dengan istilah acne. Menurut penjelasan dr. Adeline Jacklyn dari KlikDokter, jerawat merupakan peradangan kulit yang mengenai kelenjar sebum dan folikel rambut akibat tersumbatnya pori-pori kulit.

“Jerawat dapat muncul di mana saja, sepanjang terdapat kelenjar sebum dan folikel rambut,” kata dr. Adeline.

Sumbatan pori-pori kulit penyebab jerawat dapat disebabkan oleh kotoran, sebum (lemak yang dihasilkan oleh kelenjar lemak kulit), dan bakteri yang menumpuk. Itu semua, menurut dr. Adeline, dapat menyebabkan reaksi radang, dan ini bisa menyebabkan infeksi.

Ditambahkan oleh dr. Andika Widyatama dari KlikDokter beberapa faktor lainnya penyebab jerawat adalah stres, faktor hormonal, keturunan orang tua, serta adanya bakteri di pori-pori kulit.

“Faktor-faktor tersebut saling berkaitan dalam menimbulkan jerawat, sehingga penanganannya biasanya memerlukan waktu dan juga kedisiplinan tinggi,” kata dr. Andika.

Hindari 7 kebiasaan ini

Selain disebabkan oleh faktor-faktor tersebut, ada beberapa kebiasaan buruk yang dapat memicu munculnya jerawat di kulit Anda, seperti dikutip dari Everydayhealth.

1. Mencuci kulit terlalu sering

Meskipun penting untuk menjaga kulit Anda tetap bersih, terlalu sering mencuci muka hanya akan memperburuk jerawat. Sebagai gantinya, cuci muka di pagi hari saat bangun dan malam sebelum tidur.

2. Terlalu keras menggosok kulit

Menggosok kulit Anda dengan waslap atau exfoliant yang keras akan menyebabkan iritasi. Hal ini dapat memperburuk kulit Anda dan merangsang pertumbuhan jerawat baru. Untuk mencegah jerawat, cucilah hanya dengan air hangat dan pembersih yang lembut.

3. Tidak membersihkan kulit yang berkeringat

Setelah berolahraga atau berada di bawah terik matahari, kulit Anda mungkin akan cukup banyak berkeringat. Jangan biarkan keringat sampai mengering di kulit Anda. Sebagai gantinya, segera mandi atau cuci kulit Anda segera setelah berkeringat.

4. Mengupas kulit dan memencet jerawat Anda

Meskipun Anda sangat ingin mengelupas atau memencet jerawat di wajah Anda, hindari kebiasaan ini. Perilaku tersebut dapat menyebabkan peningkatan radang karena meremas nanah di dalam kulit. Tindakan ini bahkan bisa meninggalkan bekas luka. Sebaliknya, jauhkan tangan Anda dari wajah dan biarkan jerawat mengempis sendirinya dengan bantuan losion atau krim antijerawat.

5. Produk untuk rambut menempel di wajah

Penting untuk menjaga agar tidak ada hairspray, gel, minyak rambut, atau produk rambut lainnya di wajah. Keberadaan produk rambut tersebut dapat menyumbat pori-pori wajah yang bisa menyebabkan jerawat. Tutupi wajah Anda saat mengaplikasikan produk-produk rambut ini.

6. Konsumsi makanan berminyak

Pada beberapa orang, konsumsi makanan berminyak dapat membuat kulit yang cenderung berjerawat menjadi lebih buruk. Oleh karena itu jalankan diet sehat. Hindari makanan yang digoreng dengan minyak berlebih untuk menjaga kesehatan kulit Anda.

7. Tidak memperhatikan jenis kosmetik

Jika kulit wajah Anda cenderung berjerawat, hindari memakai kosmetik yang mengandung minyak. Saat akan membeli makeup dan produk kulit lainnya, cari opsi bebas minyak yang berlabel "non-acnegenic" atau "non-comedogenic" untuk membantu mencegah jerawat dan komedo.

Supaya jerawat enggan hinggap di wajah Anda, segera hentikan tujuh kebiasaan buruk di atas. Mulailah membersihkan wajah secara rutin setiap pagi dan setelah beraktivitas.

Di samping itu, pilihlah produk pembersih wajah yang cocok dan sesuai dengan jenis kulit Anda. Anda bisa meminta saran dokter kulit untuk berkonsultasi dan menentukan jenis kulit Anda. Jika Anda sudah menghindari ketujuh kebiasaan buruk di atas namun jerawat tetap muncul, segera periksa ke dokter spesialis untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

[RVS]