Tak Hanya Gigi, Kesehatan Gusi Juga Penting, Lo!

Oleh drg. Wiena Manggala Putri pada 01 May 2019, 14:40 WIB
Gusi merupakan jaringan yang berfungsi untuk menopang gigi, sehingga perlu dijaga kesehatannya. Yuk, lakukan kiat-kiat berikut ini!
Tak Hanya Gigi, Kesehatan Gusi Juga Penting, Lo! (Lucky-Business/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Kesehatan gusi sering kali terlewatkan. Sebab, umumnya Anda hanya fokus dalam menjaga kesehatan gigi saja. Padahal tak hanya gigi, kesehatan gusi pun tak kalah penting untuk diperhatikan.

Bila tak mendapatkan perawatan yang mumpuni, maka akan mudah timbul penyakit gusi yang juga dapat merusak kesehatan gigi Anda.

Penyakit gusi, penyebab dan gejalanya

Penyakit gusi umumnya disebabkan oleh plak, yakni film lengket yang menempel dan terbentuk oleh bakteri. Kemunculannya dapat merusak kesehatan gigi dan gusi. Jika tidak segera dibersihkan, plak akan mengeras menjadi karang gigi, dan hanya bisa dibersihkan oleh bantuan dokter gigi.

Pada tahap awal, penyakit gusi disebut juga gingivitis atau radang gusi. Tanda utamanya adalah gusi berwarna merah dan terasa bengkak. Pada tahap ini, gusi akan berdarah saat Anda menyikat gigi atau membersihkan sela-sela gigi.

Jika gingivitis tidak segera ditangani, maka penyakit gusi akan berlanjut ke tahap selanjutnya yang disebut periodontitis. Pada tahap ini, perlekatan gusi akan lepas dari gigi. Bahkan pada kondisi yang parah, gigi geligi dapat goyang dan terlepas.

Selain itu, gusi yang bermasalah juga ditandai dengan munculnya bau mulut yang terus menerus, terjadinya penurunan pada gusi, luka pada gusi dan terasa sakit, munculnya nanah diantara gigi dan gusi, serta gigi yang goyang.

Agar terhindar dari berbagai kondisi tersebut, ada baiknya Anda melakukan perawatan gigi dan mulut dengan cara yang tepat, tak terkecuali juga menjaga kesehatan gusi.

 

1 of 2

Tips menjaga kesehatan gusi

Dengan menjaga kesehatan gigi dan gusi secara rutin, masalah pada gusi dapat terhindarkan. Beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk menjaga agar gusi tetap sehat yaitu :

1. Sikat gigi secara rutin

Menyikat gigi secara rutin mampu membantu dalam mengangkat plak dan sisa-sisa makanan yang menempel di permukaan gigi. Pilihlah sikat gigi dengan bulu yang halus dan hindari menyikat gigi terlalu keras karena dapat melukai gusi.

2. Membersihkan lidah

Gunakan alat khusus pembersih lidah atau tongue scarper untuk membersihkan permukaan lidah yang merupakan tempat berkumpulnya bakteri.

3. Flossing

Gunakan benang gigi atau dental floss minimal 1 kali sehari. Hal ini berguna untuk membersihkan sisa makanan yang masih menempel di sela-sela gigi.

4. Rutin ke dokter gigi

Rutin mengunjungi dokter gigi juga dapat membantu mendeteksi gejala penyakit gusi sedini mungkin, sehingga langsung dapat segera diatasi.

Pembersihan gigi dapat dilakukan, mulai dari plak-plak yang terlewatkan saat menyikat gigi, hingga adanya karang gigi yang menumpuk.

5. Menghentikan kebiasaan buruk yang rentan merusak gigi

Kebiasaan buruk seperti merokok harus segera dihentikan karena dapat meningkatkan risiko penyakit gusi. Sebab, merokok dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh, sehingga gusi mudah terkena infeksi.

6. Menggunakan obat kumur

Bilas dengan menggunakan obat kumur antiseptik setidaknya satu kali dalam sehari. Cara tersebut dapat membantu mengurangi plak pada gigi, serta mengurangi radang pada gusi.

Namun, perlu diingat, cara ini bukanlah pengganti menyikat gigi atau flossing.Anda tetap harus menyikat gigi untuk menjaga kesehatan gigi dan gusi, meski telah berkumur setiap hari.

Tentu Anda tak ingin, kan, memiliki masalah pada gusi? Yuk, lakukan beberapa langkah di atas untuk mendapatkan gusi yang sehat. Karena tak hanya gigi, gusi yang sehat juga merupakan bagian dari senyum yang indah.

[NP/ RVS]

Lanjutkan Membaca ↓