4 Tips Cegah Kaki Kram Saat Nonton Konser Ed Sheeran

Oleh dr. Nadia Octavia pada 03 May 2019, 13:00 WIB
Siap nonton konser Ed Sheeran malam ini? Lakukan tips berikut untuk cegah kaki kram saat nonton konser.
4 Tips Cegah Kaki Kram Saat Nonton Konser Ed Sheeran (yakub88/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Jakarta menjadi kota penutup untuk musisi Ed Sheeran dalam rangkaian konser Divide World Tour di Asia. Pelantun tembang hits "Shape of You" asal Inggris tersebut dijadwalkan akan menggelar konsernya di Gelora Bung Karno pada hari ini, 3 Mei 2019. Konser Ed Sheeran pun dipastikan akan menarik banyak penonton mengingat besarnya venue yang digunakan untuk konser. Stamina fisik yang prima tentu dibutuhkan sebelum Anda menonton konser, termasuk bagaimana cegah kaki kram saat nonton konser.

Beberapa tips di bawah ini bisa Anda lakukan agar tetap nyaman dan tidak terserang kaki kram saat nonton konser Ed Sheeran:

  • Gunakan sepatu yang nyaman

Berjalan kaki ke tempat konser musik, hingga berdiri sepanjang konser dapat membuat kaki Anda nyeri dan kram. Terlebih bagi Anda yang tidak terbiasa berolahraga atau berjalan kaki dalam jarak jauh.

Untuk mencegah kaki kram, gunakan sepatu yang nyaman. Pilihlah sepatu dengan hak yang rendah (kurang dari 2 cm) dengan dasar hak yang lebar. 

Hak yang tebal dan lebar akan "membagi" bobot tubuh Anda sehingga terhindar dari nyeri kaki. Hindari menggunakan sepatu hak tinggi dan gantilah dengan sepatu datar atau sepatu olahraga yang nyaman untuk berjalan.

  • Minum air putih yang cukup

Tempat konser yang penuh sesak dengan banyak orang rentan membuat Anda mengalami dehidrasi. Belum lagi perjalanan yang jauh ke tempat konser, sirkulasi udara di tempat konser yang kurang baik, banyak bergerak saat konser akan membuat Anda berkeringat berlebih.

Usahakan untuk cukup minum air putih minimal 8 gelas sehari terutama seminggu menjelang Anda nonton konser. Saat berada di konser musik, usahakan untuk minum 400-500 ml air putih setiap jam agar terhindar dari dehidrasi.

Mengalami dehidrasi akan membuat Anda lebih cepat lelah, tidak bertenaga dan membuat Anda lebih rentan terserang kram pada kaki. Untuk mengatasi dehidrasi, pilihlah air putih ketimbang teh, kopi, minuman bersoda atau alkohol yang bisa membuat dehidrasi bertambah.

  • Lakukan stretching sebelum pergi nonton konser

Sebelum bersiap nonton konser, lakukan stretching ringan terutama pada otot kaki untuk terhindar dari kram otot. Lakukan peregangan otot ringan dan jangan paksakan untuk tetap berjalan atau berdiri jika otot sudah terasa kram.

Jika kaki Anda sudah terasa kram, usahakan untuk duduk, selonjorkan kaki atau jika mungkin naikkan kaki Anda lebih tinggi dari posisi jantung. Kram pada kaki biasanya hanya berlangsung selama 2-3 menit. Namun jika kram kaki sangat hebat, Anda bisa menggunakan kompres es untuk mengurangi kram dan melemaskan otot.

  • Perhatikan pola makan

Pola makan yang bergizi seimbang penting untuk memastikan bahwa vitamin, mineral dan elektrolit yang dibutuhkan tubuh terpenuhi. Elektrolit yang terdiri atas sodium, potassium, magnesium dan kalsium berperan dalam aktivitas otot.

Untuk menghindari kram otot, terutama otot kaki, Anda bisa mengonsumsi makanan yang tinggi potassium (seperti pisang, wortel, ikan, ubi), tinggi magnesium (seperti labu, kacang - kacangan, oat, quinoa) dan kalsium (produk olahan susu, tahu, bayam, kedelai). Tentunya jalani pola makan ini tak hanya di saat jelang nonton konser musik saja, tetapi setiap hari.

Kram otot, termasuk pada kaki biasanya terjadi ketika Anda memaksa atau memforsir diri melakukan aktivitas lebih berat dari biasanya. Tips di atas bisa Anda terapkan untuk cegah kaki kram saat nonton konser musik Ed Sheeran. Jika kaki sudah mulai terasa kram saat nonton konser musik segeralah beristirahat.

[RVS]