Kiat Atasi Badan Lelah Usai Nonton Konser Ed Sheeran

Oleh dr. Devia Irine Putri pada 04 May 2019, 16:40 WIB
Nonton konser penyanyi favorit seperti Ed Sheeran pasti seru. Tapi jangan sampai badan lelah usai nonton konser merusak akhir pekan Anda.
Kiat Atasi Badan Lelah Usai Nonton Konser Ed Sheeran (Foto: Liputan6.jpg)

Klikdokter.com, Jakarta Jumat ini, Ed Sheeran datang untuk menghibur penggemarnya di Indonesia lewat konser bertajuk Divide World Tour 2019. Di balik rasa senang usai nonton konser, ada rasa lelah melekat pada badan.

Karena acara konser dilaksanakan di akhir pekan, tidak heran apabila konser selesai hingga tengah malam. Tidak dimungkiri, badan lelah usai menyaksikan konser musik pasti tak terelakkan.

Meski puas bisa melihat penyanyi kesayangan bernyanyi di depan mata, tak jarang badan yang kelelahan bisa terasa mengganggu. Jangan sampai, esoknya Anda hanya terkapar di tempat tidur gara-gara badan tak bertenaga.

Berikut ini beberapa kiat yang dapat Anda lakukan untuk melepas lelah usai menonton konser semalam:

  1. Mandi dengan air hangat

Mandi dengan air hangat adalah cara terbaik melepas penat dan tubuh yang lelah. Air hangat membantu melancarkan peredaran darah sehingga tubuh akan terasa lebih rileks. Selain itu, mandi air hangat dapat membuat Anda tidur lebih nyenyak.

Selain mandi, Anda juga bisa merendam kaki dengan campuran air hangat dan garam atau sea salt dapat juga menghilangkan pegal–pegal di sekitar kaki. Merendam kaki selama 10-20 menit, selain membuat rileks juga menjadi antiseptik bagi kaki Anda.

  1. Konsumsi makanan hangat

Konsumsi makanan hangat juga dapat menjadi salah satu cara mengatasi badan yang lelah. Pilihlah makanan yang tidak terlalu berat atau mengandung santan agar kualitas tidur Anda tetap baik. Anda bisa mencoba semangkuk sup bening atau bubur untuk membantu mengembalikan energi yang terkuras karena nonton konser.

Selain makanan yang hangat, Anda juga bisa mengonsumsi minuman hangat –seperti jahe hangat dan campuran air lemon hangat dengan madu. Hindari minum teh sebelum tidur, karena di dalam teh terdapat kandungan kafein yang dapat membuat Anda sulit tidur.

  1. Istirahat yang berkualitas dan cukup

Istirahat yang cukup merupakan kunci agar tubuh menjadi segar kembali. Sedapat mungkin tidur antara 7-8 jam pada malam hari agar esok hari mendapatkan energi baru.

Siapkan posisi tidur yang nyaman. Atur suhu ruangan agar tidak terlalu panas maupun terlalu dingin. Matikan lampu kamar dan jauhkan diri dari gawai agar tidur Anda tidak terganggu dan lebih berkualitas.

  1. Gunakan aromaterapi

Menggunakan aromaterapi saat beristirahat dapat membuat Anda jauh lebih rileks dan membuat istirahat lebih berkualitas. Aromaterapi yang dapat digunakan dapat berupa minyak atau lilin.

Beberapa wewangian aromaterapi yang dapat membantu agar lelah hilang dan lebih rileks antara lain lavender, peppermint, dan lemon. Lebih suka aroma bunga? Coba aroma mawar.

  1. Pijat refleksi

Pijat refleksi menjadi salah satu pilihan melepas badan yang lelah. Ambil sebentar waktu luang untuk menikmati pijat refleksi. Selain mengurangi rasa pegal, melakukan pijat refleksi dapat mengurangi stres.

Pilihlah tempat pijat refleksi yang terpercaya dan profesional sehingga terhindar dari hal–hal yang tidak diinginkan –seperti teknik pijat yang salah yang dapat menimbulkan cedera.

Kiat–kiat di atas dapat Anda terapkan untuk mengatasi badan yang lelah usai menonton konser Ed Sheeran. Dengan tubuh yang segar, tentu Anda bisa melakukan banyak hal lain. Selamat berakhir pekan!

(RH)